Apa itu utang?

Utang atau pinjaman adalah tanggungan wajib yang harus dibayar karena adanya transaksi pembelian suatu barang atau jasa secara kredit, dan harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. Banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa bebas dari utang. 

Saat ini, ada banyak pilihan yang mendorong semua orang untuk berhutang, seperti hutang kartu kredit, BNPL (buy now, pay later), cicilan bank, serta layanan pinjol lainnya. Hampir semua orang sulit melepaskan diri dari utang. Padahal, hidup bebas utang itu lebih tenang dan bahagia. Simak 3 keuntungan bebas utang yang bisa kamu nikmati berikut. 

Keuntungan bebas utang

  1. Kondisi mental terjaga dengan baik

    Percaya atau tidak, kondisi mental akan terganggu jika mempunyai banyak hutang karena terusik bayang-bayang kredit macet atau debt collector. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fitch dkk pada jurnal Debt and mental Health menyatakan bahwa orang yang terlilit hutang memiliki peluang lebih besar terjangkit penyakit mental dibandingkan orang yang tidak punya permasalahan hutang. Dengan hidup bebas utang, tentunya bisa mengurangi rasa cemas atau was-was yang berlebihan dan ini bisa membuat kondisi mental kamu tetap terjaga dengan baik.

  2. Terhindar dari bunga yang mencekik

    Penting untuk diketahui suku bunga pinjaman kredit ada di antara 10 – 20 persen dari pinjaman pokok. Meskipun angsuran perbulan yang dicicil terlihat sedikit, namun jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat pinjaman pokok jika diakumulasikan selama tenor pembayaran. Sangat rugi, bukan? Maka dari itu, pahami perhitungan bunga pinjaman terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berhutang.

  3. Tabungan lebih banyak

    Kamu bisa mengalokasikan uang untuk dana darurat, dana pensiun, hingga investasi setelah terbebas dari utang. Ada banyak kesempatan dan peluang untuk mencapai financial freedom lebih cepat. Bahkan, kamu juga bisa memikirkan untuk membuka usaha sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, itulah keuntungan hidup bebas utang yang bisa kamu nikmati. Hidup jadi lebih tenang dan hati pun menjadi senang karena terbebas dari utang.