Tabungan berjangka adalah salah satu jenis simpanan yang ditawarkan oleh bank dengan menerapkan sistem tenor atau jangka waktu. Kamu akan menabung setiap bulan dengan sistem autodebet dari rekening kamu mulai dari kelipatan seratus ribu rupiah dan total tabungan tersebut hanya bisa dapatkan jika sudah jatuh tempo. 

Sistem ini sangat memudahkan bagi kamu yang cukup boros dalam mengeluarkan uang. Kamu pun hanya perlu melakukan pengaturan di awal program dan autodebet tiap bulan akan dilakukan secara otomatis oleh pihak bank. Nanti saat akhir jatuh tempo, biasanya kamu akan menerima langsung sejumlah uang yang menjadi target tabungan kamu, langsung ke rekening tabungan kamu. Tabungan berjangka sangat cocok bagi siapapun yang ingin menabung tanpa uangnya diusik dan sangat praktis.

Keuntungan Menggunakan Tabungan Berjangka

Selain beberapa kemudahan di atas, tabungan berjangka juga kini menjadi pilihan favorit banyak orang karena memiliki banyak keuntungan. Apa saja?

1. Suku bunga lumayan tinggi

Pihak bank di Indonesia biasanya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi bagi tabungan berjangka. Bahkan suku bunga tabungan berjangka lebih tinggi dari suku bunga tabungan biasa. Mengapa demikian? Pihak bank akan menerapkan angka suku bunga tertinggi untuk jenis tabungan berjangka ini. Sehingga sambil menyelam minum air, alih-alih menabung dengan target jumlah tertentu, jumlah tabunganmu akan lebih banyak karena semakin tinggi hasilnya jika ditambah dengan suku bunga tersebut. 

Kalau kamu memiliki target tabungan dengan angka tertentu dan ingin menabung dengan praktis, kamu bisa menabung di tabungan berjangka ini. Uang yang kamu tabung tidak akan bisa diusik alias diambil sebelum jatuh tempo target tabungan kamu. Dengan suku bunga 4—5 persen setiap tahunnya, membuat kamu akan semakin tinggi mendapatkan hasil jika semakin lama menabung. 

2. Dana tabungan lebih aman

Dengan teknologi autodebet yang dipakai oleh sistem bank dalam tabungan berjangka, kamu tidak perlu lagi melakukan transfer atau setor tunai setiap bulannya. Kamu tidak akan terlupa untuk menabung, karena semua dilakukan secara otomatis. Bahkan bank di Indonesia yang terpercaya sudah menjadi peserta dari Lembaga Penjamin Simpanan sehingga dana kamu akan aman hingga nanti waktunya tabungan tersebut bisa diambil.

Kalau pun terjadi sesuatu dengan masalah keamanan uang atau perubahan ekstrem misalnya likuidasi, LPS akan menjamin uang tabungan kamu yang ada di bank aman terkendali. 

3. Mulai dari nominal kecil

Kamu bisa mulai menabung mulai dari 100.000 rupiah saja. Tabungan berjangka dilakukan benar-benar sesuai dengan target tabungan dan kemampuan menabung kamu. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Kira-kira begitu yang bisa didapatkan dari menabung tabungan berjangka. 

4. Ada fasilitas asuransi

Tabungan berjangka di bank disertai dengan fasilitas atau layanan asuransi, mulai dari asuransi jiwa, asuransi jaminan untuk meneruskan setoran, dan berbagai asuransi lainnya sesuai dengan layanan di bank yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakan asuransi tersebut, bisa juga untuk menolak menggunakannya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan perhitungan kamu yah!

5. Membuat kamu lebih disiplin

Sistem autodebet ini membuat bank memiliki kemampuan untuk menarik dana setiap bulannya dari rekening kamu. Kamu tidak akan lagi mengalami kelupaan untuk menyetorkan uang karena sudah dilakukan secara otomatis. Kamu bisa melakukan pengaturan untuk melakukan autodebet misalnya satu hari pasca tanggal gajian. Mudah bukan?