Trader adalah menjadi salah satu istilah yang sering terdengar dalam aktivitas pasar finansial. Sebelum ikut serta dalam dunia trading atau investasi, akan lebih baik memahami dahulu istilah satu ini. Sederhananya, trader merupakan istilah yang kerap dipakai untuk menyebut pelaku trading dalam instrumen khusus.

Seseorang yang melakukan suatu kegiatan jual-beli dalam pasar finansial dan bertujuan mendapatkan keuntungan. Pada beberapa waktu terakhir, investor dan juga para trader menjadi salah satu bidang pekerjaan yang cukup populer di Indonesia. Aktivitas trading atau perdagangan ini bisa dilakukan pada berbagai jenis pasar finansial sehingga trader dapat disebut sebagai seorang pedagang. Misalnya seperti pasar saham, pasar forex, maupun pasar komoditas. Profesi satu ini bisa dilakukan secara mandiri maupun bergabung dengan beberapa perusahaan investasi.

Pengertian Trader dan Tugasnya

Trader adalah seseorang dengan pengetahuan cukup dalam analisis teknikal maupun fundamental dalam dunia market finansial. Biasanya, dengan memiliki kemampuan analisa tersebut, mereka bisa memprediksi arah pergerakan pasar finansial pada masa mendatang. Selain itu, mereka juga perlu memiliki manajemen risiko cukup baik untuk menutup kerugian yang bilamana terjadi. Sebab, kegiatan trading atau perdagangan terhadap pasar finansial memiliki risiko terbilang cukup tinggi.

Untuk menjalankan aktivitas perdagangan pasar finansial, umumnya para pedagang market finansial tersebut menggunakan beragam jenis instrumen keuangan atau biasa disebut sebagai diversifikasi. Instrumen keuangan tersebut terdiri dari saham, obligasi, futures, options, emas, minyak, hingga mata uang asing. Penggunaan berbagai instrumen tersebut yang tergantung pada jenis target pasar serta strategi trading yang mereka miliki.

Selain itu, seorang mereka juga wajib mengamati berbagai faktor ekonomi global yang bisa memberikan dampak terhadap target pasar finansial mereka. Dari aktivitas trading tersebut, trader terbagi dalam beberapa kelompok menurut waktu perdagangan, antaranya harian, jangka panjang, maupun scalper. Setiap jenis tersebut memiliki ciri khas serta strategi trading berbeda-beda.

Dalam dunia perdagangan pasar finansial, para trader juga wajib mengenal istilah trading plan. Trading plan bagi seorang trader adalah seperti panduan sebelum memulai aktivitas perdagangan di pasar finansial. Trading plan tersebut berisikan apa saja dan bagaimana strategi yang akan mereka gunakan, mulai dari indikator teknikal dan fundamental sampai manajemen risikonya. Perencanaan yang baik dalam beraktivitas di pasar finansial mempunyai peranan yang sangat vital dalam membantu seorang trader saat mengambil keputusan trading secara bijak dan terukur.

Manfaat

Aktivitas perdagangan di market finansial ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan yang cukup menjanjikan. Selain itu, menjadi seorang trader juga dapat memberikan manfaat lain seperti belajar mengenai pasar finansial, mengembangkan keterampilan analitis, dan memperluas jaringan profesional.

Tidak jauh berbeda dengan kegiatan investasi, seorang trader juga memiliki cara tersendiri untuk bisa memperoleh keuntungan. Berikut beberapa manfaat jika ingin menjadi seorang trader:

  • Menghasilkan pendapatan tambahan yang signifikan melalui keputusan investasi yang tepat
  • Meningkatkan pengetahuan tentang pasar finansial dan mengembangkan keterampilan analitis yang kuat
  • Memperluas jaringan profesional dengan interaksi dengan berbagai individu di dunia trading
  • Memberikan kesempatan untuk terus belajar dan meningkatkan pemahaman tentang bagaimana pasar bekerja
  • Menawarkan fleksibilitas waktu dan lokasi dalam menjalankan bisnis trading (jika aktivitas secara online)
  • Memungkinkan untuk membuktikan kemampuan dalam mengelola risiko dan investasi yang beragam

Ternyata, untuk menjadi seorang trader adalah hal yang tidak sulit. Jika tertarik untuk memulainya perlu memahami arti investasi atau trading tersebut. Langkah yang Anda bisa lakukan dengan investasi dalam bentuk paling sederhana terlebih dahulu.

Baca selengkapnya: Lebih Profit Mana Trader atau Investor? Yuk, Kenali Perbedaannya!