Sejak kecil, kita selalu mendapatkan ajaran oleh orang tua ataupun guru di sekolah untuk menabung. Pada dasarnya, banyak keuntungan menabung yang bisa kita dapatkan. Namun, terkadang kita sering tidak dapat menahan godaan saat memiliki uang dan lebih memilih hal lain daripada menabung.

Berdasarkan survei Indonesia millennial report, kalangan milenial Indonesia dengan rentang usia 20 hingga 35 tahun, hanya menyisihkan 10% dari pendapatannya untuk ditabung.

Diketahui, pendapatan yang mereka dapat separuhnya habis untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan hidup, pengeluaran harian, sampai beragam keinginan menjadi hambatan dalam menabung.

Memang, kebiasaan menabung memerlukan keinginan dan usaha yang kuat. Dengan mengetahui keuntungan menabung, bisa menumbuhkan semangat dalam diri seseorang untuk menerapkan kebiasaan menabung.

Lantas, apa saja sih keuntungan menabung? Simak penjelasannya di artikel ini.

Keuntungan Menabung

Sebenarnya, ada banyak keuntungan menabung yang bisa kalian dapat, yakni meliputi:

1. Keamanan Finansial

Keuntungan menabung yang paling jelas yaitu menciptakan keamanan finansial. Dengan memiliki tabungan, seseorang bisa lebih siap menghadapi berbagai peristiwa yang tidak pernah terduga.

Nantinya, tabungan bisa digunakan sebagai sumber dana untuk meminimalisir kebutuhan mendadak. Sebaliknya, ketika tidak memiliki tabungan, keuangan bisa saja terkuras kapan saja hingga memunculkan berbagai masalah finansial lainnya.

2. Kebutuhan Dana Darurat

Ada pepatah yang mengatakan “save it for rainy days” untuk mengantisipasi datangnya kebutuhan yang tidak bisa diduga-duga. Dalam keuangan yang sehat, setidaknya Anda harus memiliki dana yang memadai.

Untuk besaran jumlahnya antara 6-12 kali dari nilai pengeluaran rutin di setiap bulannya. Sehingga, jika pengeluaran rutin Anda mencapai Rp 5 juta per bulan, maka Anda harus mengusahakan memiliki dana darurat sebesar Rp 30 juta.

Dana darurat ini nantinya akan sangat berguna untuk berbagai kebutuhan yang tidak terduga, seperti pembayaran biaya rumah sakit yang tidak tercover oleh asuransi, kehilangan pekerjaan akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), perbaikan rumah atau kendaraan, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki tabungan untuk kebutuhan darurat, berbagai hal tak terduga dapat Anda minimalisir dengan baik tanpa harus meminjam uang pada orang lain maupun bank.

3. Tujuan Keuangan yang Lebih Mungkin Diwujudkan

Supaya tujuan keuangan bisa lebih mungkin untuk diwujudkan, maka Anda perlu melakukan perencanaan keuangan yang tepat dari setiap penghasilan yang didapat.

Kunci penting untuk mewujudkan kesejahteraan finansial itu sendiri adalah dengan memiliki kebiasaan keuangan yang baik dan sehat. Salah satunya adalah dengan cara menabung secara konsisten.

Tanpa adanya kebiasaan untuk mulai menabung, percayalah bahwa semua tujuan keuangan yang Anda impikan akan terasa sulit untuk dicapainya.

4. Cashflow Akan Terkelola Lebih Sehat

Cashflow atau pengelolaan arus kas yang sehat merupakan keterampilan dari finansial yang perlu setiap orang kuasai dengan baik jika ingin mewujudkan keuangan yang sejahtera.

Namun, perlu diingat pondasi cashflow yang paling utama yaitu menabung secara rutin. Sebab, ketika ada kebutuhan mendesak yang memang harus terpenuhi saat itu juga, mau tidak mau kita akan menggunakan pendapatan yang tersisa untuk menutupnya.

5. Dapat Mengatur Keuangan Sendiri

Pengertian menabung sendiri adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan untuk berbagai keperluan di masa depan yang lebih stabil dari segi finansial.=

Dengan membiasakan diri sejak kecil untuk menabung, secara tidak langsung Anda telah belajar bagaimana caranya mengatur dan mengelola uang yang Anda miliki sendiri.

6. Melatih hidup Disiplin, Hemat, dan Belajar Menghargai Uang

Selain untuk masa depan yang lebih stabil secara finansial, menabung juga telah melatih Anda untuk belajar untuk hidup disiplin, berhemat, dan lebih belajar untuk menghargai uang.

Seiring tumbuhnya rasa menghargai uang tersebut, maka Anda bisa mengelola uang dengan lebih baik. Sehingga Anda akan lebih memilih untuk menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan daripada untuk berfoya-foya.

Perlu Anda diketahui, bahwa menabung bukan hanya bisa kalian lakukan dalam bentuk uang saja, Anda juga bisa menabung dalam bentuk emas. Seperti yang kita ketahui, harga emas meningkat terus menerus.

Keuntungan Menabung Emas

Kini, menabung emas bukan hanya berbentuk fisik saja, seperti emas batangan dan emas perhiasan. Tetapi Anda bisa menabung emas secara online. Jika Anda ingin mulai menabung emas, berikut adalah beberapa keuntungan menabung emas:

1. Mudah Dicairkan dalam Bentuk Uang Tunai

Keuntungan pertama yang akan didapat dari menabung emas yaitu mudah dicairkan. Artinya, emas mudah dijual lagi dalam bentuk uang tunai saat ada kebutuhan yang mendesak.

Untuk pencairan emas perhiasan, bisa langsung datang ke toko emas. Sedangkan emas batangan berupa logam mulia, bisa digadai ke Pegadaian, Antam, hingga toko emas.

Berbeda jika mencairkan tabungan emas online, Anda bisa melakukan transaksi jual emas melalui aplikasi tempat Anda menabung secara cepat, mudah dan praktis.

2. Nilai Aset Cenderung Stabil

Keuntungan utama menabung emas adalah memiliki nilai aset yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Walaupun nilainya sedang turun, harga emas tidak akan sedrastis saham.

Hal ini lantaran adanya permintaan dan penawaran pasar yang jelas. Sehingga emas sering kali disebut sebagai investasi yang paling aman dan minim risiko.

3. Bebas Bunga

Transaksi menabung emas cenderung mengikuti hukum syariah, sehingga emas akan terbebas dari bunga. Ketika Anda hendak menjualnya, nilai emas yang kalian cairkan nilainya akan setara dengan tabungan.

Selain itu, pajak penghasilan (PPh) pasal 22 justru akan kena oleh badan usaha yang menjual emas tersebut, bukan terbebankan kepada para pembelinya.

4. Bersifat Seperti Dana Darurat

Menabung emas bisa bersifat seperti dana darurat. Dengan rutin menabung emas, maka semakin besar juga kemungkinan Anda dalam memperkuat finansial.

Lantaran nilai aset dari emas yang cenderung stabil dan kemudahannya untuk mencarinya dalam bentuk uang tunai, Anda bisa dengan mudah membuat tabungan emas sebagai salah satu sumber darurat.

5. Hanya Perlu Modal Kecil

Jika hendak membeli emas fisik seberat satu gram, setidaknya kalian harus menyiapkan uang sekitar Rp 900.000. Namun kini, menabung emas bisa kalian lakukan hanya dengan modal Rp 100 untuk emas 0,0001 gram dan Rp 5.000 untuk menabung emas secara online.

Baca Selengkapnya: 5 Keuntungan Tabungan Berjangka, Cocok Buat Kamu yang Boros!

Penulis: Dhea Alvionita