Pergantian tahun banyak orang yang membuat resolusi atau tujuan baru yang harus tercapai. Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda. Isinya pun sangat beragam, mulai dari urusan karir, keuangan, pasangan, sampai urusan berat badan. 

Namun, banyak juga orang yang belum mencapai tujuannya pada penghujung tahun. Sehingga membuat resolusi yang sama pada awal tahun berikutnya. Sampai ada guyonan, resolusi tahun 2022 adalah mewujudkan resolusi tahun 2021, yang merupakan resolusi 2020 yang belum terlaksana.

Resolusi merupakan sebuah rancangan niat, harapan, atau tujuan yang ingin tercapai. Tapi, semua itu tidak akan pernah tercapai jika tidak ada aksi untuk mewujudkan resolusi tersebut. Pada dasarnya rencana tidak membuat perubahan karena setiap perubahan datangnya dari pergerakan atau aksi nyata.

Menurut studi dari Universitas Scranton, hanya 8% orang yang berhasil mewujudkannya. Lantas bagaimana agar resolusi 2022 bisa tercapai?

Tips Mewujudkan Resolusi

1. Menentukan Resolusi Yang Tepat

Buatlah dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). Jangan membuat berdasarkan apa yang orang lain harapkan. Susun harapan atau tujuan yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri.

2. Hindari Pengaruh buruk

Kurangi atau jauhkan segala hal yang menghambat pencapaian tujuan tersebut. Baik di lingkungan pertemanan, kerja, atau keluarga. Beranikan diri untuk menolak dan tetap fokus untuk mencapai tujuan.

3. Berikan Reward

Reward atau penghargaan dapat menjadi penyemangat dan membuat tetap fokus untuk mewujudkannya. Misalnya, jika berhasil mengumpulkan 75% dari gaji bulanan, beri hadiah untuk diri sendiri dengan melakukan atau membeli hal-hal yang disukai.

4. Membuat Planning

Sesempurna apapun rancangan tujuan yang akan dibuat, jika terjadi kendala akan sulit diubah. Sebelum itu terjadi, pastikan sudah mempunyai planning dan benar-benar membuatnya tahap demi tahap untuk menghindari kendala itu.

5. Beritahu Seseorang Tentang Resolusi Itu

Sampaikan ke satu-dua teman dekat. Kemudian, minta mereka untuk selalu memberi dukungan dan menanyai pencapaian apa yang sudah tercapai.

6. Jangan Menghukum Diri Sendiri

Ketika ada yang belum tercapai, jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Kendala apapun dapat terjadi dan menghambat. Misal, ingin selalu bangun pagi tetapi belum tercapai, kemudian menghukum diri dengan tidak tidur semalaman.

7. Memperkecil Kemungkinan Resiko Gagal

Apapun rancangan pencapaiannya pasti memiliki resiko. Minimalisir segala resiko dengan membagi secara bertahap dari pencapaian terkecil hingga terbesar, agar tidak banyak yang gagal dicapai. Misal, pencapaian terbesar adalah rumah terisi dengan peralatan yang lengkap. Hal yang bisa dilakukan adalah membeli satu per satu peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Pada dasarnya orang memang sulit untuk melakukan hal-hal baik untuk dirinya sendiri. Sebab, saat ini orang lebih menyukai kepuasan instan yang sebenarnya tidak cukup baik untuk dirinya. Membuat tujuan atau harapan baru tidak harus terpaku dengan tahun baru. Jika gagal tahun ini, coba lagi besok, lusa, atau kapanpun ingin memulai kembali. Semangat mewujudkan resolusi 2022, ya!