Kecanggihan teknologi membuat berbagai macam pinjaman online (pinjol) terus menjamur di masyarakat. Hadirnya pinjol kian diikuti dengan istilah-istilah kekinian, seperti galbay pinjol, kondar pinjol, dan sebagainya.

Sebelumnya, istilah galbay pinjol sudah pernah Minpro bahas. Lantaran istilah kondar pinjol masih terdengar asing, yuk cari tahu apa itu kondar pinjol di artikel Propertree!

Diketahui, kondar pinjol adalah istilah kekinian dalam dunia pinjol. Biasanya, pinjaman ini orang gunakan untuk mengatasi kebutuhan mendesak hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apa Itu Kondar Pinjol?

Kondar pinjol adalah singkatan dari kata kontak darurat pinjaman online. Kontak darurat sendiri merupakan orang yang peminjam pinjol daftarkan untuk bisa pihak pinjol hubungi ketika peminjam kesulitan saat membayar utang.

Umumnya, peminjam akan mencantumkan orang-orang terdekatnya seperti keluarga, teman, hingga rekan kerja menjadi kondar.

Nantinya, pihak pinjol akan menghubungi kondar tersebut untuk mengingatkan peminjam dalam membayar utang atau bahkan meminta bantuan kondar untuk melunasi utangnya.

Sayangnya, dalam praktiknya, banyak kasus yang menjadikan kondar sebagai ‘tumbal’ atau menjadi korban intimidasi dari pihak pinjol. Baik itu berupa ancaman, menyebarkan data pribadi peminjam, hingga meneror.

Oleh sebab itu, peminjam pinjol harus memahami risiko yang bisa saja terjadi jika sembarangan mendaftarkan kondar.

Ketentuan Kondari Pinjol dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Berdasarkan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, pinjol hanya boleh meminta informasi kontak darurat kepada peminjam.

Informasi kontak darurat ini hanya berupa nama, nomor telepon, serta alamat. Pihak pinjol juga dilarang keras melakukan penagihan yang bersifat intimidatif. Jika melakukan hal tersebut, OJK akan memberikan sanksi kepada pinjol tersebut.

Cara Mengatasi Kondar Pinjol Ilegal

Seperti yang kita ketahui bersama, keberadaan pinjol tidak semuanya legal. Nah untuk mengatasi kondar pinjol ilegal, Propers bisa cermati langkah-langkahnya berikut ini.

1. Bagi Peminjam

  • Pandai dalam memilih pinjol. Dalam hal ini, Propers harus memilih pinjol yang terdaftar dan telah diawasi oleh OJK. Biasanya, pinjol yang terdaftar di OJK dalam melakukan penagihan lebih ketat tanpa adanya intimidasi.
  • Cermati setiap syarat dan ketentuan pinjol. Dengan membaca secara cermat, maka Propers akan lebih mudah memahami hak dan kewajiban sebagai peminjam.
  • Jangan ragu tolak kontak darurat. Ketika pihak pinjol meminta Propers untuk jadi kontak darurat, jangan raga menolaknya.

2. Bagi Kontak Darurat

  • Jangan mudah percaya oleh pihak pinjol. Ketika memutuskan untuk pinjol, pastikan Propers sudah mengetahui identitas penelpon sebelum memberitahu semua data pribadi Propers.
  • Laporkan ke OJK atau polisi. Apabila Propers diteror terus-terusan hingga merasa terganggu, segera laporkan ke OJK atau polisi.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Terhindar Pinjol Ilegal

Cara Mencegah Pinjol Agar Tidak Bisa Mengakses Kontak

Ketika Propers tak sengaja memberi akses izin kontak ke aplikasi pinjol dan ingin menghindari kontak darurat palsu, maka Propers bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Hapus data dan cache aplikasi pinjol atas nama yang bersangkutan.
  2. Kemudian, Uninstall aplikasi pinjol tersebut.
  3. Setelah itu, pertimbangkah cara untuk mengganti nomor kartu apabila Propers perlukan.
  4. Lalu, hubungi call center pinjol terkait sebagai bentuk klarifikasi masalah pembayaran.
  5. Terakhir, Propers bisa melaporkan ke OJK supaya tindakan yang sesuai bisa diambil.

Dengan mengikuti cari di atas, Propers bisa menjaga privasi dan menghindari diri dari kontak-kontak yang tak diinginkan dari pinjol ilegal. Untuk itu, Propers perlu berhati-hati dalam memberikan izin akses aplikasi pinjol.

Intinya, Propers masih punya banyak cara untuk menjaga privasi. Jangan sampai privasimu disalahgunakan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

Daripada pusing karena diteror pinjol mending Propers lakukan investasi di Propertree. Kini, Propers bisa melakukan investasi mulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil hingga 20% per tahun lho!

Di sana, Propers akan berinvestasi dengan melakukan pendanaan proyek properti. Melihat properti yang terus naik setiap tahunnya, maka investasi ini cocok Propers pilih untuk jangka panjang maupun pendek.

Bagaimana, penawaran yang menarik bukan? Langsung saja investasikan danamu sekarang juga bersama Propertree yang telah terdaftar dan OJK awasi. Selamat mencoba!

Baca Selengkapnya: 6 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk dengan Cepat

Penuilis: Dhea Alvionita