Ada banyak metode dan cara nabung di bank agar menguntungkan yang bisa Anda lakukan. Menabung menjadi salah satu kegiatan untuk menghemat uang sekaligus investasi masa depan. Bukan hanya hemat saja, dengan menabung, pengelolaan uang juga akan terasa lebih mudah.

Namun, saat ini tidak sedikit orang yang masih merasa kesulitan ketika ingin menabung. Padahal sebenarnya menyimpan uang itu tidak membutuhkan banyak langkah. Hanya saja harus didasari dengan niat. Karena adanya niat ini, membuat semangat dan percaya diri bahwa bisa menyimpan sebagian dana.

Menabung sendiri bisa dilakukan oleh banyak kalangan. Baik dari anak muda, dewasa, bahkan orang tua. Tabungan sendiri nantinya sangat berperan di kemudian hari. Misalnya, sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana dadakan. Bisa langsung mengambil tabungan tersebut. Menabung juga meminimalisir mempunyai banyak hutang.

Berbagai Cara Nabung di Bank Agar Menguntungkan

Sebagian orang pasti belum ada yang tahu dengan benar cara menabung di bank agar menguntungkan. Bank menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menyimpan uang. Karena sudah dijamin aman, nyaman, dan tanpa hilang. Berbeda pada saat menyimpan uang di rumah, pastinya risiko kehilangan tinggi.

Menabung di bank itu memang praktis. Sebab pembuatan rekeningnya pun tidak memakan waktu lama. Anda hanya cukup membawa persyaratan, seperti kartu identitas dan sejumlah uang sebagai dana setoran awal. Sekarang ini Anda bisa melakukan setoran tunai melalui ATM yang bisa ditemukan di berbagai tempat umum. Berikut langkah dan cara nabung di bank agar menguntungkan.

1. Menetapkan Tujuan Menabung

Cara nabung pertama agar untung melalui bank yakni Anda harus menetapkan tujuan dari menyimpan uang tersebut. Ketika mempunyai tujuan, menabung bisa menjadi lebih mudah. Sebab ada motivasi kuat guna membuat menyisihkan uang.

Sebagai contoh saja, menabung untuk menikah dan melakukan umroh ke Tanah Suci bersama orang tua. Oleh karena itu, dengan menetapkan tujuan terlebih dahulu, bisa mengetahui berapa jumlah uang yang harus disisihkan serta berapa lama durasi menyimpan uang.

2. Pilih Bank Sesuai Kebutuhan

Pilihlah bank sesuai kebutuhan untuk menyimpan uang. Ada banyak rekomendasi bank bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi tidak semua bank memberikan kelebihan yang sama.

Anda bisa mendatangi kantor cabang bank terdekat dari domisili guna menyerahkan syarat administratif pembuatan rekening tabungan. Untuk Anda yang baru pertama kali, tidak perlu khawatir, sebab akan ada petugas keamanan yang membantu. Pada saat pembuatan rekening tabungan, Anda butuh menentukan tabungan apa yang akan digunakan.

3. Menggunakan Sistem Debit Otomatis

Ada saatnya rasa malah muncul ketika akan menyimpan uang, meskipun prosesnya sudah mudah. Untuk mengantisipasi kendala tersebut, Anda bisa menggunakan sistem debit otomatis atau debit guna menabung secara rutin.

4. Menyisihkan Penghasilan Secara Teratur

Cara nabung di bank agar menguntungkan selanjutnya yakni dengan menyisihkan penghasilan secara rutin. Besarnya relatif, dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menyisihkan sebesar 5-10% setiap bulannya dari penghasilan yang Anda dapatkan.

5. Membuat Rekening Terpisah

Ada baiknya Anda membuka rekening terpisah antara rekening tabungan dan rekening gaji. Pembagian rekening ibu dibuat dengan tujuan agar tabungan Anda tidak tercampur bersama pengeluaran rutin.

6. Menyiapkan Setoran Awal

Setelah Anda melengkapi syarat administratif, Anda harus menyerahkan setor tunai awal. Jadi setiap bank mempunyai syarat dan ketentuan berbeda mengenai jumlah setoran awal. Hal itu tergantung dengan jenis tabungan yang Anda pilih.

Sudah Paham Cara Nabung di Bank Biar Menguntungkan?

6 cara nabung di bank agar menguntungkan di atas harus Anda terapkan agar tidak rugi di kemudian hari. Pastinya untuk menabung ini, Anda juga perlu dibarengi dengan sikap konsisten. Akan lebih baik menabung sedikit namun berketerusan, ketimbang banyak, namun hanya sekali saja. Bulatkan tekad, untuk mengunduh masa depan atau masa tua Anda agar menjadi lebih baik dengan menabung sejak dini.

Baca selengkapnya: 4 Penyebab Utama Gagal Menabung!