Di zaman yang serba instan, penuh dengan kemudahan dari kemajuan teknologi, kita jadi semakin malas mengerjakan sesuatu dan mulai menunda-nundanya. Sayangnya kebiasaan tersebut justru membawa kita pada kegiatan yang tidak produktif. Alih-alih waktu yang ada bisa digunakan untuk hal-hal yang baik, justru waktu-waktu tersebut habis untuk bermalas-malasan. 

Ada banyak kegiatan-kegiatan yang tidak relevan dalam hidup kita sehingga membuat diri kita tidak produktif lagi. Untuk itu, kita harus membuat kebiasaan baik yang bisa membentuk hidup kita agar lebih produktif dan bermakna. Berbagai kebiasaan baik tersebut pun tidak terlalu sulit, hanya diperlukan komitmen agar bisa dijalankan dengan baik. 

5 Kebiasaan untuk Hidup Produktif

1. Lakukan rutinitas pagi hari

Untuk membangun mood yang bagus di pagi hari, biasakan untuk memiliki rutinitas. Dengan melakukan rutinitas di pagi hari, kamu akan lebih antusias untuk melakukan aktivitas selanjutnya seharian. Kamu juga akan lebih fokus untuk menjalankan to do list-mu. Kamu bisa mulai dengan melakukan olahraga selama tiga puluh menit, meditasi, lalu sarapan makanan sehat.

2. Jangan lakukan multitasking

Pastikan saat kamu melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang penuh, kamu melakukan kegiatan tersebut dengan baik tanpa melakukan kegiatan lainnya sehingga hasilnya lebih optimal. 

Banyak orang mengira kalau melakukan segalanya dalam satu waktu menandai kegiatan tersebut adalah produktif, sayangnya menurut studi kegiatan multitasking justru tidak produktif dibandingkan mengerjakan pekerjaan satu persatu. 

3. Jangan terbawa suasana

Seandainya kamu gagal dalam melakukan sesuatu, usahakan untuk tidak terpuruk terlalu lama. Lalu seandainya kamu berhasil melakukan sesuatu, usahakan untuk tidak terlena terlalu lama. Buatlah prioritas pekerjaan yang ingin kamu lakukan dan fokus menjalankannya satu persatu tanpa terbawa suasana terlalu lama. Hal ini akan membuat hari-harimu jauh lebih produktif loh!

4. Istirahat

Kalau kamu tipikal orang yang bisa mengerjakan sesuatu dalam keadaan yang berapi-api dan penuh dengan semangat, jangan lupa untuk mengistirahatkan diri. Meski kamu sangat ingin menyelesaikannya alih-alih agar produktif, kamu justru sedang mengorbankan kesehatan fisik dan mental kamu yang membutuhkan istirahat. Jadi agar produktivitas kamu bisa berjalan berkesinambungan, lakukan istirahat secukupnya setelah bekerja keras yah.

5. Berani katakan tidak

Kamu harus berani untuk mengatakan tidak atau menolak jika dimintai bantuan oleh orang lain. Saat kamu berani menolak, kamu sedang  mempertahankan kepercayaan dirimu, ini baik bukan hanya untuk produktivitas hari-harimu, tetapi juga untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain. Jangan pernah melakukan hal yang tidak kamu sukai dan tidak ada hubungannya dengan diri kamu yah. Fokus pada kegiatan-kegiatan yang bisa membuat diri kamu lebih produktif. 

Adakah kebiasaan baik lain lagi yang membuat hidupmu menjadi semakin produktif?