Sudah tahu belum Propers, apa sih perbedaan tabungan dan deposito? Meskipun sama-sama produk bank, keduanya memiliki perbedaan dan tidak bisa disamakan lho. Ingin tahu perbedaannya? Yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, tabungan adalah simpanan dari sebagian uang yang bisa kalian ambil kapan saja Sedangkan deposito adalah salah satu jenis investasi yang hanya bisa kalian ambil setelah jangka waktu tertentu.

Nah, untuk mengetahui apa perbedaan tabungan dan deposito. Alangkah lebih baik Propers mengetahui pengertian dari tabungan dan deposito terlebih dahulu, berikut pembahasannya.

Pengertian Tabungan

Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan hari ini maupun gaji untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan, entah itu kebutuhan terduga atau tidak terduga sekali pun.

Bukan hanya dapat dilakukan di bank, menabung bisa kalian lakukan dengan cara menyimpan di rumah, seperti menaruh di sebuah kotak celengan atau di tempat yang hanya kalian ketahui saja.

Dana simpanan dari menabung ini biasanya disebut sebagai tabungan. Berdasarkan Undang-Undang No 10 Tahun 1998, tabungan adalah simpanan yang penarikannya dapat kalian lakukan berdasarkan syarat tertentu yang telah disepakati.

Pengertian Deposito

Deposito adalah produk investasi yang ada di bank dengan melakukan penyetoran di awal dan memiliki ketentuan penarikan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendefinisikan deposito sebagai simpanan yang pencairannya baru bisa nasabah lakukan dalam jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

Selain itu, deposito juga memiliki bunga dengan tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dari jenis tabungan bank biasanya. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang tertarik melakukan deposito.

Perbedaan Tabungan dan Deposito

Walaupun terkesan sepele, kalian harus memahami perbedaan tabungan dan deposito lho Propers. Dari hasil riset yang telah Minkop lakukan, berikut adalah beberapa perbedaannya:

1. Jangka Waktu Pencairan

Perbedaan yang pertama adalah durasi atau jangka waktu pencairan dananya. Tabungan bisa kalian ambil kapan saja dan di mana saja.

Sedangkan deposito harus menunggu jangka waktu sesuai dengan kesepakatan untuk mencairkan dananya. 

Umumnya, untuk durasi deposito mulai dari 1 sampai 24 bulan. Kemudian, jika kalian mengambil dana sebelum jangka waktu yang telah disepakati, maka akan terkena sanksi berupa penalti.

2. Jumlah Setoran Minimal Awal

Perbedaan kedua yaitu setoran minimal awalnya. Untuk tabungan biasa di bank, setoran awalnya minimal Rp 50.000. Sementara deposito, setoran awalnya rata-rata berkisar Rp 8.000.000 sampai Rp 10.000.000.

3. Fleksibilitas

Perbedaan ketiga yakni fleksibilitas dalam pengembalian dana. Pasalnya, uang yang ada di dalam tabungan bisa kalian ambil kapan pun ketika butuh melalui ATM.

Berbeda dengan deposito yang pengambilan uangnya hanya dapat dilakukan setelah jatuh tempo dan harus mengambilnya di bank tempat kalian menyimpan deposito tersebut.

4. Jumlah Suku Bunga

Seperti yang kita ketahui bersama, deposito akan menawarkan keuntungan suku bunga mencapai 5% hingga 6,5% per tahun. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan suku bunga tabungan yang hanya berkisar 1% sampai 2% saja.

Sehingga, deposito bisa kalian pilih untuk berinvestasi karena tingkat bunga yang didapat lebih besar daripada bunga tabungan. Selain itu, jika kalian menabung di bank maka setiap bulannya kalian akan terkena biaya administrasi.

5. Financial Planning

Perbedaan selanjutnya adalah dalam financial planning atau perencanaan keuangan. Umumnya, tabungan lebih cocok kalian alokasikan untuk keperluan jangka pendek atau untuk kebutuhan  sehari-hari.

Sedangkan deposito penggunaannya lebih sering untuk keperluan jangka panjang atau biasa disebut sebagai investasi.

6. Pembagian Hasil

Perbedaan terakhir antara deposito dan tabungan adalah dari segi pembagian hasil. Di mana deposito sendiri akan mendapatkan nilai bagi hasil yang jauh lebih besar daripada tabungan.

Dengan demikian, walaupun tabungan dan deposito memiliki perbedaan yang cukup bertolak belakang, keduanya sama-sama produk keuangan di bank yang tergolong aman untuk menyimpan uang kalian lho Propers.

Gimana? Sudah tidak kebingungan lagikan untuk membedakan antara tabungan dan deposito? Kini, Propers bisa melihat perbedaan keduanya sebagai bahan pertimbangan sebelum menyimpan uang di bank. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Simak! Inilah 5 Jenis Tabungan untuk Masa Depan

Penulis: Dhea Alvionita