Kondisi keuangan seseorang tidak selalu dalam keadaan yang baik dan stabil. Oleh sebab itu, sebagian dari mereka mengambil pinjaman ke bank atau orang lain untuk menyambung hidup agar tetap berjalan. Terkadang, orang-orang tidak sadar hutangnya sudah menumpuk dan bingung cara melunasi hutang itu. 

Apalagi, memiliki hutang, selain menguras isi dompet untuk mengembalikannya, juga menguras tenaga dan pikiran. Anda tentu tidak nyaman apabila mempunyai beban hutang, bukan? Nah, simak kiat-kiat untuk melunasi hutang dengan benar dan cepat berikut! 

6 Kiat Cara Melunasi Hutang

Saat memutuskan untuk berhutang, Anda tentu sudah tidak memiliki pilihan lain agar bisa mendapatkan uang secepatnya. Hidup terus berjalan dan membutuhkan uang untuk tetap bertahan. Jika keuangan Anda mulai membaik, maka segeralah untuk melunasi hutang dengan cara berikut ini: 

1. Mencari Penghasilan Tambahan

Di luar pekerjaan yang saat ini Anda lakukan, Anda bisa mencari penghasilan tambahan untuk membantu melunasi hutang dengan cepat. Cara ini adalah cara bijak yang dapat Anda coba ketika memiliki hutang dan gaji utama kurang cukup untuk melunasinya. 

Anda bisa mencoba bekerja sebagai ojek online, guru les, penyedia jastip (jasa titip), freelancer, dan lain sebagainya. Poin penting dari mencari penghasilan tambahan yaitu untuk mendapatkan dana lebih banyak. Namun, pastikan itu tidak sampai mengganggu pekerjaan utama Anda. 

2. Merinci Hutang

Cara melunasi hutang yang menumpuk berikutnya adalah dengan merinci atau merekapitulasi semua hutang yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda memiliki data terkait besaran hutang, yang meliputi sisa hutang, jangka waktu hutang, hingga suku bunga. Anda bisa mulai menentukan prioritas hutang mana dulu yang harus dibayar. 

3. Menekan Pengeluaran yang Kurang Penting

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan mudah membeli barang hanya berdasarkan rasa ingin atau memenuhi gaya hidup. Anda harus mulai hidup hemat, agar pengeluaran dapat ditekan dan bisa menyisihkan uang untuk melunasi kekurangan hutang.  

4. Menjual Barang yang Tidak Terpakai atau Bekas

Cara melunasi hutang pinjol yang makin dekat waktu pembayarannya adalah dengan menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mulai memilah barang-barang di rumah yang sekiranya memiliki nilai jual. 

Uang hasil penjualan barang yang sudah tidak terpakai itu, bisa Anda manfaatkan untuk membayar sisa hutang. 

Beberapa saran barang yang sekiranya tidak terpakai dapat berupa meja, kipas angin, pakaian, tas, dan lain sebagainya. 

5. Menghindari Hutang untuk Membayar Hutang

Apabila Anda mencari sumber hutang yang baru untuk menutup hutang yang lama, itu artinya sia-sia. Meskipun hutang lama bisa terlunasi, tetapi Anda akan mendapatkan beban hutang baru. Cara melunasi hutang dengan meminjam dana lain bukanlah hal yang efektif. Karena bisa saja malah menambah masalah baru. 

6. Mencicil Hutang Lebih dari Minimum Pembayaran

Supaya hutang Anda cepat lunas, salah satu triknya yaitu dengan membayar cicilan lebih dari minimum pembayaran. Misalnya, jika Anda memiliki hutang Rp1.000.000,00 dengan jangka waktu cicilan 4 bulan. Berarti, setiap bulannya Anda harus membayar Rp250.000,00. 

Nah, saat sedang mendapatkan penghasilan tambahan dan Anda bisa membayar lebih dari nominal minimum cicilan, maka lakukan saja. Dengan begitu, cicilan Anda bisa berkurang cepat. 

Yuk, Segera Lunasi Hutang!

Itulah beberapa cara melunasi hutang yang bisa coba Anda praktikkan. Kunci dari lunasnya hutang adalah konsistensi. Asalkan Anda konsisten bekerja dan membayar cicilan, maka hutang akan berkurang sedikit demi sedikit sampai tidak lagi tersisa. Selamat mencoba!

Baca selengkapnya: 5 Cara Cepat Bebas Utang Anti Pusing