Bagi para pemilik usaha, mengetahui detail perihal apa itu angel investor dan cara kerjanya dapat memudahkan menggaet mereka. Sebagaimana telah dipahami, bahwa memiliki penyuntik modal sangat berguna dalam mengembangkan bisnis, terlebih untuk pemula yang sering terkendala biaya.

Apa Itu Angel Investor?

Angel investor adalah kelompok atau individu dengan kekuatan dan stabilitas finansial tinggi sehingga dapat mengucurkan modal untuk sebuah badan usaha yang menjanjikan. Sumber dana yang dikeluarkan sendiri berasal dari kekayaan pribadi. 

Investasi yang dilakukan berfokus hanya pada bisnis-bisnis berskala UMKM dan startup pemula. Mereka bertujuan membantu mengembangkan bisnis yang masih berjuang dan kesulitan modal. Tujuan mulia itu membuat mereka mendapatkan julukan sebagai angel investor alias investor malaikat.

Macam-Macam Angel Investor

Setelah mengetahui apa itu angel investor, kini saatnya mengenal jenisnya. Investor ini bisa datang dari berbagai kalangan, siapapun yang mempunyai dana untuk dijadikan sebagai suntikan modal. Berikut adalah ragam latar belakang investor malaikat:

1. Keluarga dan Kolega

Mayoritas utama yang menjadi investor ini mempunyai hubungan dekat dengan pemilik bisnis, seperti keluarga dan kolega. Dana diberikan berdasarkan asas kepercayaan karena mengenal dekat secara pribadi.

2. Komunitas

Sekarang ini, sudah ada persatuan investor malaikat yang menaungi beberapa orang dengan tujuan penyaluran modal dapat lebih luas, tidak terbatas pada orang terdekat. Mekanisme dan aturan dalam perjanjian penyuntikan modal juga lebih jelas dan sistematis.

3. Crazy Rich atau Orang Kaya

Tidak sedikit pula orang-orang yang memiliki kekayaan berlebih kebingungan mengalokasikan harta yang dimiliki ke mana, sehingga memilih menjadi angel investor. Untung rugi tidak menjadi fokus mereka, justru tantangan untuk melihat proses pertumbuhan bisnis baru yang menjadi ketertarikan utamanya.

Tips Mendapatkan Kerja Sama dengan Angel Investor

Bagaimanapun, mendapatkan suntikan modal bukan sesuatu yang dianggap enteng, meskipun berasal dari orang-orang terdekat. Berikut beberapa tips agar berhasil menggaet pemodal malaikat untuk mengucurkan dana pada suatu bisnis:

1. Buat Business Plan yang Matang

Rancangan bisnis atau business plan menjadi tolak ukur yang menunjukkan bahwa usaha tersebut memang dirintis dan dikelola secara serius. Bukan hanya berupa kesenangan sesaat. Hal tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan investor malaikat.

2. Bentuk Persona Sebaik Mungkin

Salah satu kunci yang membuat apa itu angel investor mau menanam modal adalah persona pemilik. Karena itu, penting untuk membentuk karakter sebagai pengusaha yang gigih dan ulet. Sebab, itu berarti menunjukkan kesiapan menjalani jatuh bangun membangun dan mengelola usaha yang tentu tidak mudah.

3. Presentasikan Bisnis dengan Lugas

Menjelaskan usaha yang ada tanpa kebingungan atau kikuk menunjukkan kesiapan pemilik dalam menjalankan bisnisnya. Presentasi yang lugas membuat investor menjadi lebih paham dan tertarik untuk menanamkan modal pada usaha tersebut.

4. Bangun Koneksi Seluas Mungkin

Mempunyai relasi atau koneksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang sangat memudahkan untuk menggaet investor malaikat. Dari satu orang bisa berkenalan dengan yang lainnya, sehingga kemungkinan mendapatkan lebih banyak pemodal juga semakin tinggi.

Sudah Memahami tentang Apa itu Angel Investor?

Kesimpulannya, investor malaikat memiliki peran penting dalam mengembangkan usaha yang masih baru. Risikonya pun lebih kecil ketimbang suntikan dana dari pemodal ventura dan memiliki fleksibilitas yang lebih baik dalam segala aspek. Beberapa tips sederhana di atas juga terbukti efektif dalam menarik minat mereka!

Baca selengkapnya: Kamu Investor Pemula? Hindari Kesalahan ini!