Saat ini, investasi properti syariah mempunyai banyak peminat. Selain mampu memberikan keuntungan besar, investasi tersebut juga menjadi pemasukan pasif atau passive income yang menjanjikan.

Akan tetapi, kamu mesti memahami apa saja yang mesti kamu pertimbangkan saat ingin menjalankan investasi ini. Berikut informasi selengkapnya.

Tips Investasi Properti Syariah yang Menguntungkan

Bagi yang berencana untuk berinvestasi, berikut beberapa tips penting untuk kamu:

1. Persiapkan Modal

Tips pertama ketika ingin investasi properti syariah yaitu mempunyai modal yang cukup. Memang risiko investasi ini cenderung kecil, akan tetapi bukan berarti kamu tidak memerlukan dana untuk mendapatkan atau pembelian awal properti tersebut. 

Minimal modal yang harus kamu siapkan adalah untuk uang muka dan cicilan awal pembelian properti.

2. Survei Lokasi dan Cek Harga

Kamu tentu sudah tahu bahwa lokasi sangat menentukan harga beli dan jual sebuah properti. Itu artinya, lokasi tersebut juga menentukan berapa banyak keuntungan yang kamu peroleh. Terdapat beberapa pertimbangan saat memilih lokasi.

Misalnya lokasi yang tak jauh dari transportasi publik dan fasilitas umum. Agar tidak salah dalam menentukan lokasi, akan lebih baik kamu melakukan survei terlebih dahulu. Ajak orang berpengalaman jika perlu dan ketika sudah cocok, baru mulai mendiskusikan seputar harga.

3. Cek Harga Pasar

Meskipun kamu sudah cocok dengan lokasi dan harganya, namun jangan buru-buru membeli properti tersebut. Tips investasi properti syariah yang tidak boleh kamu abaikan yaitu mengecek harga pasar.

Kamu bandingkan apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan harga yang beredar. Untuk mengecek harga di pasar cukup mudah, kamu bisa melakukannya secara online maupun melakukan riset langsung, sehingga kamu memperoleh harga terbaik sebelum memutuskan berinvestasi.

4. Mengecek Legalitas Dokumen serta Riwayat Pengembang

Ketika sudah menentukan lokasi dan harganya sesuai, masih ada tips lain untuk kamu perhatikan. Di sini kamu perlu mengecek legalitas dokumen kepemilikan properti yang bersangkutan. Contohnya AJB (Akta Jual Beli), SHM (Sertifikat Hak Milik), dan sebagainya.

Kamu juga perlu memastikan jika proyek properti tersebut sudah mengantongi izin. Misalnya izin pembangunan dan izin peruntukan tanah. Tujuannya agar kamu tidak terjebak dan terjerat sengketa maupun mengalami risiko lain yang berdampak dicabutnya izin pengembangan.

Kemudian, kamu juga harus melihat track record dari pengembang properti. Kamu harus memastikan sekaligus yakin, jika kamu telah memilih pengembang kredibel dan berpengalaman, sehingga berinvestasi pun nyaman, karena merasa aman.

5. Cara Investasi Properti Syariah, Hindari Faktor Gharar

Tips Investasi Properti Syariah, Tepat dan Untung
Tips Investasi Properti Syariah, Tepat dan Untung

Tips lain yang juga sangat penting saat berinvestasi properti syariah yaitu menghindari faktor gharar. Gharar adalah jual-beli barang yang wujudnya tidak ada atau tidak ada ketika barang dibeli.

Kasus ini biasanya terjadi terhadap produk properti yang sifatnya inden. Maksudnya, waktu pembangunan rumah belum pasti, namun uang cicilan segera dilunasi. Dalam berinvestasi secara syariah, kamu harus menghindari hal tersebut.

Kamu bisa bertanya kepada pengembang tentang sistem yang ada. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan apakah transaksi yang berlangsung terindikasi gharar atau tidak.

6. Memilih Tenor Sesuai Kemampuan Finansial

Jika kamu sudah yakin untuk mengambil KPR, maka sebaiknya tentukan tenor yang tidak memberatkan kamu. Pertimbangkan tenor yang pembayarannya bisa kamu sanggupi secara rutin.

Apalagi cicilan tersebut berlangsung dalam 5 sampai 10 tahun. Jangan sampai finansial kamu terganggu ketika sudah berinvestasi. Padahal, tujuan kamu investasi adalah memperkuat finansial kamu dari keuntungan yang kamu dapatkan.

7. Siapkan Dana Tambahan

Tips investasi properti syariah yang terakhir adalah menyiapkan dana tambahan. Terkadang, ada biaya yang di luar perkiraan kamu. Misalnya biaya untuk notaris, biaya asuransi, dan pajak. Biaya-biaya tersebut nominalnya tidak sedikit, sehingga kamu harus menyiapkannya jauh-jauh hari.

Ketika ada dana tambahan, kamu sudah tidak perlu berpikir mencari dana lain. Sudah ada dana yang kamu siapkan untuk membayar kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Sudah Paham Tips Investasi Properti Syariah?

Sekian informasi tentang cara yang tepat saat ingin berinvestasi properti syariah. Pastikan bisnis yang kamu jalankan bukan hanya sekadar mencari keuntungan, melainkan mencari Ridha-Nya. Semoga bermanfaat.