Pada umumnya karyawan atau pekerja lepas memiliki siklus bulanan mulai dari tanggal memperoleh gaji sampai uang habis dan mendapatkan gaji lagi. Mengelola gaji di tanggal tua memang terkadang tricky. Cara mengelola keuangan setiap individu pun berbeda-beda pula, tergantung lifestyle mereka. Lalu, kenapa sih kita harus bisa mengelola gaji?

Banyak orang yang niat hati ingin berhemat, tapi apa daya banyak godaan berdatangan. Kemudian menyebabkan pemborosan dan berakhir bukan lagi karena ingin berhemat, tapi memang tidak ada uang yang bisa dibelanjakan. Jika sudah seperti itu, segala hal dilakukan untuk tetap bisa survive sampai hari gajian datang.

4 cara mengelola gaji biar gak boros

1. Membuat Alokasi Dana dari Gaji

Dari penghasilan selama sebulan kamu bisa membuat alokasi dana untuk kebutuhan dan keinginan. Setiap pengeluaran selama sebulan harus benar-benar terperinci. Kamu dapat menggunakan metode 20-80. Dari keseluruhan penghasilan sebulan, kamu dapat mengalokasikan sebesar 20% untuk menabung atau investasi, kemudian 80% untuk memenuhi kebutuhan. 

2. Menyisihkan Uang Sejak Awal

Sebelum berkeinginan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan. Wajib hukumnya untuk menyisihkan uang terlebih dahulu saat kamu gajian. Hal ini sangat berguna agar kamu tetap memiliki uang simpanan yang dapat kamu gunakan di akhir bulan.

3. Gunakan Promo dengan Bijak

Jangan mudah termakan dengan promo atau diskon yang besar agar kamu tidak termakan impulsif buying dan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Selalu prioritaskan menggunakan uang untuk pengeluaran kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu.

Selain itu, tidak masalah kamu menggunakan promo atau diskon jika kamu bisa menggunakannya dengan bijak. Kamu dapat mencari promo atau diskon yang menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan.

4. Jangan Lupa Menabung dan Berinvestasi

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menabung dan berinvestasi. 20% dari uang yang sudah kamu alokasikan itu dapat digunakan sebagai tabungan dengan berinvestasi. Namun, sebelum berinvestasi kamu perlu menentukan apa tujuan untuk berinvestasi dan mencari investasi yang tepat.

Jika terus konsisten, kamu akan terbiasa untuk terus berinvestasi dan menabung, kemudian kamu bisa mendapatkan keuntungan yang optimal dan kamu tidak akan kesusahan lagi mengelola keuangan terutama di akhir bulan. Jadi, jangan lupa sisihkan uangmu untuk berinvestasi ya!