Bukan hanya di Indonesia saja, bahkan di seluruh penjuru dunia, setiap perusahaan pasti membutuhkan promosi karena banyaknya manfaat promosi yang bisa mendatangkan hal-hal positif dalam dunia bisnis.

Ibarat menegakkan benang basah, tak heran jika hampir seluruh perusahaan yang ada di dunia melakukan promosi. Para pebisnis melakukan promosi tidak hanya ketika membuka bisnis baru, tetapi promosi juga harus ada ketika bisnis sudah lama berjalan.

Di zaman digital ini, para pelaku usaha tergolong lebih mudah melakukan kegiatan promosi untuk mengenalkan produknya kepada customer. Hal ini karena adanya media sosial yang telah banyak orang pakai sehingga memudahkan dalam mencari hot buyer. Tujuan dari promosi itu sendiri, sudah pasti supaya orang-orang bisa tertarik untuk membeli produk serta tertarik untuk menggunakan jasanya.

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap, simak beberapa manfaat promosi produk atau jasa bagi para pelaku usaha yang perlu Propers ketahui ketika hendak membuka suatu bisnis baru.

Manfaat Promosi Produk

Manfaat promosi produk yang paling utama adalah dapat meningkatkan pendapatan yang maksimal dengan modal yang minimal. Berikut adalah beberapa manfaat promosi yang perlu kamu ketahui:

1. Membangun Branding Usaha

Dengan membangun branding usaha dari suatu produk yang dijual semenarik dan seunik mungkin. Maka brand tersebut akan lebih mudah diingat oleh banyak orang daripada yang biasa-biasa saja.

2. Membangun Media Komunikasi Antara Bisnis dengan Pelanggan

Di era digital ini, para pelaku bisnis lebih mudah membangun media komunikasi kepada pelanggannya melalui media sosial. Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan kegiatan promosi untuk mengenalkan produk atau jasa yang mereka miliki kepada calon pelanggan.

Ketika para pelanggan melihat promosi tersebut, tentu ada rasa tertarik dari pelanggan untuk menanyakan terkait produk. Sehingga pada saat inilah proses komunikasi berlangsung. Dengan begitu, usahakan untuk menjawab sekaligus menjelaskan pertanyaan dari pelanggan sebaik mungkin supaya pelanggan merasa percaya untuk membeli produk.

3. Meningkatkan Awareness Terkait Produk Baru

Secara tidak langsung, ketika kamu melakukan promosi, kamu juga bisa menciptakan awareness dan memberitahu kepada pelanggan bahwa ada produk yang baru dikeluarkan oleh merek usaha yang kamu buat.

Selain untuk mengenalkan produk baru, promosi juga bisa mengenalkan produk lama. Sehingga pelanggan yang tadinya tidak mengetahui produk lama jadi mengetahuinya.

4. Menjaga Tingkat Retensi dan Loyalitas Pelanggan

Tingkat retensi dan loyalitas merupakan dua hal penting untuk memastikan bahwa bisnis tetap berjalan dan perkembangan perusahaan agar lebih maju lagi. Fungsi tingkat loyalitas adalah untuk menjelaskan seberapa besar pelanggan memilih brand bisnis jika adanya produk serupa di pasar atau kompetitor.

Sedangkan, dalam kegiatan berbisnis, juga menggunakan tingkat retensi. Tingkat retensi ini untuk menjelaskan keinginan konsumen untuk bertahan dan kembali lagi dengan memberikan pemberitahuan adanya promo. Oleh karena itu, dengan menjaga tingkat retensi dan loyalitas pelanggan akan berdampak dalam jangka panjang.

5. Membentuk Karakter Berbeda dengan Brand Lain

Dengan adanya inovasi dan kreativitas, kamu juga bisa menciptakan perbedaan dengan produk lain. Adanya promosi terhadap produk baru atau lama, tentu akan membuat orang melirik produk tersebut. Jika pelanggan merasa penawaran harga dan kualitas suatu produk kita lebih menguntungkan, maka mereka akan membeli produk kita.

6. Mendatangkan Pelanggan Baru dari Pelanggan Lama

Selain lima penjelasan di atas, manfaat promosi yang terakhir juga bisa mendatangkan pelanggan baru lho. Siapa yang tidak tertarik jika melihat harga promo dari suatu produk yang ditawarkan.

Nah, setelah muncul kekuatan ajaib dari mulut ke mulut. Biasanya, pelanggan lamalah yang mengetahui terlebih dahulu harga promo tersebut. Lalu mereka memberitahu kepada rekannya bahkan hingga ke tetangganya. Sehingga, hal ini tentu dapat mendatangkan pelanggan baru melalui promosi mulut ke mulut.

Tujuan Promosi

Di bawah ini telah Minpro kumpulkan lima tujuan promosi yang wajib kamu ketahui ketika hendak melakukan promosi, yaitu:

  1. Mengubah sudut pandang serta tingkah laku dari pembeli terhadap suatu barang atau jasa,
  2. Membentuk citra produk di pikiran pelanggan sesuai dengan harapan para pelaku usaha,
  3. Mampu bersaing dengan kompetitor,
  4. Meningkatkan nilai keuntungan dari suatu produk atau jasa,
  5. Mendapatkan dan mendatangkan calon pelanggan baru, dan
  6. Menyebarkan informasi kepada calon pelanggan.

Jenis-Jenis Promosi

Adapun jenis-jenis promosi terdiri atas tiga bagian yang meliputi:

1. Promosi Secara Fisik

Promosi yang dilakukan secara langsung ini memerlukan “stand”, “booth”, atau semacam tenda kecil yang berguna untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, promosi jenis ini sering dijumpai pada acara pameran, bazar, festival, hingga konser. Promosi secara fisik

Kelebihan promosi secara fisik yaitu kita bisa melihat dan mencoba produk atau jasa secara langsung, serta bisa bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Sementara untuk kekurangannya terletak pada jumlah calon konsumen yang terbatas karena hanya ada di tempat tertentu, seperti sekolah, kampus, konser musik, dan lainnya.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Promosi melalui media tradisional merupakan cara yang paling kuno, yang mana promosi ini memanfaatkan media cetak konvensional seperti surat kabar, majalah, dan bulletin. Sedangkan media elektronik yaitu radio dan televisi. Bahkan ada juga yang melakukan promosi melalui iklan banner.

Kelebihannya adalah memiliki jangkauan yang lebih luas karena memanfaatkan media massa. Sementara kekurangan promosi ini adalah membutuhkan dana yang cukup besar.

3. Promosi Melalui Media Digital

Promosi melalui media digital adalah salah satu jenis promosi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usahanya. Sebab promosi melalui media digital hanya memerlukan jaringan internet untuk bisa terhubung ke media sosial.

Promosi jenis ini termasuk ke dalam jenis promosi yang paling modern karena jangkauannya lebih luas dari media tradisional. 

Untuk kelebihan promosi melalui media digital ini yaitu dengan mudah menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien. Sementara kekurangannya adalah tingginya angka pesaing atau kompetitor yang menggunakan promosi jenis ini.

Baca Selengkapnya: 4 Manfaat Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Penjualan

Penulis: Dhea Alvionita