Kalau kamu merasa banyak pekerjaan, menumpuk, dan tidak kunjung selesai, ada baiknya kamu segera mengevaluasi cara kerja kamu selama ini. Kamu membutuhkan cara kerja cerdas yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitas kamu. 

Kerja cerdas yang efektif dan efisien tidak hanya akan meningkatkan produktivitas kamu, tetapi juga mampu menaikkan nilai diri kamu. Kamu akan semakin menghargai waktu dan mampu melakukan pekerjaan sebaik-baiknya tanpa membuang-buang waktu. Kamu juga akan memiliki waktu lebih banyak untuk diri sendiri dan mengapresiasi diri. Hal yang mungkin tidak bisa lakukan sebelum menerapkan kerja cerdas. 

Cara Kerja Cerdas dengan Efektif dan Efisien

1. Perbaiki komunikasi

Saat melakukan pekerjaan, baik di kantor atau organisasi, biasanya kita kan terjun bersama tim. Untuk bisa bekerja lebih efektif dan efisien, pastikan kamu melakukan kerja cerdas disertai dengan komunikasi yang baik bersama dengan tim kamu. Kamu bisa mulai dengan rapat sebelum mengerjakan proyek untuk memastikan tugas masing-masing dan lakukan evaluasi setelah proyek berakhir.

2. Buat perencanaan kegiatan

Pastikan kamu sudah memiliki rencana kegiatan harian. Minimal kamu sudah memiliki rencana pekerjaan yang akan dilakukan esok hari. Hal ini akan membuat pekerjaan kamu semakin fokus sehingga hasilnya lebih efektif dan efisien. Agar tidak bosan mengulang rutinitas harian, masukkan satu agenda yang cukup menantang setiap harinya. 

3. Buat skala prioritas

Saat menyusun perencanaan kegiatan harian, pastikan kamu membuatnya sesuai dengan skala prioritas. Mulailah dari yang paling penting terlebih dahulu. Pastikan kamu melakukan pekerjaan mulai dari yang memiliki dampak lebih besar bagi kehidupan kamu. Jangan berkutat pada kegiatan remeh temeh yang hanya akan mengganggu kerja cerdas kamu.

4. Gunakan jadwal yang detail dan spesifik

Saat menyusun perencanaan kegiatan yang disertai dengan prioritas, pastikan kamu membuatnya secara detail, seperti dilengkapi dengan waktu pelaksanaan, dengan siapa berlangsungnya kegiatan tersebut, apa target kegiatan tersebut. Dengan jadwal yang detail dan spesifik, kamu bisa mengalokasikan dirimu untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. 

5. Istirahatkan diri

Jangan bangga jika terlalu sering lembur. Kerja terlalu berat justru akan membebani kemampuan fisik kamu sehingga produktivitas kamu akan menurun. Istirahatkan dirimu secukupnya agar bisa mengoptimalkan kinerja kamu. Kerja cerdas bukan berarti kerja tanpa henti, melainkan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan diri.

6. Stop kebiasaan buruk

Agar tidak terlalu banyak distraksi, ada baiknya untuk kamu menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang bisa menghambat kerja cerdas yang biasa kamu lakukan. Misalnya saja hentikan kebiasaan scrolling media sosial saat bekerja. Selain mengalihkan fokusmu, kebiasaan tersebut akan menurunkan performa kerja kamu.

7. Nikmati segala proses

Kalau kamu menikmati segala proses dalam pekerjaanmu, menganggap semua kendala sebagai tantangan, ini akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Kalau pekerjaan kamu bukanlah passion kamu, lakukan pekerjaan dengan cara kamu sendiri yang lebih menyenangkan. Tantang dirimu untuk melakukan hal tersebut sebagai upaya mempelajari hal baru. 

Mana kerja cerdas favorit kamu?