Saat ini, kamu mungkin berencana untuk meningkatkan penghasilan. Salah satu opsi untuk dicoba adalah membangun passive income atau penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan tidak harus bergantung pada satu sumber penghasilan saja loh!

Masih ada sumber penghasilan lain yang tersedia. Mendapatkan penghasilan tambahan bisa membantu keuangan kamu, terutama ketika sedang mengalami krisis. Penasaran bagaimana caranya? Simak di sini!

7 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

Berikut ini kami merekomendasikan beberapa cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan untuk kamu:

1. Membuka Kursus Online

Contoh terbaik mendapatkan passive income modal kecil yang bisa kamu mulai adalah dengan membuka kursus online. Di sini, kamu tidak hanya dapat berbagi pengetahuan, tetapi juga memperoleh penghasilan dari keahlian kamu.

Kamu bisa memulai membuka kursus online melalui platform pembelajaran apa pun, seperti Zoom, Google Meet, dll. Cobalah fokus pada konten yang menarik. Nantinya, ini akan menjadi nilai tambah untuk kursus kamu.

2. Menjual Hasil Foto 

Apakah kamu memiliki hobi di dunia fotografi? Tahukah kamu bahwa foto kamu dapat menghasilkan uang? Saat ini sudah banyak platform online seperti Shutterstock, Dreamstime, dll yang menerima jual beli foto, baik amatir maupun profesional.

Foto yang diunggah ke platform kemudian dapat dibeli oleh siapa saja yang membutuhkan konten visual tambahan untuk karya mereka. Ini mungkin bisa jadi contoh pendapatan tambahan yang menguntungkan, tanpa perlu modal yang besar, bukan?

3. Afiliasi dan Referral

Di sini, yang harus kamu lakukan adalah mendaftar untuk program afiliasi dari marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Cara ini sebenarnya sangat mudah. Cukup iklankan produk dan jasa di e-commerce tersebut melalui media sosial. Semakin banyak item yang kamu jual, semakin banyak komisi yang kamu peroleh.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan pasif melalui program referral. Sederhananya, kamu perlu mengundang teman untuk menginstal dan mendaftarkan aplikasi tertentu untuk mendapatkan hadiah. Semakin banyak yang kamu undang, semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan.

4. Content Creator Sebagai Sumber Passive Income 

Cara mendapatkan penghasilan pasif selanjutnya adalah menjadi content creator. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang kamu butuhkan hanyalah perangkat gadget, akses internet, dan akun media sosial.

Kamu dapat melakukannya setelah bekerja atau di waktu luang, selama tidak mengganggu pekerjaan utama. Jika ada banyak viewers untuk konten kamu, kemungkinan kamu akan menerima endorse atau iklan, dan hal itu semakin memperbesar penghasilan kamu.

5. Menulis serta Menerbitkan Novel

Menulis novel dan menerbitkannya di platform online adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa diterapkan di tahun 2023. Tentunya, novel yang kamu buat harus baru dan menarik. Saat ini genre remaja, misteri, dan romansa masih laris manis dan banyak diminati oleh pembaca.

Kamu bisa memulai karir menulis dengan membuat serial cerita di blog dan platform penulisan populer, seperti Wattpad, Fizzo, dll. Setelah memiliki banyak pembaca, kamu bisa mulai menghasilkan uang dengan adanya fitur subscribe for read more, dll.

6. Jual Karya Secara Online

Bagi kamu yang senang membuat karya seni, sekarang adalah waktu yang tepat. Kamu dapat menjual lukisan dan karya seni kamu secara online. Menariknya, tren seni non-fungible token atau NFT saat ini sedang booming di media sosial. Kamu dapat mengenkripsi karya seni dan menjualnya dengan harga tinggi di pasar NFT.

Selain lukisan, kamu juga dapat mengunggah dan memonetisasi karya seni lain yang dapat kamu buat, seperti musik. Jika kamu rajin mengunggah dan meningkatkan kualitas, konten kamu akan laris dan bukan tidak mungkin bisa menghasilkan banyak uang.

7. Berinvestasi

Tidak punya waktu untuk bekerja sampingan, tetapi ingin memiliki penghasilan tambahan? Caranya adalah dengan menginvestasikan penghasilan kamu di platform investasi terpercaya yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income, antara lain emas, reksa dana, dan saham. Kamu bisa berinvestasi di platform investasi, seperti Bareksa, Bibit, dll.

Sudah Tahu Cara Mendapatkan Passive Income Tanpa Modal Banyak?

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa memulainya sesuai passion dan minat kamu. Tertarik untuk mencoba salah satunya?