Dana darurat merupakan simpanan uang yang bisa digunakan untuk menutup pengeluaran dalam periode tertentu. Umumnya, dana darurat ini bisa digunakan tanpa harus berhutang pada saat terjadi krisis keuangan. Namun, tahukah Anda berapakah dana darurat ideal itu?

Apa Itu Dana Darurat?

Dana darurat merupakan sejumlah uang yang sudah disiapkan untuk mengantisipasi situasi darurat. Seperti halnya kecelakaan, sakit, hingga terkena PHK. Dana darurat ini wajib untuk Anda prioritaskan dan sisihkan setiap bulannya.

Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Maka, kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga tetap bisa terpenuhi, tanpa harus berhutang. Mengingat dana ini untuk kebutuhan mendesak, maka sebaiknya uang tersebut tidak Anda gunakan kecuali dalam situasi yang genting.

Berapa Nilai Dana Darurat Ideal?

Sebenarnya, nilai dari dana mendesak yang ideal ini akan sangat bergantung pada jumlah kebutuhan bulanan yang Anda keluarkan. Untuk nominal dari dana darurat sendiri bisa ditentukan dari status dan jumlah tanggungan yang masuk dalam anggaran keuangan Anda. Jadi, berapa dana darurat yang ideal? Berikut uraiannya:

1. Status Lajang Tanpa Tanggungan

Jika masih lajang serta tidak mempunyai tanggungan. Maka, perhitungan dana darurat yang harus Anda sisihkan idealnya adalah enam kali lipat dari total pengeluaran bulanan Anda.

Jadi, apabila pengeluaran bulanan Anda adalah Rp2.000.000,00, maka dana darurat yang harus Anda sisihkan adalah sebesar Rp12.000.000,00. Dikarenakan nilainya yang cukup besar, maka Anda bisa mengumpulkan dananya secara perlahan.

2. Status Menikah Tanpa Anak

Bagi Anda yang berstatus menikah, namun belum memiliki anak. Maka, dana darurat yang harus Anda sisihkan adalah sembilan kali lipat dari total pengeluaran bulanan Anda.  Jadi, misalnya total pengeluaran bulanan Anda adalah Rp3.000.000,00, maka jumlah dana darurat ideal untuk Anda adalah sebesar Rp27.000.000,00.

3. Status Menikah dan Memiliki Anak

Bagi Anda yang sudah menikah dan memiliki anak, maka dana darurat yang harus Anda sisihkan adalah 12 kali lipat dari pengeluaran bulanan Anda. Misalnya adalah ketika pengeluaran bulanan Anda adalah Rp5.000.000,00, maka dana darurat yang harus Anda sisihkan setidaknya adalah Rp60.000.000,00.

Intinya, semakin banyak tanggungan Anda, maka nilai dari dana darurat pun akan bertambah. Karena itu, ada baiknya jika Anda menyesuaikan besaran dana darurat ini secara bijak.

Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat ini sangatlah penting untuk dipersiapkan. Tujuannya adalah agar Anda tetap merasa aman meskipun kondisi sedang sulit akibat krisis yang berkepanjangan. Berikut cara mempersiapkan dana darurat yang baik dan benar:

1. Lakukan Financial Check Up

Mempersiapkan dana mendesak yang ideal tentu bukan hal yang mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah financial check up atau mengecek kondisi keuangan Anda. Mulai dari besaran penghasilan, pengeluaran, cicilan utang, asuransi, dan tagihan.

Hasil dari financial check up ini akan memberikan gambaran mengenai seberapa sehat keuangan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam melihat kemampuan untuk membuat rencana keuangan sekaligus mempersiapkan dana daruratnya.

2. Rencana Bertahap

Setelah Anda mengetahui berapa jumlah dana darurat yang ideal. Maka, Anda bisa mulai mengumpulkan dana darurat secara bertahap. Jadi, jika ada pemasukan ekstra, Anda bisa mengalokasikannya untuk dana darurat tersebut.

3. Pisahkan Rekening

Rekening yang Anda gunakan untuk dana darurat sebaiknya yang mudah diakses. Jadi, Anda bisa memanfaatkan tabungan biasa, reksa dana, deposito, hingga logam mulia.  Namun, sebelum memilih instrumen yang akan Anda gunakan untuk mengalokasikan dana darurat ini, sebaiknya cermati besaran dana yang harus Anda bagi pada masing-masing instrumen tersebut.

Sebaiknya, rekening dari dana darurat tidak dicampur dengan rekening belanja. Tujuannya adalah agar dana darurat yang Anda miliki tidak terganggu dengan kebutuhan lain yang tidak begitu mendesak.

Sudahkah Anda Mempersiapkan Dana Darurat?

Itulah hal-hal penting mengenai pengertian, besaran nilai dana darurat ideal,  hingga tips mempersiapkan dana darurat yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu!

Baca selengkapnya: Siapkan Dana Darurat Biar Gak Kena Rainy Day