Memulai usaha modal kecil untung besar adalah salah satu cara yang paling ingin diupayakan oleh pebisnis pemula. Akan tetapi, masih banyak orang yang bingung menentukan idenya lho. Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya yuk!

Setelah Minpro telusuri dari berbagai sumber, berikut adalah ide usaha modal kecil namun bisa mendatangkan keuntungan besar sesuai dengan keahlian Propers lho.

Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha, alangkah baiknya untuk mengetahui peluang dan potensinya terlebih dahulu. Tak perlu khawatir, sebagai bahan pertimbangan mungkin Propers bisa coba beberapa ide usaha di bawah ini:

1. Dropshipper

Melihat maraknya bisnis online, membuka usaha dropshipper bisa jadi pilihan yang tepat dengan modal kecil. Dalam usaha ini, Propers bukan hanya berperan sebagai penjual saja, tetapi sekaligus menjadi pembeli.

Untuk mekanismenya sendiri, Propers membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan, sehingga perlu adanya supplier produk yang nantinya dapat dibagikan kepada pelanggan setia. Terakhir Propers hanya perlu melanjutkan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

2. Jasa Titip

Usaha modal kecil untung besar kedua yaitu membuka jasa titip atau biasa masyarakat mengenalnya dengan jastip. Diketahui, jastip tidak memerlukan modal yang besar. Namun, keuntungannya didapat dari setiap barang yang dititipkan tersebut.

Umumnya, barang jastip yang paling sering masyarakat cari yaitu barang-barang yang ada di luar maupun dalam negeri, seperti makanan, fashion, kosmetik, dan lainnya.

3. Jasa Penulisan Konten

Kalau Propers memiliki kemampuan dalam dunia kepenulisan, kembangkanlah potensi tersebut menjadi ladang cuan. Propers bisa mengasah kemampuan tersebut dengan mencari referensi dan membuat portofolio.

Dengan begitu, hal ini tentu akan membantu memperlihatkan kemampuan menulis Propers serta meningkatkan kepercayaan para calon klien.

4. Usaha Makanan Ringan

Usaha modal kecil untung besar selanjutnya yaitu makanan ringan atau biasa dikenal snack. Seperti yang kita ketahui, bisnis ini tak hanya anak-anak saja  yang meminatinya, tetapi juga orang dewasa.

Tak melulu menggunakan bahan yang mahal, cemilan bisa juga berasal dari bahan dasar singkong, ubi, kentang, dan sebagainya. 

Adapun jenis makanan ringan yang laku di pasaran seperti:

  • Basreng,
  • Makaroni,
  • Keripik singkong,
  • Keripik kaca, dan lainnya.

5. Usaha Katering

Katering adalah salah satu ide usaha modal kecil untung besar yang wajib dicoba, apalagi kalau Propers hobi memasak. Tetapi, untuk memulainya harus perencanaan yang matang.

Mulai dari menentukan menu hingga jenis katering yang tersedia, apakah katering untuk acara biasa, katering pernikahan, atau bahkan katering korporat.

6. Usaha Franchise

Membuka franchise merupakan usaha yang dijalankan berdasarkan kerjasama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal masyarakat.  Sehingga dengan modal kecil, usaha ini memiliki peluang yang menjanjikan.

Sebab, Propers tak perlu repot-repot memasarkan produk tersebut. Kunci dari usaha franchise ini, Propers hanya perlu melihat jeli peluang usaha dan memilih jenis mitra usaha yang terpercaya.

7. Air Isi Ulang

Di dunia ini, tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti membutuhkan air demi keberlangsungan hidup. Apalagi air isi ulang harganya relatif murah daripada air bermerek. Sehingga, dengan mencoba usaha air isi ulang, Propers hanya perlu modal kecil tetapi meraih keuntungan yang cukup besar.

8. Laundry Pakaian

Walaupun sering dianggap sebelah mata, laundry pakaian bisa menjadi salah satu ide bisnis modal kecil dengan untung besar. Apalagi banyak masyarakat yang lebih memilih mencuci maupun menyetrika pakaiannya di tempat laundry daripada melakukannya sendiri, sehingga peluang tersebut bisa Propers manfaatkan menjadi cuan.

9. Jasa Tugas Kuliah

Jasa tugas kuliah atau dalam bahasa gaul terkenal dengan istilah ‘joki’ adalah ide yang paling cocok Propers pilih untuk memulai usaha modal kecil dan pastinya meraup untung besar.

Lantaran banyaknya mahasiswa atau pelajar yang dikejar deadline karena berbagai alasan, joki merupakan solusi yang tepat untuk atasi masalah tersebut.

Untuk menjadi ‘joki’, Propers hanya perlu bermodalkan kemampuan serta pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang.

10. Tanaman Hias

Ide usaha modal kecil terakhir yaitu menjual tanaman hias. Dengan kualitas yang baik, usaha tanaman hias dapat menjadi peluang usaha modal kecil dengan untung yang besar dan sangat menjanjikan lho Propers!

Itulah 10 ide usaha modal kecil untung besar yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Setelah mengetahuinya, kira-kira Propers ingin memulai bisnis yang mana?

Tips Memulai Usaha Modal Kecil Untung Besar

  • Tentukan Jenis Usaha Sesuai dengan Minat dan Kemampuan

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, sebelum memulai usaha Propers harus menentukan bidangnya apa sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki.

Hal ini bertujuan semata-mata supaya usaha yang tersebut lebih mudah dan terasa menyenangkan ketika menjalaninya. Jangan sampai Propers memulai usaha karena ikut-ikutan tren saja.

  • Pilih Waktu yang Pas untuk Memulai Usaha

Tips berikutnya yaitu pilihlah waktu yang tepat. Jangan terburu-buru, karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat agar tidak memberikan peluang untuk mengalami kerugian.

Sebagai contoh, saat menjelang bulan Ramadan, Propers bisa memulai usaha kue lebaran, seperti nastar, putri salju, kastengel, dan lain sebagainya.

Temukan informasi ter-update dan menarik lainnya seputar dunia bisnis, investasi, finansial teknologi hanya di blog Propertree.

Baca Selengkapnya: Jangan Salah! Ini Alasan Utama Kegagalan Usaha Baru

Penulis: Dhea Alvionita