Sudah bukan menjadi hal yang lumrah jika bahasa gaul sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pasalnya, bahasa gaul merupakan ragam bahasa yang paling populer di kalangan anak muda hingga orang dewasa.

Ada satu istilah dalam bahasa gaul yang harus Anda ketahui yaitu ‘boncos’. Boncos adalah ungkapan yang digunakan saat mengalami kerugian, tidak mendapatkan apa-apa, bangkrut, dan mendapat hasil yang kurang baik.

Kata boncos bukan hanya digunakan dalam aktivitas memancing saja. Tetapi kini bisa Anda gunakan ketika menjalani bisnis maupun dunia perinvestasian seperti saham.

Lantas, sebenarnya apa sih arti boncos itu? Untuk mengetahui lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini supaya tidak bingung lagi, Propers.

Arti Boncos

Lantaran kata boncos adalah kata yang tidak baku, sehingga kata tersebut tidak memiliki arti secara istilah karena belum tercatat ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Pengertian boncos secara harfiah adalah gagal total atau tidak berhasil. Penggunaan kata tersebut biasanya cocok untuk menggambarkan situasi ataupun kejadian yang tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kata tersebut dianggap cocok untuk mewakilkan aktivitas memancing dan investasi. Di mana dalam dunia pancing, artinya adalah keadaan atau kondisi si pemancing tidak mendapatkan ikan sama sekali.

Sedangkan dalam dunia investasi, artinya rugi, tidak dapat hasil apa-apa, jelek, dan tidak mendapat hasil yang memuaskan. Kata ini kerap digunakan oleh para investor ketika mengalami cut loss atau kerugian.

Kerugian yang ini maksudnya bisa dalam berbagai hal, seperti ketika omset yang masuk turun drastis, keuntungan yang masuk sangat sedikit, bahkan hasil dari bisnis yang tengah berjalan tapi malah minus.

Penyebabnya sendiri pun kian beragam, namun yang paling sering terjadi adalah karena tidak mampunya seseorang dalam menjalankan bisnis dan mengatur keuangannya. Sehingga, antara pengeluaran dan pendapatan tidak terkontrol secara efisien.

Biasanya, istilah boncos cocok dalam konteks yang tidak terlalu serius. Sebab, kata ini tergolong ke dalam percakapan yang tidak formal atau dalam bentuk tulisan yang santai pada teman sebaya saja.

Dalam bahasa Jawa, kata tersebut memiliki arti yang hampir sama yaitu gagal atau tidak berhasil. Kemudian, kata ini masuk ke dalam bahasa Indonesia yang mana bentuk dan maknanya serupa.

Walaupun kata ini termasuk ke dalam bahasa gaul, penggunaan kata boncos semakin populer dalam bahasa Indonesia seiring perkembangan bahasa gaul di masyarakat.

Sehingga kata tersebut pun mengalami perubahan. Di mana awalnya hanya untuk menggambarkan kegagalan dalam hal-hal yang tidak terlalu penting. Kini bisa untuk menggambarkan kegagalan dalam hal-hal yang lebih serius dengan konteks yang santai.

Perubahan Makna Boncos

Perubahan makna adalah bagian dari perkembangan bahasa karena pengaruh perubahan budaya dan tren yang terjadi di tengah masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa itu hidup dan terus berkembang.

Selain dapat terpakai untuk mengungkapkan kegagalan, kata boncos juga bisa untuk mengekspresikan perasaan seseorang ketika sedang kecewa, frustrasi, bahkan kesal.

Sebagai catatan bahwa dalam penggunaannya, kata boncos harus sesuai dengan konteks dan situasinya. Untuk itu, penting bagi Anda memahami bagaimana konteks penggunaan kata boncos supaya tepat sasaran.

Jadi bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan memahami arti dari istilah boncos itu apa? Temukan informasi terkait investasi hingga lifestyle menarik lainnya hanya di Propertree.id.  Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Ketahui Tips Mengatur Keuangan Pribadi hingga Manfaatnya!

Penulis: Dhea Alvionita