Saat kita ingin mulai berkomitmen menabung, biasanya ada saja hal-hal yang membuat kita gagal untuk menabung. Entah karena kita kesulitan untuk menyimpan uang, tidak ada alokasi untuk menabung, atau keinginan belanja akan barang tertentu yang terus mengintai. 

Berbagai keadaan tersebut benar-benar menguji komitmen dan kesungguhan kita untuk menabung. Menabung menjadi hal yang sulit dan seolah menjadi hal yang tidak mungkin untuk diwujudkan. 

Apakah kamu termasuk yang kesulitan untuk menabung? Mungkin 4 penyebab di bawah ini menjadi penyebab utama kamu gagal untuk menabung. 

  • Tidak rutin mengecek saldo

    Biasanya orang kesulitan menabung karena tidak memiliki akses untuk rutin memeriksa saldo. Ketika kamu tidak rutin mengecek saldo rekening, kamu suka kecele ternyata saldo rekening kamu sudah habis pasca berbelanja tanpa mengecek sisa tabungan. Untuk itu, penting bagi kamu untuk terus mengecek arus pemasukan dan pengeluaran di saldo rekening kamu. Dengan demikian, kamu memiliki perhatian lebih tentang keberadaan uang di rekening kamu.

  • Impulsif membeli barang

    Hal lain yang membuat kamu kesulitan untuk menabung adalah sangat mudah tergiur membeli barang, bisa jadi karena sedang diskon padahal kamu tidak membutuhkannya atau kamu sangat menginginkannya dan sedang diskon besar-besaran. Saat kamu berkomitmen untuk menabung, pastikan kamu juga berkomitemen untuk menghindarkan diri kamu dari keinginan membeli barang secara impulsif. Dibutuhkan pengendalian diri yang ketat agar kamu mampu mengontrol diri dari belanja hal-hal yang tidak penting.

  • Terlalu percaya diri untuk menghabiskan uang

    Kalau kamu tidak memiliki pekerjaan yang tetap, pastikan kamu bisa mengontrol diri dalam membelanjakan uangmu. Karena jika kamu tidak memiliki proyek berjalan, maka kamu tidak memiliki pemasukan. Untuk itu, jangan terlalu percaya diri saat ingin menghabiskan uang. Lakukan dengan waswas agar kamu tetap memiliki kekhawatiran tidak memiliki uang di kemudian hari.

  • Tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik

    Pastikan kamu memiliki target yang jelas untuk menabung. Saat memiliki target yang jelas, kamu akan dengan mudah membuat perencanaan keuangan yang bisa mendukung usaha kamu untuk menabung. Catat dengan pasti arus pemasukan dan pengeluaran secara jelas. Sisihkan uang untuk menabung sejak awal menerima gaji agar tidak habis untuk dibelanjakan hal lain.