Dewasa ini, pinjaman online atau biasa dikenal dengan istilah pinjol tengah menjamur di masyarakat. Akan tetapi, ada risiko yang akan Propers dapat jika galbay pinjol lho! Simak berikut penjelasannya.

Galbay pinjol adalah istilah kekinian yang digunakan ketika seseorang tidak mampu membayar tagihannya terhadap pihak pinjaman online sesuai waktu yang telah ditentukan.

Lantaran ekonomi yang beragam, tak sedikit orang yang melakukan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari namun bingung bagaimana cara mengembalikannya.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan mendatangkan bencana bagi keuangan kalian. Artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang galbay pinjol. Yuk simak bersama!

Pengertian Galbay Pinjol

Dalam dunia pinjaman online, galbay adalah singkatan dari kata yaitu gagal dan bayar. Sedangkan pinjol adalah singkatan dari kata pinjaman online. Sehingga, galbay pinjol diartikan sebagai gagal bayar pinjaman online.

Istilah tersebut kerap digunakan ketika seseorang yang telah mengajukan pinjaman dana secara online lalu menerimanya, namun ketika jatuh tempo untuk membayarnya, orang tersebut tidak sanggup untuk membayar dan melunasinya.

Pada umumnya situasi ini muncul lantaran berbagai alasan, mulai dari terkena PHK, terdapat musibah, bisnis yang berjalan kurang lancar, dan lain sebagainya. Akibatnya, sebagian orang gagal untuk melunasinya hingga dikejar-kejar oleh pihak pinjol.

Nah, jika sudah terjadi keadaan seperti itu, ada beberapa risiko yang akan para peminjam rasakan. Kira-kira apa saja sih risikonya? Simak risiko galbay pinjol selengkapnya di artikel ini ya Propers!

Risiko Galbay Pinjol

Bak bumerang, jika tidak berhati-hati ketika mengajukan pinjaman maka kalian akan menanggung risiko yang sangat merugikan. Berikut terdapat enam risiko galbay pinjol, seperti:

1. Tagihan dari Pihak Pinjol Melalui Panggilan

Risiko pertama yaitu adanya tagihan pinjaman dari pihak pinjol melalui panggilan telepon. Kendati demikian, pihak pinjol akan terus menelepon para peminjam selama tagihannya belum lunas.

2. Penagihan oleh Debt Collector

Jika kalian tidak menjawab risiko pertama, maka selanjutnya yaitu penagihan yang oleh Debt Collector (DC). Mereka akan terus meneror peminjamnya hingga datang ke rumah.

Maka dari itu, jangan sampai pihak DC datang ke rumah. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu ketenangan bahkan akan mengancam dan mengintimidasi peminjam dengan kata-kata yang kasar.

3. Denda dan Bunga yang Terus Bertambah

Dalam dunia pinjaman, pasti akan selalu menerapkan bunga saat melakukan perjanjian baik itu legal maupun ilegal. 

Namun nominalnya berbeda, untuk pinjol legal bunga dan denda sesuai dengan peraturan OJK. Sedangkan ilegal bunga dan denda melambung tinggi dari peraturan OJK.

Untuk itu, usahakan kalian membayar tagihan tepat waktu ya. Sebab, jika semakin lama kalian membayar tagihan dari jatuh tempo, maka dendanya akan semakin bertambah dan bisa merugikan lho Propers.

4. Masuk Daftar SLIK OJK

Risiko selanjutnya yaitu masuk daftar Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di mana SLIK OJK ini akan mencatat histori kredit seseorang.

Sehingga, hal ini memungkinkan pihak bank untuk melakukan pemeriksaan kredit terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman kepada para nasabahnya.

5. Sulit Mengajukan Pinjaman Lagi

Risiko berikutnya yaitu sulit untuk mengajukan pinjaman lagi bahkan hingga ditolak mentah-mentah pengajuan yang dilakukan. Hal terjadi ini karena nama kalian sudah dicap tidak bertanggung jawab atas pinjaman sebelumnya.

6. Skor Kredit yang Buruk

Risiko terakhir yakni bisa membuat skor kredit nasabah menjadi buruk. Akibatnya, jika didapati nasabahnya memiliki catatan galbay pinjol maka peluang untuk lolos dari pinjaman bank akan sangat kecil karena namanya sudah masuk daftar hitam (blacklist).

Cara Perbaiki Skor Kredit

Setelah mengetahui skor kredit yang kalian miliki. Apakah ada cara memperbaikinya? Jika ada, bagaimana cara memperbaiki nilai skor kredit? Yuk lihat ulasannya berikut ini.

  1. Jika skor kredit 2. Selagi kalian bisa membayar setelah jatuh tempo, maka tak perlu khawatir sebab skor kredit yang kalian miliki masih tergolong aman.
  2. Jika skor kredit 3. Segera lakukan pelunasan, tetapi jika kalian mengalami kesulitan finansial kalian bisa melakukan negosiasi tagihan. Setelah tagihan pinjol ini terbayarkan secara lunas, maka catatan kalian akan bersih.
  3. Jika skor kredit 4. Ada waktu enam bulan yang pihak pinjol berikan untuk kalian melunasi tagihan tersebut. Dengan catatan, jika dalam kurun waktu sebelum enam bulan sudah terbayarkan, maka SLIK OJK kalian bisa naik ke skor 3 atau 2.
  4. Jika skor kredit 5. Awalnya, kalian akan diberi surat dari OJK dan diberi waktu selama tiga bulan untuk melakukan pelunasan. Jika telah terbayarkan sesuai tenggat waktu yang tertera, maka skor kredit kalian akan naik ke angka 3.

Intinya, solusi dari galbay pinjol yaitu dengan cara melakukan pelunasan tagihan sesuai waktu yang telah pihak pinjol tentukan. Tujuannya supaya tidak merusak skor kredit yang kalian miliki.

Cara Hapus Data Galbay Pinjol

Ada satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menghapus data galbay pinjol lho Propers. Sebenarnya, cukup dengan melunasi pinjaman tersebut nama kalian secara perlahan akan bersih.

Namun, jika kalian tidak bisa melunasi hutang yang sudah terlanjur menumpuk, maka kalian bisa meminta keringanan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Hubungi pihak pinjol tempat kalian mengajukan pinjaman,
  2. Minta keringanan atau restrukturisasi pinjaman,
  3. Berniat dan beritikad baik untuk melunasi hutang dengan menyisihkan sebagian uang yang kalian, dan
  4. Meminjam dari pihak lain dengan bunga yang kecil atau bahkan tanpa adanya bunga, seperti kepada keluarga maupun kerabat.

Demikian pembahasan mengenai apa itu galbay pinjol hingga risikonya yang perlu Propers waspadai. Jangan karena gengsi demi mengikuti gaya hidup orang lain, kalian rela melakukan pinjol tanpa memikirkan dampaknya di masa depan.

Perlu diingat, dengan mengelola keuangan secara bijak, selain bisa menjaga kesehatan keuangan yang kalian miliki. Kalian juga akan terhindar dari hal-hal negatif yang bersifat foya-foya.

Sebagai tambahan, kalian bisa mengelola keuangan dengan berinvestasi bersama Propertree.id. Dengan inovasi teknologi, maka akan memudahkan kalian dalam berinvestasi real estate hanya dengan modal Rp 100.000. Tunggu apa lagi? Yuk mulai investasi di Propertree sekarang!

Baca Selengkapnya: 6 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk dengan Cepat

Penulis: Dhea Alvionita