Dalam kehidupan, asuransi memiliki peran yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup. Bukan hanya memberikan perlindungan kekayaan saja, tetapi juga dapat menjaga kesejahteraan di masa depan.

Meski memiliki peranan yang penting, berdasarkan data yang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) keluarkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memilikinya lho.

Sementara menurut data pada tahun 2019, tingkat kepemilikan asuransi di Indonesia hanya 2,81%. Kemudian angka ini meningkat menjadi 2,92% pada 2020 dan 3,11% pada bulan Juni 2021.

Ketika ditelusuri, kondisi ini terjadi karena ketidakpastian masyarakat saat hendak membeli polis, proses mengklaim, hingga memilih jenis apa yang menjadi pilihan.

Supaya tidak bingung lagi, khususnya bagi pemula, yuk simak penjelasannya hingga akhir. Sebab, artikel ini akan membahas pengetian asuransi, manfaat, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Asuransi

Asuransi atau bisa disebut penanggungan adalah perjanjian antara pihak perusahaan sebagai penanggung jawab dan nasabah sebagai pihak yang menanggung. Dalam hal ini, penanggung akan memberikan pertanggungan saat terjadi sesuatu yang menimpa pihak tergantung sesuai perjanjian yang sudah perusahaan dan konsumen sepakati.

Sederhananya, perusahaan tersebut akan memberikan penggantian kepada nasabahnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan nasabah, harus melaksanakan kewajibannya untuk membayar iuran sesuai kesepakatan diawal.

Manfaat Asuransi

Selain memberi manfaat untuk keberlangsungan hidup, penanggungan juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Perlindungan finansial dari berbagai risiko yang tiba-tiba,
  • Melindungi kesehatan fisik dan mental,
  • Perlindungan jiwa,
  • Perlindungan pendidikan, dan
  • Persiapan pensiun.

Jenis-Jenis Asuransi Masa Depan yang Cocok Dipilih

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, dan manfaatnya, berikut merupakan jenis-jenis penaggungan masa depan yang cocok Propers pilih untuk persiapan sejak dini yaitu:

1. Asuransi Jiwa

Life insurance atau asuransi jiwa adalah salah satu jenis penanggungan yang sangat direkomendasikan bagi setiap orang. Penanggungan ini akan memberikan manfaat finansial ketika kematian tiba, mendadak sakit hingga mengalami cacat total karena kecelakaan maupun penyakit.

Akan tetapi, sebelum memilihnya pastikan Propers sudah memahami sistem serta metode pembayaran yang disediakan oleh pihak penanggungan.

Ada jasa penyedia yang memberlakukan pembayaran setelah kematian. Bahkan ada juga yang memperbolehkan pemegang polis untuk mengambil dananya sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Health insurance atau asuransi kesehatan bisa Propers pilih untuk menangani masalah terkait kesehatan. Dengan adanya penaggungan ini, maka finansial yang dimiliki akan terlindungi dari berbagai biaya.

Pada umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh jenis ini meliputi cacat, sakit, dan kematian sekalipun. Sehingga hal ini sangat menguntungkan untuk masa depan.

3. Asuransi Pendidikan

Untuk melindungi masa depan anak, tak ada salahnya untuk mempersiapkan dana pendididkan sejak dini. Pasalnya, penanggungan pendidikan akan memberikan proteksi biaya pendidikan anak bila orang tua mendadak sakit hingga cacat total bahkan hingga meninggal dunia.

Sedangkan pengertian jenis ini sendiri adalah penggabungan anatar penanggungan jiwa dengan investasi, yang mana keuntungan akan perusahaan berikan sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

4. Asuransi Investasi

Sesuai namanya, penanggungan ini akan memberikan proteksi dan nilai tunai yang berasal dari para pengembang dana investasi sesuai dengan pilihan investasi yang ada.

Dengan demikian, total premi yang pemegang polis setorkan nantinya sebagian akan teralokasikan untuk biaya proteksi dan sebagian yang lainnya untuk investasi.

5. Asuransi Kendaraan

Bukan hanya keuangan dan jiwa saja, kendaraan juga bisa Propers dilakukan penanggungan ketika hal yang tidak diinginkan menerjang, mulai dari kehilangan sampai mengalami kerusakan.

6. Asuransi Kecelakaan

Jenis berikut ini seringkali teranggap sepele. Sebab, banyak masyarakat yang menganggap bahwa perusahaan tempat mereka bekerja telah memberikan perlindungan saat terjadi kecelakaan kerja.

Maka dari itu, perhatikan kembali apakah pekerjaan Propers rawan risiko kecelakaan atau tidak. Jika iya, maka sebaiknya persiapkan jenis penanggungan yang sangat vital ini.

7. Asuransi Korporasi

Meskipun terdengar cukup asing, asuransi korporasi adalah jenis yang tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada karyawan dalam suatu perusahaan.

Lantaran tujuannya untuk melindungi karyawan korporasi atau perusahaan, maka seluruh peserta yang memegang polis hanya dapat bergabung ketika masih menjadi karyawan di perusahaan tersebut saja.

8. Asuransi Hari Tua

Jenis yang terakhir adalah asuransi hari tua. Sama dengan namanya, penaggungan ini akan memberikan perlindungan kepada pemegang polis ketika sudah pensiun atau lanjut usia.

Dengan mendaftarkan penanggungan ini sedini mungkin, maka Propers dapat terbantu dalam hal mempersiapkan dana pensiun untuk di hari tua nanti.

Baca Selengkapnya: Asuransi Properti: Manfaat dan Tips Memilih

Penulis: Dhea Alvionita