Merdeka finansial adalah situasi dimana kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi keuanganmu. Semua kebutuhan serta gaya hidup dapat kamu penuhi tanpa perlu bekerja keras dan bergantung kepada orang lain.

Biasanya, seseorang yang merdeka secara finansial sudah memiliki aset yang lebih dari cukup. Aset ini dapat berupa tabungan atau investasi yang dapat menghasilkan uang lebih dari biaya hidupnya. 

Siapapun bisa merdeka secara finansial sesuai versinya sendiri tanpa harus memandang gaji dan usia tertentu. Namun, untuk mencapai kebebasan finansial tentunya membutuhkan proses yang panjang.

Cara Cepat Merdeka Finansial

  1. Tentukan Tujuan

    Hal pertama yang harus dilakukan untuk merdeka secara finansial adalah dengan menentukan tujuan hidup atau tujuan keuangan yang ingin dicapai. Misalnya, pada usia berapa kamu ingin berhenti bekerja? Berapa banyak dana darurat dan dana pensiun yang dibutuhkan? Lalu, aset apa saja yang harus kamu miliki?
    Perlu untuk diingat, tujuan hidup kamu tidak harus sama dengan orang lain. Sebagian orang mudah tertarik dengan diskon sehingga overspending, tapi sebagian lain merasa belanja sesuai dengan kebutuhan sudah cukup. Tentukan tujuan hidup yang kamu inginkan.

     

  2. Membuat Rencana dengan Matang

    Buatlah perencanaan keuangan yang matang melalui sistem budgeting. Mulailah dengan membuat pos-pos pengeluaran dengan bijak, pisahkan uang untuk pengeluaran sehari-hari, dana darurat, dan cicilan jika ada. Perencanaan keuangan yang matang dapat membantu kamu dalam mengendalikan penggunaan uang agar tidak ada lagi pengeluaran berlebih atau overspending.

  3. Melunasi Hutang

    Memiliki hutang tentunya menjadi beban tersendiri dalam hidup seseorang. Sebaiknya, melunasi hutang dengan tepat waktu agar tidak berbunga menjadi lebih banyak. Apalagi jika utang muncul karena gaya hidup konsumtif, FOMO dan berbagai alasan lain yang membuat utang masuk ke dalam kategori utang konsumtif, bukan utang produktif.

  4. Strategi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

    Rencanakan strategi jangka pendek seperti dana darurat dan strategi jangka panjang seperti investasi. Dana darurat akan dibutuhkan untuk keperluan yang mendadak misalnya, anggota keluarga sakit, kendaraan rusak, dan lain sebagainya. Sedangkan investasi, sangat bermanfaat untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan risiko rendah melalui deposito, reksadana, emas, properti, hingga Surat Berharga Negara (SBN).

Nah, itulah cara cepat merdeka secara finansial seutuhnya. Untuk mencapainya memang tidak mudah, dibutuhkan proses yang panjang serta usaha yang keras. Semoga kamu bisa cepat mencapai kebebasan finansial yang sesuai dengan keinginanmu ya!