Di zaman seperti saat ini, siapa pun akan sangat mudah terjerat utang, entah itu berbentuk kartu kredit, pay later, dan berbagai macam pinjaman online yang saat ini merajalela. Semua bentuk utang ini adalah salah satu kemudahan finansial yang ditawarkan oleh berbagai macam pihak agar saat menjadi konsumen, pembayaran yang dilakukan tidak terlalu besar. 

Sayangnya, banyak orang yang menyalahgunakan fasilitas ini sehingga banyak orang yang justru terjerat utang yang banyak dari berbagai macam aplikasi dan pinjaman online. Apakah kamu salah satunya? Jika kamu ingin segera bebas dari utang-utang tersebut dan ingin cepat melunasi utang-utang yang ada, yuk simak 5 cara cepat bebas utang anti pusing berikut ini!

  1. Kurangi pengeluaran

    Apabila kamu tidak memiliki tambahan penghasilan selain dari penghasilan yang sudah ada, salah satu cara yang bisa dipakai untuk cepat bebas utang adalah dengan menghemat anggaran belanja.

  2. Buat anggaran

    Pastikan kamu menghitung semua anggaran, baik yang masuk ataupun yang keluar. Neraca anggaran kamu harus seimbang agar tidak lagi terlilit utang. Untuk cepat bebas utang, pastikan memasukkan anggaran pelunasan utang pada anggaran keluar kamu yah.

  3. Cari pekerjaan sampingan

    Kalau kamu memang tidak memiliki penghasilan lainnya, ada baiknya jika kamu mulai mencari pekerjaan sampingan sehingga bisa mendapatkan pemasukan anggaran. Pemasukan baru inilah yang bisa menjadi cara cepat bebas utang yang bisa kamu lakukan. Pekerjaan sampingan ini banyak loh di sekitar kita, apalagi yang berbasis online, mulai menjadi editor, content writer, design grafis, dll.

  4. Bayar melebihi jumlah minimum utang

    Setelah memiliki pekerjaan sampingan atau pemasukan lain, kamu bisa mulai membayar utang dengan membayar melebihi jumlah minimum utang-utangmu. Dengan pembayaran yang melebihi minimum, utangmu akan lebih cepat lunas loh!

  5. Terapkan manajemen utang

    Jika kamu masih kesulitan untuk melunasi segala utang-utangmu, ada baiknya kamu mendatangi bank tempat kamu mengajukan utang dan berkonsultasi dengan mereka. Dengan manajemen utang ini, kamu bisa melunasi utang tanpa uang loh.

Setelah kamu menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa dengan cepat bebas dari utang-utangmu. Namun, perlu kesadaran diri yang besar untuk melunasi dan mengelola keuangan agar terhindar dari penumpukan utang. Jika kamu memiliki kesempatan untuk berutang, pakailah kesempatan tersebut dengan bijak yah!