Hendak melakukan investasi tetapi bingung memilih jenis investasi apa yang paling menjanjikan di tahun 2024? Tenang, bisnis properti adalah solusi yang dapat Propers pilih.

Memilih bisnis properti sebagai investasi merupakan jawaban yang tepat. Sebab, bisnis ini dinilai cocok untuk dijadikan sebagai persiapan dana di masa depan, karena properti memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya.

Artikel berikut akan mengupas detail mengenai apa itu pengertian, tipe, kelebihan, hingga manfaat yang ada jika memulai salah satu jenis bisnis ini. Yuk cari tahu selengkapnya bersama!

Definisi Bisnis Properti

Untuk definisinya sendiri, bisnis properti adalah suatu kegiatan usaha yang dapat dilakukan secara individu atau perusahaan yang bergerak mengelola aset berupa tanah dan bangunan.

Asetnya pun bisa dalam berbagai macam bentuk, seperti rumah, apartemen, gedung perkantoran, ruko, hotel, kos, mall, dan lainnya. Berbagai macam bangunan tersebut dapat ditinggali atau hanya untuk melakukan kegiatan usaha.

Apalagi kini bisnis tersebut akan semakin mudah diakses oleh siapa saja. Ditambah dengan hadirnya teknologi yang semakin berkembang, Propers juga bisa memulai bisnis ini secara online melalui website maupun aplikasi.

Tipe Bisnis Properti

Pada umumnya, ada dua tipe bisnis properti yang wajib Propers ketahui supaya tidak keliru, di bawah ini pemaparannya.

1. Tempat Tinggal atau Hunian

Tempat tinggal atau hunian adalah sebuah bangunan yang khusus untuk tempat tingga yang bisa bersifat permanen maupun sewa.

Adapun untuk contoh bisnisnya sendiri yaitu rumah, hotel, kos, apartemen, dan lain sebagainya.

2. Tempat Membuka Usaha

Tempat usaha adalah bangunan yang tujuan utamanya untuk menjalankan usaha tertentu.

Sedangkan contoh tipe bisnis dalam bidang properti yang sering dijumpai yaitu ruko atau rumah toko dan bangunan tertentu yang secara khusus hanya dibangun untuk melakukan kegiatan usaha.

Kelebihan Bisnis Properti

Terdapat beberapa kelebihan dari bisnis properti yang bisa Propers peroleh, yaitu:

1. Tidak Terpengaruh Inflasi

Kelebihan pertama yaitu memiliki risiko yang rendah karena tidak terpengaruh akibat terjadinya inflasi. Inflasi sendiri artinya adalah meningkatnya nilai secara drastis serta adanya daya beli masyarakat yang mengurang.

Oleh karena itu, dengan berinvestasi pada properti, maka nilai uang yang Propers miliki akan tetap terjaga dengan baik.

2. Harganya Mengalami Kenaikan Setiap Tahun

Kedua, harga jual properti semakin tinggi. Apalagi belakangan dari tahun ke tahun, harga tanah dan bangunan terus mengalami peningkatan akibat tingginya permintaan.

Akan tetapi, meningkatnya hal tersebut juga membuat area layak huni kian menipis. Sehingga inilah yang menyebabkan harga properti cenderung meningkat tiap tahunnya. 

3. Harga Jual yang Tinggi di Lokasi Strategis

Kelebihan terakhir yaitu memiliki harga jual yang tinggi di lokasi strategis. Adapun lokasi strategis ini seperti bangunan yang berada dekat dengan fasilitas pendidikan, kesehatan, bahkan hiburan.

Kendati begitu, semakin dekat dan lengkap dengan beragam tempat, maka membuat nilai dan kualitas properti tersebut menjadi lebih tinggi.

Manfaat Bisnis Properti

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, properti merupakan jenis investasi yang kebal akan terjadinya inflasi. Sebab, properti memiliki harga progresif yang naik setiap tahunnya.

Hal inilah yang kemudian membuat orang ingin menyewakan properti dalam rentang waktu panjang atau pendek. Sehingga, tak heran jika banyak orang bisa mendapat penghasilan pasif yang tetap.

Di sisi lain, properti juga dapat seseorang gunakan sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman ke bank. Pasalnya, properti adalah satu-satunya agunan yang paling pihak bank pertimbangkan sebelum pinjaman tersebut di sahkan.

Itulah informasi tentang bisnis properti yang cocok untuk pemula, mulai dari pengertian, hingga manfaat melakukannya. Maka dari itu, yuk mulai berinvestasi properti lewat Propertree.

Propers akan menerima imbal hasil hingga 20% per tahunnya hanya dengan bermodal Rp100.000 saja lho. Tunggu apa lagi? Segera wujudkan kemerdekaan finansial di masa depan!

Baca Selengkapnya: Yuk,Kenali Investasi Properti! Pengertian, Contoh, dan Caranya

Penulis: Dhea Alvionita