Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak digemari saat ini. Pertumbuhan yang cukup besar menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang berinvestasi saham. Namun, tahukah Anda jika ada banyak kelebihan dan kekurangan investasi saham daripada instrumen lain?

Saking populernya investasi saham, saat ini bahkan Anda bisa dengan mudah membeli instrumen ini. Bahkan, sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membeli bahkan menjual aset saham Anda.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham?

Sebelum memulai investasi saham, ada baiknya Anda juga memahami apa saja kekurangan dan kelebihan investasi saham. Berikut adalah penjelasan tentang saham yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

1. Keuntungan Investasi Saham

Orang yang memilih investasi saham tentu saja bukan tanpa alasan. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli aset ini, misalnya:

a. Tidak Butuh Perawatan

Jika Anda menginvestasikan uang Anda pada barang, misalkan emas, maka Anda harus memastikan jika emas tersebut tidak rusak atau hilang. Hal ini berbeda dengan saham yang tidak membutuhkan perawatan seperti itu.

b. Bisa Dilakukan Sendiri

Saat ini, Anda bisa membeli dan menjual saham hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi. Artinya, Anda bisa melakukan investasi ini sendiri. Bahkan, Anda bisa juga memantau pergerakan harga dan juga analisisnya di banyak tempat.

c. Likuid

Karena memiliki banyak peminat, hal ini juga membuat investasi saham menjadi sangat likuid. Artinya, jika Anda membutuhkan uang, maka aset tersebut bisa langsung Anda jual dan bisa langsung Anda cairkan.

d. Capital Gain

Alasan penting mengapa banyak orang yang berinvestasi saham adalah mendapatkan capital gain. Potensi return pada saham memang bisa dibilang paling besar jika dibandingkan aset lain. Return tersebut juga akan semakin besar jika Anda memegang saham tersebut dalam waktu yang lama.

e. Dividen

Selain mendapatkan keuntungan dari capital gain, pemegang saham juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen. Semakin banyak jumlah saham yang Anda punya, tentu saja semakin besar juga dividen yang Anda dapatkan tiap tahunnya.

2. Kekurangan Investasi Saham

Jika ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan pada investasi saham. Hal ini penting untuk Anda perhatikan sebelum benar-benar membeli saham. Beberapa kekurangan dari investasi saham antara lain:

a. Butuh Pengetahuan yang Mumpuni

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya investasi saham tidak hanya asal beli dan jual. Anda harus paham kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Ada banyak strategi yang perlu Anda pelajari. Harga saham juga akan mempengaruhi psikologi, Anda juga harus bisa mengatur hal ini agar bisa investasi dengan tepat.

b. Fluktuatif

Dengan banyaknya peminat, hal ini juga membuat harga saham bisa naik dan turun dengan cepat. Jika tidak siap dengan hal ini, Anda bisa saja mengalami kerugian karena salah waktu untuk mengambil tindakan.

c. Capital Loss

Meskipun menawarkan keuntungan yang cukup besar, investasi saham juga bisa berisiko memberikan kerugian yang besar. Capital loss ini bisa terjadi ketika aset yang Anda beli mengalami penurunan harga dengan tajam.

d. Delisting

Ini merupakan istilah ketika emiten atau suatu perusahaan mengalami penghapusan catatan saham oleh BEI. Jika Anda berinvestasi pada emiten tersebut, maka sudah pasti Anda juga akan mengalami dampak kerugiannya. Delisting sendiri berarti saham dari perusahaan tersebut sudah tidak bisa diperjual belikan.

Sudah Tertarik dengan Investasi Saham?

Sebenarnya, kelebihan dan kekurangan investasi saham ini juga tidak jauh berbeda dengan instrumen lainnya yang juga memiliki hal sama. Selama Anda memiliki ilmu yang cukup, hal ini sebenarnya bisa Anda atasi.

Selain masalah strategi, ilmu tentang saham juga merupakan satu hal penting yang perlu Anda kuasai sebelum terjun ke dunia investasi ini. Hal tersebut untuk memastikan Anda memiliki dasar dari semua keputusan yang akan Anda ambil nantinya.