Ada berbagai macam jenis investasi yang perlu kamu ketahui lebih dalam sebelum memutuskan untuk menaruh uangmu di sana, salah satunya adalah investasi crowfunding. Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya kamu perlu mengetahui risiko dan keuntungan investasi crowdfunding agar lebih bijaksana dalam menggunakan uangmu. 

Investasi crowdfunding sendiri adalah salah satu jenis investasi berupa pengumpulan uang melalui individu-individu (urun dana) pada sebuah proyek atau usaha. Kalau dulu, pebisnis perlu mengajukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan modal, kini pebisnis dapat mempresentasikan bisnisnya pada sebuah platform. Siapapun yang tertarik pada proyek tersebut, akan ikut serta membiayai modal bisnis itu dengan imbal balik berupa margin keuntungan. 

Keuntungan Investasi Crowdfunding

  • Aman

    Saat ini sudah ada jaminan keamanan dari Crowdfunding oleh pemerintah Indonesia. Untuk lebih meyakinkan kamu sebelum memulai investasi, pastikan kamu telah mengecek kalau platform tersebut diawasi dan memiliki izin penyelenggaraan oleh OJK. Pemilik bisnis tidak dapat dengan mudah membawa lari uangmu karena telah memiliki dasar hukum sehingga mengurangi potensi kerugian.

  • Peluang diversifikasi investasi

    Saat kamu membuka platform investasi crowdfunding, kamu akan menemukan begitu banyak jenis bisnis yang bisa kamu biayai. Ingat ya prinsip dalam investasi, jangan masukkan telur ke dalam satu keranjang yang sama.
    Dengan banyaknya bisnis yang terdaftar dan terverifikasi oleh platform, kamu dapat memilih lebih dari satu investasi yang kamu anggap terbaik. Kamu bisa memilih berbagai investasi di berbagai bidang, mulai dari properti, agrikultur, dll. Pastikan kamu sudah membaca proposal bisnis dari masing-masing proyek ya!

  • Membuka kesempatan kerja lebih besar

    Dengan ikut membiayai proyek di investasi crowdfunding, kamu ikut serta membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang ikut terlibat dalam bisnis yang kamu biayai. Semakin banyak kamu berkontribusi dalam platform ini, tidak hanya menguntungkan kamu secara finansial, tetapi juga secara moral karena kamu ikut serta dalam upaya membantu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Risiko investasi Crowdfunding

  • Penipuan

    Sebaik apapun keamanan transaksi pada platform online, kamu tetap memiliki risiko penyalahgunaan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Data milikmu yang ada di internet dapat disalahgunakan dan digunakan sebagai upaya penipuan oleh oknum-oknum tertentu.
    Oleh karena itu, sebelum transaksi pada platform crowdfunding, pastikan kamu telah membekali diri dengan informasi mengenai keamanan cyber yah!

  • Risiko gagal besar

    Sama seperti bisnis lainnya, tidak semua proyek atau bisnis yang sedang berjalan di platform crowdfunding akan berhasil. Kemungkinan proyek tersebut gagal pun besar mengingat keberhasilan suatu bisnis tidak dapat terprediksi melalui pendanaan modalnya.
    Untuk itu, sebelum mengalokasikan uangmu pada proyek tertentu, pastikan kamu sudah mempelajari proposal bisnis mereka dengan saksama ya!

Semoga keuntungan dan risiko investasi crowdfunding di atas mampu menjadi pertimbangan kamu sebelum menentukan jenis investasi yang akan kamu seriusi ya!

Baca selengkapnya: Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding