Sebelum melakukan investasi, kenalan terlebih dahulu yuk apa yang dimaksud dengan saham biasa? Saham biasa adalah salah satu bentuk investasi yang paling umum digunakan oleh para investor.

Untuk bentuknya berupa sertifikat yang berisi hak dan kewajiban investor dalam mengelola bisnis, sehingga Propers bisa memperjualbelikan saham ini tanpa ada jangka waktu tertentu lho!

Supaya mengetahui lebih jelas, yuk simak pemaparan berikut hingga akhir mulai dari pengertian, karakteristik, jenis-jenis, hingga contohnya.

Pengertian Saham Biasa

Kata lain dari saham biasa adalah common stock, yang artinya sertifikat bukti kepemilikan pada suatu perusahaan yang berisi hak serta kewajiban investor dalam pengelolaan bisnis.

Common stock termasuk jenis investasi yang bertahan hingga jangka panjang sekalipun dan tergolong memiliki banyak keunggulan daripada obligasi atau preferen.

Kendati begitu, banyak perusahaan yang menerbitkan common stock ini karena biasanya pemegangnya memiliki hak suara atas dividen dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Akan tetapi, jika terjadi likuidasi perusahaan, maka pemegang common stock akan menjadi pihak terakhir yang menerima aset. Jika masih tersisa, maka aset akan diprioritaskan kepada kreditur, pemilik obligasi, dan pemegang saham preferen.

Karakteristik Common Stock

Ada tiga karakteristik common stock yang wajib Propers ketahui, seperti:

1. Hak Pilih

Seperti yang kita sudah singgung sedikit di atas, pemegang saham atau stock memiliki hak suara untuk mengambil keputusan yang akan perusahaan lakukan.

Contoh penggunaan hak suara ini yaitu ketika pemilihan dewan direksi hingga menentukan berbagai aktivitas yang menyangkut bisnis perusahaan.

2. Pembagian Dividen

Untuk pembagian hasil atau dividen umumnya berasal dari kebijakan suatu perusahaan. Sebab, tidak semua perusahaan memberikan dividen kepada pemegangnya.

Namun, investor common stock masih berpeluang mendapatkan dividen ketika pemegang saham preferen mendapatkan bagiannya. 

3. Ketersediaan

Pada dasarnya, stock jenis ini selalu tersedia dan dapat dibeli oleh para investor kapan saja sesuai keinginan. Sehingga, hal ini tentu akan sangat memudahkan investor dalam memilih common stock untuk dijadikan investasi.

Jenis-Jenis Common Stock

Berpatokan dengan paduan investasi yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat tiga jenis common stock yakni meliputi:

1. Blue Chip Stocks

Jenis saham blue chip stocks merupakan salah satu jenis common stock yang memiliki reputasi baik serta pertumbuhannya selalu stabil dan tidak mudah terpengaruh di pasar saham.

Sedangkan untuk besaran dividennya tidak terlalu besar, tetapi tetap teratur selama jangka waktu yang cukup panjang.

2. Income Stocks

Jenis saham berikutnya yaitu income stocks, di mana dividen yang akan diberikan relati  f tinggi tetapi tidak teratur.

Di sisi lain, para pemegang income stocks bisa dijadikan sarana untuk memperoleh penghasilan tanpa harus menjual saham tersebut.

3. Growth Stocks

Jenis saham terakhir adalah growth stocks. Umumnya, jenis stock ini perusahaan terbitkan dengan tingkat pertumbuhan yang pesat di industrinya.

Meskipun growth stocks tidak memiliki riwayat pertumbuhan yang bisa menjanjikan, apresiasi harga saham ini termasuk memiliki potensi yang cukup baik.

Sementara itu, untuk risiko berinvestasi growth stocks relatif lebih tinggi daripada jenis lainnya.

Contoh Common Stock

Nah untuk mengetahui pembahasan lebih dalam tentang common stock, simak yuk kira-kira apa contoh dari saham ini ya Propers?

Salah satu contoh common stock yaitu saham waran karena memiliki beberapa seri dalam penawarannya.

Biasanya, tiap seri stock ini punya kode yang berbeda di papan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Untuk seri I merupakan efek yang membuat pemegangnya berhak menjalankan aset jadi sebuah stock perusahaan baru dengan nominal Rp50.000.000.000.

Adapun contoh dari common stock seperti PT Smartfren TBK yang meluncurkan stock FREN waran seri III dengan kode waran FREN_W2 dengan durasi lima tahun.

Demikianlah penjelasan tentang common stock, karakteristik, jenis-jenis, serta contohnya. Setelah mengetahui pembahasan di atas, Propers sudah tidak bingung lagikan apa itu common stock?

Maka dari itu, yuk segera kunjungi blog Propertree untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait dunia investasi menarik lainnya!

Baca Selengkapnya: Saham Blue Chip Adalah: Pengertian, Ciri dan Keuntungannya

Penulis: Dhea Alvionita