Mengatur keuangan pribadi bukan menjadi persoalan yang mudah, apalagi kalau sudah berkeluarga. Faktanya, masih banyak orang yang belum bisa atau belum mulai melakukannya lho Propers. Lantas, apakah Anda termasuk salah satunya?

Mengutip dari laman Kemenkeu, uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan dalam keberlangsungan hidup sebagai alat tukar. Oleh karena itu, tak heran jika setiap orang akan berusaha keras demi bisa menghasilkan uang.

Namun sangat disayangkan tidak semua orang bisa mengatur keuangan pribadinya secara bijak. Padahal cara mengatur uang adalah solusi yang dapat Anda gunakan supaya uang dari gaji yang Anda dapatkan mampu bertahan hingga akhir bulan.

Jika terus dibiarkan, hal ini tentu akan menjerumuskan kita untuk tidak memiliki tabungan di masa depan. Nah, untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut berikut tips yang bisa Propers lakukan agar tabungan terus bertambah nilainya.

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Di bawah ini telah Minprop kumpulkan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi:

1. Catat Rincian Pengeluaran dan Pendapatan

Dengan mencatat setiap rincian pengeluaran dan pendapatan maka Anda akan terbantu untuk mengetahui berapa jumlah gaji rata-rata yang bisa dialokasikan supaya tidak boros.

2. Lakukan Alokasi Gaji

Setelah mengetahui jumlah rata-rata pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya, Anda bisa mengalokasi dana tersebut dengan metode 4/3/2/1 atau 50/30/20.

Metode 4/3/2/1 maksudnya adalah 40% untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk kebaikan. Sedangkan metode 50/30/20 artinya 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan.

3. Konsisten dalam Menabung

Menabung bukanlah merupakan persoalan menyimpan uang saja. Melainkan diperlukan sebuah niat yang konsisten supaya nilai tabungannya terus bertambah.

4. Buat Prioritas Kebutuhan

Buatlah beberapa daftar kebutuhan yang menjadi prioritas sampai kurang penting. Dengan melakukan hal tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran secara teratur dan lebih menghemat.

5. Buat Catatan Keuangan Personal

Membuat catatan keuangan personal akan memudahkan Anda dalam memantau pengeluaran terhadap setiap pengeluaran, baik itu pengeluaran kecil hingga besar sekalipun.

Baca Selengkapnya: Wajib Tahu! Ini Cara Menabung yang Benar untuk Masa Depan

6. Buat Target di Masa Depan

Cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah membuat target yang jelas di masa depan. Contohnya saat umur 35 tahun, Anda memiliki target untuk memiliki rumah, mobil mewah, sekaligus tabungan pergi haji sekeluarga.

Berdasarkan target tersebut, maka Anda harus siap dan konsisten agar semua rencana di masa depan bukan hanya wacana saja tetapi dapat terwujudkan.

7. Lunasi Utang dan Cicilan Tepat Waktu

Jika memiliki utang maupun cicilan, pastikan Anda membayarnya tepat waktu supaya tidak membayarkan denda berupa bunga yang cukup besar. Tetapi, lebih baik usahakan untuk menghindari utang kepada siapapun ya Propers!

8. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang harus disediakan oleh setiap orang sebagai dana untuk jaga-jaga. Sehingga, akan lebih aman ketika ada hal yang tidak Anda inginkan terjadi.

9. Lindungi Keuangan dengan Memiliki Asuransi

Memiliki asuransi bisa melindungi keuangan Anda di masa depan yang tidak terduga, seperti biaya pengobatan yang tinggi maupun ketika kehilangan pendapatan karena sakit atau cedera.

10. Mulai Coba Berinvestasi

Salah satu manfaat investasi adalah sebagai aset jangka panjang di masa depan. Meskipun memiliki banyak risiko,potensi keuntungan investasi cukup besar jika dilakukan secara tepat.

Baca Selengkapnya: Kakeibo: Seni Ala Jepang agar Sukses Menabung

Manfaat Mengatur Keuangan Pribadi

Selain mengetahui tips mengatur keuangan pribadi, Propers juga harus mengetahui manfaatnya, seperti:

1. Menghindari Terjadinya Ketidakpastian Keuangan

Mengatur keuangan pribadi akan menghindari terjadinya ketidakpastian keuangan Anda. Tanpa adanya pengaturan yang baik, setiap orang akan rentan terhadap berbagai situasi yang tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Tercapainya Tujuan Finansial

Dengan adanya rencana keuangan yang terarah, seperti membeli rumah, mempersiapkan tabungan pendidikan anak, dan kebutuhan jelas lainnya maka Anda semakin dekat mencapai tujuan-tujuan finansial.

3. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Hidup

Masalah keuangan yang tidak terkendali bisa membuat seseorang stres. Tak perlu khawatir, jika Anda sudah mengatur keuangan pribadi dengan bijak akan mendatangkan ketenangan. Sehingga Anda bisa pada hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas hidup lebih baik.

4. Membangun Kebebasan Finansial

Membangun kebebasan finansial akan mendatangkan pilihan yang lebih baik dalam hidup, seperti bebas memilih pekerjaan yang sesuai passion, membuka bisnis, dan lainnya.

Kebebasan finansial akan membuat seseorang menjadi memiliki kekaya, meraih kemandirian finansial, dan melindungi diri dari berbagai risiko keuangan.

5. Melindungi Diri dan Keluarga

Terakhir, di tengah kehidupan yang tidak dapat terprediksi ini, Anda harus memiliki dana darurat untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai kejadian yang tidak terduga.

Baca selengkapnya: 5 Tipe Kepribadian Manusia dalam Mengelola Keuangan

Penulis: Dhea Alvionita