Kalau kamu adalah pelaku usaha, promosi tentu bukan lagi menjadi hal yang enggan kamu lakukan. Kamu wajib melakukan promosi bisnis dengan tujuan memasarkan produk yang ingin kamu tawarkan. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, promosi produk yang dilakukan pun harus efektif dan sesuai dengan target pasar. 

Definisi Promosi Bisnis

Promosi bisnis adalah usaha yang dilakukan oleh seorang pebisnis untuk memperkenalkan dan memasarkan produk yang ditawarkan. Mengapa melakukan promosi? Menjalankan kampanye bisnis tentunya agar calon pembeli aware dengan brand bisnis dan tertarik pada produk yang kamu jual sehingga harapannya mampu menaikkan angka penjualan. Kampanye bisnis sendiri harus terencana dengan baik dan melakukan berbagai strategi seperti media, mulai dari iklan, billboard, hingga media sosial.

Manfaat Promosi Bisnis 

  1. Membangun brand awareness

    Selaku pelaku usaha, tentu saja kamu ingin banyak orang yang semakin mengenal produk yang kamu jual, terutama calon pembeli. Dengan demikian, kamu membutuhkan promosi agar visibilitas merek dagang yang kamu miliki bisa menjadi lebih tinggi. Makin banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kamu jual, maka makin besar kemungkinan calon pembeli yang akan membeli produk yang kamu miliki.

  2. Mendatangkan pembeli baru yang lebih potensial

    Kalau kamu sudah sering melakukan promosi bisnis pada produk yang kamu jual, pastikan kamu melakukan promosi sesuai dengan target pasar kamu. Kalau kamu ingin menyasar muda mudi, pastikan kamu menggunakan bahasa dan diksi yang mencerminkan energi anak muda sehingga mudah diingat dan diterima oleh mereka. Jika target pasar kamu menganggap promosimu eye catching, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi calon pembeli yang potensial.

  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

    Agar bisa meningkatkan angka pembelian kembali dari pelanggan yang sebelumnya telah membeli produkmu, kamu tentu saja membutuhkan promosi yang juga menguntungkan mereka. Tawarkan penawaran yang menarik, bisa melalui email atau pesan langsung ke nomor handphone mereka mengenai harga promosi yang berlaku pada produkmu.

  4. Meningkatkan penjualan

    Melalui kegiatan promosi seperti diskon atau referral, bisnis kamu akan semakin menguntungkan karena traffic pembeli akan mengalami peningkatan. Dengan traffic yang meningkat tersebut, tentunya meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian produk yang lebih besar juga. Untuk bisa meningkatkan angka penjualan yang lebih tinggi, lakukan promosi lebih sering, sesuai, dan tepat sasaran dengan riset pasar yah!