Dalam era yang serba modern ini, banyak contoh bisnis startup yang bermunculan dengan berbagai inovasi. Di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia, perkembangan startup terbilang begitu pesat. Hal ini ditandai dengan hadirnya startup yang merajai berbagai industri, baik itu industri makanan, fashion, bahkan hingga keuangan.

Lantas, apa itu bisnis startup? Diketahui, kata starup berasal dari bahasa Inggris, yang merujuk pada suatu perusahaan atau bisnis rintisan. Startup seringkali dikaitkan dengan perusahaan rintisan yang fokusnya bergerak pada bidang teknologi.

Pada artikel ini, Minpro akan menyajikan beberapa contoh bisnis starup di Indonesia yang sukses. Penasaran? Cek artikel Propertree berikut hingga akhir ya!

Contoh Bisnis Startup di Indonesia

1. Gojek

Logo Gojek

Gojek adalah aplikasi yang mengubah perkembangan dari ojek biasa menjadi layanan ojek panggilan secara daring. Bukan hanya itu, Gojek juga menyediakan fitur pesan makanan, e-wallet, hingga hiburan.

2. Tokopedia

Logo Tokopedia

E-commerce terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Dengan Tokopedia, setiap orang dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik.

3. Halodoc

Logo Halodoc

Contoh selanjutnya yaitu Halodoc. Seperti yang kita ketahui, Halodoc menyediakan layanan kesehatan berbasis daring. Termasuk konsultasi dengan dokter, pemesanan, dan pengiriman obat.

4. Blibli

Logo Blibli

Tak jauh berbeda dengan Tokopedia, Blibli juga menawarkan berbagai produk hingga layanan. Hanya dengan satu aplikasi, Propers bisa menjual berbagai produk fashion, alat elektronik, makanan, dan sebagainya.

5. Traveloka

Logo Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan teknologi pada bidang pariwisata yang menyediakan berbagai layanan. Mulai dari pemesanan tiket hotel, pesawat, hingga kereta api.

6. Ruang Guru

Logo Ruang Guru

Sesuai namanya, Ruang Guru menyediakan layanan konten pendidikan sesuai kurikulum yang berlaku mulai dari bangku SD, SMP, dan SMA.

7. Bobobox

Logo Bobobox

Contoh bisnis starup yang bergerak di bidang akomodasi dan populer di Indonesia adalah Bobobox. Uniknya, Bobobox menyewakan kamarnya berbentuk kabin.

8. Propertree

Logo Propertree

Bisnis starup berikutnya adalah Propertree. Propertree sendiri merupakan perusahaan teknologi finansial atau fintech yang melayani pendanaan proyek properti secara digital.

9. Gethome

Logo Gethome

Contoh selanjutnya yaitu Gethome. Gethome adalah sebuah platform aggregator properti yang mengedepankan ekosistem berbasis digital yang menghubungkan para pencari rumah dengan berbagai support system di bidang properti.

10. Lemonilo

Logo Lemonilo

Perusahaan yang terkenal di Indonesia dengan berbagai produk dari bahan berkualitas ini adalah Lemonilo. Menyadari mi tidak sehat, Lemonilo menghadirkan mi sehat tanpa bahan pengawet.

Jadi, setelah mengetahui pembahasan di atas, Propers sudah tahukan apa saja contoh bisnis starup yang sukses di Indonesia?

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Propers ya. Temukan artikel menarik seputar bisnis, investasi, dan informasi menarik lainnya hanya di blog Propertree!

Baca Selengkapnya: Sumbangsih Startup Digital dalam Perekonomian Indonesia

Penulis: Dhea Alvoinita