Berbicara mengenai uang, menabung menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Lantas apakah Propers sudah memiliki tabungan? Kira-kira apa saja ya jenis tabungan? Yuk, ketahui bersama!

Tabungan adalah kegiatan menyisihkan atau menyimpan uang dari sebagian pendapatan untuk digunakan dalam keadaan darurat hingga keperluan di masa depan.

Dengan menabung, tentu akan ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Salah satunya adalah terbiasa untuk hidup tidak boros. Tetapi nyatanya, tidak semua orang bisa mengelola uangnya dengan baik.

Untuk itu, kenali lebih lanjut apa itu tabungan, manfaat hingga jenisnya yuk. Simak penjelasannya secara rinci dalam artikel berikut ini!

Pengertian Tabungan

Secara umum kita bisa mendefinisikan tabungan sebagai simpanan uang yang bersumber dari pemasukan atau pendapatan yang tidak terpakai untuk keperluan sehari-hari maupun kepentingan lainnya.

Sedangkan dalam konteks perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan bahwa tabungan merupakan simpanan uang di bank yang penarikannya hanya akan bisa dilakukan ketika telah memenuhi syarat tertentu.

Tabungan ini, nantinya dapat kita gunakan kapan saja tanpa terikat perjanjian oleh pihak mana pun bahkan tidak terikat oleh waktu. 

Berdasarkan pengamatan Minprop, di era zaman sekarang, salah satu jenis tabungan yang sering digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat saat ini adalah tabungan di bank.

Nah, bagi Propers yang belum mengetahui apa saja jenis tabungan, yuk intip pemaparannya di bawah ini bersama-sama!

Jenis-Jenis Tabungan

Di negeri tercinta Indonesia, ada beberapa jenis tabungan yang bisa kalian pilih untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan keuangan. 

1. Tabungan Konvensional atau Rekening Tabungan

Tabungan konvensional atau rekening tabungan adalah jenis tabungan yang paling banyak digunakan oleh nasabah. Hal ini karena fungsionalitas dari tabungan konvensional sebagai salah satu sarana menabung atau menyimpan uang.

Selain itu, kalian juga akan mendapat beberapa fasilitas seperti, kartu debit, buku tabungan, hingga layanan banking baik itu mobile banking atau internet banking.

2. Tabungan Berjangka

Sesuai namanya, tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang memiliki jangka waktu khusus untuk dapat mencairkan uangnya.

Jenis tabungan ini cocok kalian pilih jika memiliki tujuan menabung dalam jangka waktu tertentu dan dengan meraih keuntungan. 

Keuntungan tabungan berjangka ini biasanya berasal dari bunga. Bunga yang ditawarkannya pun relatif cukup tinggi hingga mencapai 3% sampai 7 % per tahunnya.

Namun, kekurangan jenis tabungan ini yaitu hanya bisa digunakan dalam kurun waktu yang telah pihak bank dan nasabah sepakati. Jika melanggar, maka akan mendapat penalti berupa denda.

3. Tabungan Giro

Tabungan giro adalah jenis tabungan yang sering kali disebut sebagai tabungan bisnis, karena nasabah tabungan ini adalah perusahaan. 

Jenis tabungan ini biasa digunakan untuk keperluan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening, melakukan transaksi berupa cek dan bilyet.

4. Tabungan Valuta Asing

Tabungan valuta asing adalah jenis tabungan untuk keperluan transaksi mata uang asing. Sedangkan mata uang asing yang sering digunakan adalah dolar, poundsterling, euro, dan beberapa mata uang asing lainnya.

5. Tabungan Pendidikan

Sesuai namanya, jenis tabungan ini dikhususkan untuk merencanakan pendidikan anak dan hanya dihadirkan dalam bentuk tabungan berjangka.

Sehingga, nantinya dana yang sudah terkumpul bisa terpakai untuk sekolah anak, mulai dari TK, SD, SMA, hingga perguruan tinggi.

6. Tabungan Anak

Tabungan anak adalah jenis tabungan yang bisa pra orang tua gunakan untuk mengajarkan anak-anak menabung sejak dini. 

Jenis tabungan ini mirip dengan tabungan konvensional, bedanya hanya pada setoran awalnya saja. Untuk setoran pertama tabungan anak mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

7. Tabungan Haji

Tabungan haji adalah jenis tabungan khusus untuk umat Islam yang hendak mengumpulkan dananya untuk melaksanakan ibadah haji dalam beberapa tahun ke depan.

Penyetoran dananya pun berbeda-beda. Namun, semakin besar kalian menyetorkan dana maka akan semakin cepat pula target nominal yang terpenuhi untuk berangkat haji.

Setelah mengetahui jenis-jenis tabungan, tak ada salahnya untuk melihat beberapa manfaat dari menabung lho Propers

Manfaat Menabung untuk Masa Depan

Inilah beberapa manfaat menabung untuk masa depan yang wajib kalian tahu, yaitu:

  1. Tabungan bisa melindungi finansial dalam keadaan darurat,
  2. Tabungan dapat membantu merencanakan masa depan yang lebih baik dan tertata,
  3. Tabungan bisa memberikan rasa aman serta terhindar dari kecemasan akan permasalahan finansial, dan
  4. Tabungan akan menawarkan bagi hasil yang bisa membuat dana kalian berkembang.

Baca Selengkapnya: Deposito, Investasi Paling Aman dan Cuan

Jenis Tabungan untuk Masa Depan yang Harus Dimiliki

Adapun jenis-jenis tabungan untuk masa depan yang harus kalian miliki, diantaranya meliputi:

1. Tabungan untuk Dana Darurat

Tabungan dana darurat ini bisa kalian gunakan ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga terjadi. Dengan adanya tabungan ini, kamu tidak akan khawatir akan kesiapan finansial yang mendadak.

Sama halnya dengan asuransi, dana darurat harus dialokasikan dengan presentasi yang cukup besar dari total gaji pendapatan.

2. Tabungan Hari Tua

Bagi kalian yang tidak bekerja sebagai ASN dan tidak mendapatkan tunjangan hari tua atau dana pensiun. Maka, kalian harus mempersiapkan tabungan hari tua dari sekarang.

Dengan memiliki tabungan tersebut, ketika tua nanti kalian tak perlu bingung lagi, sebab tinggal menuai hasil tanpa terbebankan finansial dan bebas melakukan apa pun yang kalian sukai.

3. Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek cocok kalian pilih jika ingin memberikan self reward agar tidak gampang boncos terus menerus. Sesuai namanya, tabungan ini tidak terikat jangka waktunya dan persentase alokasi dananya pun fleksibel.

4. Tabungan Kebutuhan Berkelanjutan

Meskipun sering terabaikan, tabungan kebutuhan berkelanjutan penting dipikirkan karena membutuhkan dana yang cukup besar. Contoh tabungan ini meliputi, asuransi, dana pulang kampung, hingga angsuran.

5. Tabungan Kebutuhan Bulanan

Tabungan terakhir adalah tabungan kebutuhan bulanan, seperti pembayaran listrik, air, dan kebutuhan bahan rumah tangga. Jenis tabungan ini tergolong sebagai simpanan pokok. Sehingga perlu perhitungan yang optimal setiap bulannya.

Pentingnya Tabungan untuk Masa Depan

Lantaran menabung merupakan salah satu langkah pertama dalam mengelola keuangan pribadi. Sehingga, tabungan untuk masa depan sangat penting untuk dipikirkan mulai saat ini juga. 

Jika kalian telah mempersiapkan tabungan untuk masa depan, maka kalian sudah melakukan investasi terbaik untuk hari tua nanti. 

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung. Sebab sudah banyak sarana yang bisa kalian manfaatkan untuk menabung, mulai dari menabung sendiri maupun melalui lembaga keuangan seperti bank dan koperasi.

Selain itu, Propers juga bisa menabungkan uang kalian untuk berpartisipasi mendanai proyek bersama Propertree.id mulai dari Rp 100.000 dan raih keuntungannya. Tunggu apa lagi, coba sekarang juga!

Penulis: Dhea Alvionita