Growth stock adalah salah satu istilah yang tidak asing dalam dunia investasi. Jenis saham dengan title “growth”, memiliki peran strategis dalam portofolio, terutama bagi investor yang mencari pertumbuhan modal yang signifikan. Dengan karakteristik uniknya, growth stock memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi daripada saham lainnya.

Pengertian Growth Stock

Pada dasarnya, growth stock adalah saham pada suatu perusahaan yang memiliki perkembangan lebih cepat daripada kompetitornya dalam industri serupa.

Berkaitan dengan definisi tersebut, maka bisa kita bilang bahwa growth stock dapat menjadi instrumen investasi keren dan menarik. Hal ini lantaran harga sahamnya bisa terus mengalami peningkatan. Adanya prediksi tersebut membuat investor bisa lebih mudah dalam meraih keuntungan. Kendati demikian, investor tetap harus berhati-hati.

Walau menguntungkan, saham tipe ini juga memiliki risiko. Mengetahui hal itu, investor jangan sampai mengutamakan keuntungannya saja, namun juga mempertimbangkan risikonya. Berbicara mengenai risiko, growth stock sama sekali tak membagikan dividen pada para pemegang saham. Hal ini karena fokusnya untuk kemajuan perusahaan semata.

Ciri-Ciri

Selain pemahaman definisi, memahami ciri-cirinya juga penting. Berikut beberapa ciri yang dapat ditemui pada growth stock.

1. PER yang Tinggi; Salah satu ciri growth stock yakni mempunyai PER (Price to Earnings Ratio) yang tinggi. Bahkan relatif lebih tinggi dari lainnya.

2. Keunggulan Kompetitif; Ciri lainnya yang juga bisa Anda temukan pada growth stock yaitu mempunyai keunggulan kompetitif. Keunggulan ini tak bisa Anda temukan di kompetitor yang bergerak di industri sama.

3. Uptrend; Anda juga jangan sampai lewatkan ciri yang satu ini. Pada umumnya, growth stock memiliki saham yang uptrend atau bisa kita bilang cenderung naik. Karena uptrend, maka harga sahamnya bisa memperlihatkan minimal ada 3 titik resistance. Harga sahamnya sedikit lebih mahal atau overvalue. Lebih dari itu, sektornya juga tengah trend seiring semakin banyaknya orang yang membicarakannya. Kondisi tersebut bisa memberikan dampak di saham lainnya.

Keuntungan Berinvestasi pada Saham “Growth”

Investasi pada saham bertipe “growth” dapat menawarkan banyak keuntungan. Keuntungan berinvestasi pada growth stock adalah anda dapat berkesempatan untuk memperoleh PER tinggi.

Saham bertipe “growth” memang menawarkan keuntungan tersebut karena perusahaan fokus dalam ekspansi bisnisnya. Pertumbuhan perusahaan juga bisa lebih cepat dalam jangka pendek. Dengan alasan tersebut, pemilik bisa merasakan profitnya tanpa harus menunggu lama. Bahkan profitnya bisa mengalami peningkatan.

Cara Mengidentifikasi

Saham growth stock bisa Anda kenali dengan beragam cara. Salah satunya ialah mencermati apa yang sedang trend. Sebagai contoh saat pandemi virus Covid-19 melanda dunia. Saham di bidang kesehatan seketika trending karena banyak orang yang mencarinya.

Selain memantau trend yang jadi bahan perbincangan, Anda juga bisa melihat profitabilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki profitabilitas baik, tentu saja minim risiko atau kerugiannya. Dalam mengetahui profitabilitas perusahaan, Anda bisa bandingkan bersama industri serupa lainnya. Anda akan langsung tahu berapa tingkat profitabilitas perusahaannya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa pendapatan perusahaan bisa mempengaruhi harga saham. Hal ini menandakan bahwa harga sahamnya lebih tinggi daripada rata-rata industri lainnya. Poin ini bisa Anda pertimbangkan dalam memutuskan untuk investasi saham tipe ini.

Kini Anda tak perlu bingung lagi mengenai saham bertipe “growth”. Perlu anda pahami bahwa growth stock adalah salah satu istilah yang penting untuk anda ketahui sebelum memulai berinvestasi di saham. Dengan Anda mengenal apa itu growth stock secara lebih mendalam, maka bisa berpeluang besar untuk meraup keuntungan melimpah.

Baca selengkapnya: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham?