Saat kamu memutuskan untuk terjun dalam sebuah bisnis properti, tentunya kamu harus memahami apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang harus dilakukan agar bisnis ini berjalan dengan lancar dan menguntungkan. Maka dari itu kamu harus paham mengenai nilai properti.

Seiring berjalannya waktu, nilai properti dapat mengalami kenaikan dan penurunan. Beberapa faktor tentunya mempengaruhi kenaikan dan penurunan itu, berikut merupakan faktor yang mempengaruhi nilai properti.

1. Lokasi Mempengaruhi Nilai

Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah lokasi. Semakin strategis lokasinya, maka akan membuatnya jadi semakin meningkat. Lokasi yang berada di pusat kota tentunya bernilai lebih tinggi dibanding dengan yang berada di pinggiran kota.  Lokasi yang strategis biasanya dekat dengan berbagai tempat seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

2. Model dan Usia Bangunan

Bangunan baru dengan model kekinian biasanya lebih menarik dan banyak orang yang menyukainnya daripada bangunan dengan model lama. Hal ini berkaitan dengan model dan usia bangunan. Semakin tua usia bangunan, maka peminat properti akan semakin sedikit sehingga mempengaruhi nilainya.

3. Bentuk Tanah

Bentuk tanah yang tidak simetris atau proporsional juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nilai properti. Sebagian orang tidak menyukai tanah yang berbentuk trapesium (lebar depan daripada belakang).

4. Trend Kenaikan Harga Di Sekitar Area Properti

Jika dalam suatu wilayah tertentu, harga properti cenderung naik, maka harga properti lainnya yang ada di wilayah tersebut ikutan naik. Adapun faktor yang mempengaruhi, bisa karena tempat strategis ataupun fasilitas mewah yang menjadi area bisnis.

Nah, itulah faktor yang mempengaruhi nilai properti yang wajib kamu ketahui agar tidak salah langkah dan merugikan banyak pihak. Semoga di atas bermanfaat ya!

Baca Selengkapnya: Bisnis Properti Adalah Investasi yang Cocok Untuk Pemula!