Pinjol atau pinjaman online memberikan kemudahan untuk meminjam dana berhasil menarik perhatian masyarakat. Banyaknya peminat terhadap pinjol ini memberikan celah untuk para oknum nakal membuat pinjol ilegal.

Pinjol illegal biasanya melakukan penagihan dengan kasar, meneror, mengintimidasi, dan bahkan pelecehan. Pinjol ilegal juga mencuri data-data yang kita berikan saat melakukan pinjaman, seperti nomor kontak, dan bahkan pinjol ilegal dapat mencuri data pribadi seperti foto dan bahkan video yang ada di handphone kita.

Biasanya pinjol illegal memakai itu untuk untuk meneror para peminjam yang tidak dapat melunasi tagihannya tepat waktu. Berikut langkah mudah terhindar pinjol illegal.

3 langkah mudah terhindar dari pinjol ilegal ala OJK

  1. Cek Legalitasnya

    Jika kamu ingin melakukan pinjaman online, pastikan dulu legalitas dari pinjol tersebut sudah terdaftar dan berizin OJK. Kamu bisa mengecek daftar pinjol resmi yang terdaftar dan berizin OJK di website OJK, atau dapat menghubungi langsung di nomor 147 dan kontak Whatsapp OJK dengan nomor 081-157-157-157 dan email konsumen@ojk.go.id.

  2. Langsung Menghapus SMS Tawaran Pinjol

    Selanjutnya, jika kamu mendapatkan sms atau pesan singkat yang berisi tawaran pinjol, sudah pasti itu adalah pinjol ilegal. Maka dari itu kamu harus menghapus sms tersebut dan memblokir nomornya. Karena pinjol resmi yang terdaftar di OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman melalui sms ataupun telpon pribadi.

  3. Menjaga Data Pribadi Sebagai Langkah Mudah Terhindar Pinjol

    Jangan pernah asal mengunduh aplikasi dan mengunggah data diri pribadi seperti KTP, nomor pribadi, dan lain-lainnya ke media sosial ataupun laman internet. Serta selalu berhati-hati jika melakukan transaksi online. Oknum dari pinjol ilegal cenderung mencuri data pribadi target nya melalui internet

Waspada dan berhati-hatilah jika kamu mendapatkan tawaran pinjol melalui perseorangan maupun pesan di handphone. Jangan mudah mempercayai dan kamu wajib memeriksa seluruh legalitas dari pinjol tersebut.

Tawaran dari pinjol memang terlihat sangat menarik dan mudah didapatkan. Sebelum kamu tergiur luangkan waktu sejenak berpikir apakah kamu memang membutuhkan pinjaman. Jika kamu memang membutuhkan pinjaman online, kamu dapat melakukan pinjaman dari pinjol yang sudah resmi dan pastikan terdaftar di bawah pengawasan OJK.