Orang Jepang menganggap menjadi ibu rumah tangga sebagai suatu pekerjaan. Dalam sistem keluarga di Jepang para istri mempunyai peran memasak, membersihkan rumah dan membesarkan anak-anak, sementara suami mencari penghasilan untuk keluarga.

Namun, selain mengerjakan pekerjaan rumah para ibu rumah tangga di Jepang juga bertugas mengatur sistem keuangan di rumah. Biasanya para suami akan memberikan keseluruhan gajinya kepada para istri.

Mengapa demikian? Mereka beranggapan jika tidak menyimpannya dalam rekening bank akan lebih mudah mengelola uang tersebut. Masyarakat di Jepang cenderung menerapkan pola hidup sederhana. Biasanya para ibu rumah tangga mengelola keuangan mereka dengan menggunakan metode Kakeibo.

Apa itu Kakeibo?

Kakeibo adalah sistem pengelolaan anggaran keuangan rumah tangga untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Metode ini mengunakan sistem pembukuan manual. Metode kakeibo sudah lama dikenal karena terbukti dapat membantu mengurangi pengeluaran sebesar 25 persen. Sebelum mengelola keuangan dengan metode kakeibo, ada 4 pertanyaan dasar yang harus dijawab.

  • Berapa banyak uang yang tersedia?
    Pertanyaan ini untuk memastikan berapa uang yang tersedia setiap bulan atau tahun.
  • Berapa banyak uang yang ingin disimpan?
    Kemudian, pertanyaan ini untuk menentukan berapa jumlah uang yang akan jadi tabungan.
  • Berapa banyak uang yang dibelanjakan?
    Selanjutnya, pertanyaan ini untuk menentukan berapa nominal untuk pengeluaran berbagai hal.
  • Bagaimana cara memperbaiki agar lebih baik lagi?
    Terakhir, mengevaluasi dan mengoreksi realisasi pengeluaran.

Cara Menerapkan Metode Kakeibo

1. Buat catatan di awal bulan

Langkah pertama adalah mencatat keuangan Anda untuk jangka waktu tertentu. Sebulan akan menjadi periode yang tepat untuk memulai. Anda perlu mencatat semua pengeluaran dan pendapatan tetap selama sebulan.

Pertama dengan mencatat tanggal masuknya pendapatan, berapa jumlahnya dan dari mana sumber pendapatan itu. Kemudian, menentukan pengeluaran dengan mencatat tanggal pengeluaran, berapa jumlah yang keluar dan digunakan untuk apa pengeluaran tersebut.

Untuk mempermudah dalam mencatat pengeluaran dan pendapatan ini, Anda dapat mengunduh template yang telah kami sediakan.

Metode kakeibo

2. Tentukan jumlah untuk ditabung

Setelah mencatat pengeluaran dan pendapatan tetap, kemudian dari sisa uang tersebut tentukan berapa besar nominal yang akan jadi tabungan. Untuk menentukan jumlah yang akan jadi tabungan Anda perlu mencatat berapa total pemasukan dan pengeluaran. Kemudian setelah itu Anda bisa menentukan jumlah untuk ditabung dan menentukan tujuan untuk apa tabungan itu nantinya.

Untuk mempermudah menentukan jumlah yang akan jadi tabungan, Anda dapat mengunduh template yang telah kami sediakan.

Metode kakeibo

3. Membuat kategori pengeluaran

Tahap selanjutnya adalah membuat kategori untuk pengeluaran. Caranya adalah dengan mencatat dan mengelompokkan sesuai dengan kategorinya. 

  • Needs (kebutuhan pokok) 
  • Wants (keinginan)
  • Culture (kebutuhan hiburan)
  • Unexpected (kebutuhan tidak terduga)

4. Mengkategorikan semua pengeluaran

Setelah membuat kategori pengeluaran, Kemudian, menentukan nominal untuk per kategori. Setelah itu mencatat berapa pengeluaran dari per kategori.

Untuk mempermudah dalam menentukan nominal, Anda dapat mengunduh template yang telah kami sediakan.

5. Review keuangan setiap bulan

Sekarang setelah memiliki semua catatan pengeluaran dan penghasilan, Anda perlu melakukan pengecekan kembali apakah Anda telah mencapai tujuan dan pengeluaran sesuai dengan rencana awal.

Untuk pengecekan tersebut Anda bisa mencatat kembali hal-hal yang menjadi kebutuhan, keinginan, pengeluaran tak terduga dan kebutuhan akan hiburan selama sebulan. Kemudian, Anda dapat melihat apakah tujuan pengeluaran sudah sesuai dengan rencana awal.

6. Mempertimbangkan kebiasaan belanja

Tujuan dari metode Kakeibo adalah untuk mempertimbangkan apa yang berjalan dengan benar dan apa yang salah dalam anggaran Anda selama sebulan. Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk berpikir dan meningkatkan cara-cara menabung pada bulan berikutnya.

Metode kakeibo ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga di Indonesia. Metode ini akan sangat berguna agar lebih teliti dan cermat dalam mengelolah keuangan di kehidupan sehari-hari.

Bahkan metode ini bisa merubah mindset seseorang dari impulsive buyer menjadi smart buyer. Metode ini juga bisa membantu semua orang Indonesia kedepannya untuk lebih bijak membedakan mana kebutuhan dan keinginan dalam mengelolah keuangan seperti yang orang Jepang lakukan. 

Download Template