Pernahkah kamu mendengar atau membaca buku berjudul 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey yang cukup fenomenal? Habit atau kebiasaan merupakan tindakan yang dilakukan secara teratur, konsisten, dan biasanya dilakukan tanpa perlu berpikir panjang karena seperti sudah terprogram dalam otak untuk melakukan kebiasaan tersebut, tak terkecuali dilakukan oleh orang kaya.

Habit bisa berupa tindakan fisik seperti olahraga, kebiasaan makan, atau kebiasaan tidur yang sehat, atau bisa juga berupa tindakan non-fisik seperti kebiasaan belajar, kebiasaan bekerja keras, atau kebiasaan mengatur keuangan dengan baik.

Membiasakan kegiatan yang baik, positif, dan produktif tentunya dapat membantu seseorang mencapai tujuan yang diinginkan dan mampu membantu seseorang dalam membangun kedisiplinan dalam melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika seseorang secara terus menerus melakukan kegiatan yang buruk, kegiatan tersebut pada akhirnya akan menjadi hambatan bagi kemajuannya. Hal tersebut yang membuat banyak orang kaya mulai memperhatikan dan berusaha mengembangkan kegiatan yang positif dan produktif menjadi sebuah habit.

Kebiasaan buruk dihindari orang kaya
Kebiasaan buruk dihindari para orang kaya karena dapat menjadi hambatan dalam kemajuan mereka

Sebab, para orang kaya mengetahui habit yang positif akan menolong mereka dalam menjalani berbagai aspek dalam kehidupan seperti kesehatan, karir, keuangan, dan hubungan sosial. Salah satu cara untuk mengembangkan kebiasaan yang baik adalah dengan memulai dari tindakan kecil secara konsisten dan bertahap hingga meningkat ke level kesulitan atau kompleksitas yang lebih tinggi.

Kebiasaan atau habit tertentu juga bisa menjadi faktor penting yang membantu mereka terus menjadi kaya. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang kaya dan dapat membantu mereka mempertahankan kekayaan antara lain:

1. Disiplin dalam Pengelolaan Keuangan

Orang kaya cenderung sangat disiplin dalam mengelola keuangan mereka. Mereka memiliki anggaran bulanan dan menyimpan sebagian besar penghasilan mereka untuk investasi jangka panjang. Mereka juga cenderung hidup di bawah kemampuan keuangannya dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Berinvestasi pada Aset Produktif

Orang kaya sering berinvestasi pada aset yang dapat menghasilkan pendapatan, seperti saham, crowdfunding, properti, atau bisnis. Dengan cara ini, mereka dapat terus memperoleh pendapatan pasif yang dapat membantu mempertahankan kekayaan mereka.

Simak: 9 Tips Mudah Beli Rumah Pertama!

3. Menjaga Kesehatan dan Keseimbangan Hidup

Orang kaya selalu menjaga kesehatan mereka dengan olahraga, diet sehat, dan perawatan medis yang tepat. Mereka juga menghindari stres berlebihan dan menjaga keseimbangan hidup yang baik. Hal ini dapat membantu mereka mempertahankan kinerja yang baik dan mengambil keputusan yang tepat dalam bisnis.

4. Belajar secara Terus-menerus

Orang kaya selalu belajar secara terus-menerus dan mencari peluang baru. Mereka sering membaca buku, menghadiri seminar, dan mengikuti kursus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Dengan cara ini, mereka dapat mengidentifikasi peluang baru dan mengambil keputusan investasi yang tepat.

5. Berpikir Jangka Panjang

Para orang kaya menjadikan kebiasaan memiliki visi yang tepat dan pengambilan keputusan yang baik berdasarkan tujuan jangka panjang yang sudah mereka buat. Mereka tidak hanya fokus pada keuntungan jangka pendek, tetapi juga mempertimbangkan potensi keuntungan jangka panjang.

Kebiasaan-kebiasaan di atas ternyata mampu membantu mereka untuk mempertahankan kekayaan dan menciptakan sumber pendapatan baru yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, kebiasaan-kebiasaan tersebut juga membantu mereka mengambil keputusan investasi yang cerdas dan mengelola risiko dengan baik. Dengan kombinasi faktor-faktor ini, orang kaya dapat terus mempertahankan kekayaan mereka dan bahkan meningkatkannya dari waktu ke waktu loh!

Sudah siapkah kamu mengikuti lima habit di atas?

Simak: Tips Melakukan Perencaan Keuangan yang Baik

Topics ##habitorangkaya ##kebiasaanorangkaya ##orangkaya