Selain etika, ada hal yang harus seseorang perhatikan ketika menjalankan suatu bisnis yaitu prinsip etika bisnis. Untuk itu, yuk Propers simak apa saja prinsip-prinsipnya di artikel ini!

Prinsip etika bisnis adalah nilai moral yang harus dijunjung tinggi oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. 

Prinsip Etika Bisnis

Berikut adalah 10 prinsip etika bisnis para pengusaha sukses yang wajib dipatuhi oleh segala pemangku kepentingan perusahaan, yaitu:

1. Prinsip Kejujuran

Prinsip yang paling utama saat menjalankan usaha bisnis adalah kejujuran. Sebab, kejujuran merupakan salah satu hal penting untuk menggaet para konsumen.

Sehingga, dengan adanya kejujuran ini, maka konsumen akan merasa loyal dan sepenuhnya percaya pada bisnis tersebut.

2. Prinsip Loyalitas

Prinsip kedua yaitu loyalitas yang artinya kesetiaan. Dengan adanya loyalitas, suatu bisnis akan berjalan mulus tanpa adanya konflik karena bekerja sejalan dengan visi serta misi perusahaan.

Sebagai contoh, ketika bekerja kamu tidak akan sedikit pun membongkar aib perusahaan didepan orang lain, hanya karena ingin mendapat keuntungan pribadi saja.

3. Prinsip Integritas

Ketiga yakni prinsip integritas. Artinya konsisten antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Menerapkan prinsip integritas ini wajib hukumnya bagi setiap pihak agar bisa menjaga nama baik perusahaan.

4. Prinsip Keadilan

Prinsip selanjutnya adalah keadilan. Di mana dalam bisnis, semua pihak harus diperlakukan secara adil atau tidak dibeda-bedakan sesuai aturan yang ada.

Bersamaan dengan prinsip ini, suatu perusahaan dilarang keras untuk bersikap semena-mena kepada siapa pun, terlebih kepada pihak yang berkontribusi dalam operasional bisnis.

Misalnya, saat pemberian upah kerja atau gaji kepada para karyawan, gaji yang diberikan harus sesuai dengan apa yang sudah mereka kerjakan dan lakukan.

5. Prinsip Komitmen

Kemudian ada prinsip komitmen. Komitmen bukan hanya sebatas janji untuk melakukan sesuatu saja, tetapi berusaha untuk memenuhinya dan membuktikannya di masa depan.

Maka dari itu, jangan sembarangan membuat janji jika tidak bisa kalian tepati. Sebaiknya, pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

6. Prinsip Saling Menghargai

Prinsip keenam merupakan saling menghargai orang lain. Dalam hal ini, kalian perlu bersikap profesional dengan cara tidak membeda-bedakan perlakukan kepada siapa pun.

Seperti tidak membedakan agama, ras, jenis kelamin, bahkan kewarganegaraan sekali pun. Tujuannya agar menciptakan perusahaan yang inklusif bagi semua pihak.

7. Prinsip Kepedulian

Ketujuh adalah prinsip kepedulian. Seorang pebisnis harus memiliki rasa simpati yang tinggi. Dengan mengasah prinsip ini, seorang pemimpin akan lebih bijak dalam memberikan keputusan yang positif.

8. Prinsip Taat Hukum dan Aturan

Prinsip kedelapan yaitu taat terhadap hukum dan aturan yang berlaku. Aturan di sini semata-mata bukan untuk mengekang, melainkan untuk menjaga kestabilan pasar dan ekonomi.

9. Prinsip Saling Menguntungkan

Prinsip selanjutnya yaitu saling menguntungkan bagi semua pihak-pihak yang terlibat. Artinya, bisnis harus menunjukkan adanya kebermanfaatan atas segala tindakan yang sudah perusahaan lakukan.

Contohnya, produsen bisa saja diuntungkan dengan bayaran yang mereka dapat. Sedangkan pembeli juga akan mendapat keuntungan dari kualitas produk yang mereka dapatkan.

10. Prinsip Menjaga Reputasi Bisnis

Terakhir, kalian harus bisa menjaga dan melindungi reputasi bisnis yang kalian miliki. Jika prinsip ini terus dijaga dengan sangat baik, maka bisa mendatangkan konsumen dan peluang emas di masa depan lho Propers.

Oleh karena itu, jika kalian ingin menjadi pengusaha yang sukses, maka kalian harus mematuhi semua prinsip etika bisnis yang ada. Itulah 10 prinsip etika bisnis yang wajib kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Mengenal Etika Bisnis, Contoh, dan Pentingnya Bagi Usaha?

Penulis: Dhea Alvionita