Jika Anda tertarik untuk berkecimpung dalam dunia usaha maupun bisnis, mau tidak mau Anda juga harus belajar bagaimana cara melakukan budgeting yang baik lho Propers. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai budgeting hanya di artikel ini!

Pasalnya, keuangan yang sehat menjadi aspek terpenting dalam mencapai stabilitas finansial. Salah satu kunci keuangan yang sehat yaitu dengan mengelola budgeting keuangan sebijak mungkin.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anggaran selalu menyangkut persoalan tentang perencanaan keuangan. Adanya budgeting ini sangat membantu seseorang atau perusahaan untuk mengontrol keuangan.

Sementara dalam prosesnya, budgeting juga bisa membantu dalam pembuatan keputusan finansial yang lebih matang. Dengan perencanaan keuangan, semua plan pasti akan tersusun dengan baik. Sehingga akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan keuangan untuk berbagai kebutuhan.

Lantas, apakah Propers tahu apa itu budgeting? Jika belum mengetahuinya, yuk simak pengertiannya di bawah ini.

Pengertian Budgeting

Budgeting sendiri berasal dari kata kerja bahasa Inggris yang mempunyai kata dasar budget. Budget ini artinya anggaran atau rencana keuangan. Sehingga budgeting merupakan proses pembuatan anggaran atau perencanaan keuangan.

Secara umum, perencanaan keuangan adalah proses dari perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan dari anggaran yang masuk. Dalam prosesnya terdiri dari alokasi dana yang kemudian seseorang akan membuatkan budget plan.

Singkatnya budgeting adalah kegiatan menyusun dan merencanakan anggaran keuangan yang telah sesuai dengan kebutuhan dalam jangka waktu yang sebelumnya sudah terpikirkan.

Perencanaan keuangan menjadi salah satu hal yang penting dalam pengelolaan keuangan karena bisa menyeimbangkan pengeluarannya dengan pendapatannya. Jadi, kalau seseorang atau perusahaan tidak seimbang maka akan mendatangkan masalah keuangan.

Manfaat Budgeting

Selain mengetahui pengertian budgeting, Propers juga harus mengetahui manfaat dari budgeting seperti:

1. Mengatur Pengeluaran

Sebelum Anda menerima gaji bulanan, alangkah lebih baik atur dahulu pengeluaran supaya pendapatan yang masuk tidak terbuang secara sia-sia untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

2. Mencapai Tujuan Finansial

Ada salah satu cara untuk mencapai tujuan finansial yaitu dengan mengalokasikan prioritas kebutuhan dan rutin membuat laporan keuangan pribadi. Dengan melakukan budgeting, Anda akan menggunakan uang untuk hal-hal yang penting seperti menabung.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Dengan budgeting, Anda juga bisa mengatasi tagihan di luar dugaan yang dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, perlu adanya persiapan dana darurat sekitar 10-20% dari pendapatan yang ada.

Jenis Budgeting

Ada dua jenis budgeting yang wajib Propers ketahui, yaitu:

1. Anggaran Tetap (fixed budget)

Anggaran tetap atau fixed budget adalah anggaran yang dibuat untuk satu tingkat satu kegiatan selama jangka waktu yang telah ditentukan. 

Dalam tingkat kegiatan itu sudah terencanakan pendapatan dan biaya. Sesuai namanya, anggaran ini tidak akan memungkinkan adanya penyesuaian karena sudah tetap.

2. Anggaran Variabel (flexible budget)

Anggaran variabel atau flexible budget adalah anggaran yang dibuat berdasarkan kegiatan tingkat kegiatan. Prinsipnya, setiap tingkat harus memiliki norma-norma pada setiap kegiatan yang keluar.

Norma-norma ini nantinya akan menjadi patokan dari pengeluaran pada setiap tingkat kegiatan tersebut. Penyusunan anggaran ini harus memperhatikan biaya tetap dan biaya variabel.

Tips Budgeting

Berikut ada enam tips budgeting yang bisa kalian lakukan untuk usaha atau perusahaan, yakni meliputi:

1. Pilih Cara Penyusunan Budget yang Sesuai

Setidaknya ada dua tipe cara penyusunan budget yang sesuai, seperti:

  • Top-down budgeting, artinya budget yang ada telah ditentukan oleh pimpinan tertinggi di dalam suatu perusahaan. Sehingga semua divisi yang ada harus mengikuti budget yang telah ditentukan.

Kekurangan top-down ini adalah para staf atau karyawan yang memiliki tingkat lebih rendah akan merasa tidak adanya keterlibatan dalam proses perencanaan anggaran.

  • Button-top budgeting, artinya budget sudah ditentukan sebelumnya oleh setiap divisi. Lalu digabungkan menjadi satu budget untuk membentuk anggaran keseluruhan perusahaan.

Kekurangan button-top ini adalah memerlukan waktu yang lebih lama karena banyak melibatkan pemegang kepentingan di dalam prosesnya. Selain itu, akan timbul potensi bahwa anggaran yang diajukan oleh setiap individu tidak konsisten.

2. Bagi Rencana Budgeting Ke Beberapa Bagian

Umumnya, setiap budgeting memiliki minimal tiga bagian penting, seperti variable cost atau pengeluaran yang bisa saja berubah setiap bulannya, fixed cost atau pengeluaran yang tetap setiap bulannya misal gaji karyawan dan tagihan sewa bangunan, dan expected income atau pemasukan bulanan.

3. Lakukan Riset atau Evaluasi

Biasanya, sebelum menentukan budget ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu terkait harga yang sekiranya bisa ditetapkan dalam budgeting yang jelas. Setelah itu, Anda bisa mengira-ngira budget dari hasil evaluasi perencanaan keuangan di periode sebelumnya.

4. Bandingkan Budget dengan Laporan Keuangan

Bukan hanya sekedar membuat budget saja, Anda juga harus membuat laporan keuangan. Tujuannya supaya terlihat apa saja perbedaan dari perkiraan budget dengan laporan keuangan aslinya. Sehingga pada periode berikutnya Anda bisa mencapai target yang telah ditetapkan dalam budget tersebut.

5. Lakukan Evaluasi Kembali untuk Periode Selanjutnya

Lakukan evaluasi kembali untuk periode selanjutnya agar Anda bisa menganalisa antara budget yang sudah ditetapkan dengan laporan keuangan. Jika angka hasil variannya besar, Anda harus menyesuaikan budget kembali dan mencari tahu apa penyebabnya.

6. Siapkan Perlindungan Finansial

Terakhir, selain menentukan budget Anda juga harus menyiapkan perlindungan demi kestabilan finansial. Pasalnya, setiap orang maupun bisnis bisa saja mengalami risiko finansial. Untuk itu, lakukan perencanaan asuransi yang tepat sebagai pelindung Anda dan bisnis Anda dari berbagai risiko yang tidak terduga.

Pentingnya Budgeting

Tanpa disadari, ternyata banyak orang di dunia ini yang lebih banyak mengeluarkan uangnya dari untuk berbelanja atau memenuhi kebutuhannya daripada yang mereka hasilkan.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, lama-kelamaan mereka akan lebih jatuh ke lubang yang lebih dalam lalu melakukan hutang bahkan sampai melilitnya. Nah, inilah pentingnya peran budgeting bagi keuangan.

Dengan menerapkan perencanaan keuangan yang baik tentunya dapat membantu Anda untuk lebih memikirkan prioritas pengeluaran apa saja yang paling perlu dan lebih memfokuskan uang untuk keperluan-keperluan yang paling penting.

Budgeting akan memungkinkan merubah pola pemikiran Anda sebelum menentukan pengeluaran apakah Anda akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu atau ingin lakukan.

Selain itu, anggaran juga bisa membantu Anda mengalokasi dana dengan menabung atau berinvestasi sebagai kebutuhan di masa depan. Jika tertarik dengan investasi modal minim, maka Propertree.id cocok untuk Anda pilih sebagai pemula.

Dengan modal Rp 100.000 saja Anda bersama investor lainnya bersama-sama berkontribusi dalam mendanai bisnis di bidang real estate yang merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. 

Tunggu apa lagi? Ayo maksimalkan budgeting Anda untuk mewujudkan target finansial di masa depan bersama Propertree.id!

Itulah informasi mengenai penjelasan apa itu pengertian, manfaat, jenis, tips, dan pentingnya budgeting yang wajib kalian ketahui supaya keuangan Anda lebih tertata dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Pahami Lebih Dalam Tujuan Rencana Keuangan

Penulis: Dhea Alvionita