Frequently Asked Question

Halaman ini berisikan pertanyaan dan jawaban seputar Propertree. Apabila anda tidak menemukan jawaban dari pertanyaan anda, silahkan kontak kami.

Propertree

Apa Itu Propertree

Propertree adalah sebuah platform investasi properti yang mengumpulkan dana dari para investor untuk disalurkan kepada pemilik proyek (developer atau kontraktor) melalui tahap mitigasi risiko yang ketat sehingga para investor merasa aman dan nyaman untuk menaruh dananya. Propertree berkepentingan untuk menghasilkan keuntungan yang optimum untuk para stakeholders agar kelak tercipta keseimbangan dalam mengatasi backlog rumah di Indonesia serta berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Kenapa Berinvestasi Di Propertree?

Risiko bisnis terukur serta didukung oleh tim yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai macam investasi di sektor properti, terutama bidang developer dan kontraktor. Selain itu, nominal investasi yang sangat terjangkau dimulai dengan investasi minimal Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) anda sudah menjadi investor kami. Propertree pun sangat concern terhadap konsep 'money follow program' artinya kita tidak akan menarik dana publik tanpa disertai dengan penawaran proyek yang sudah matang untuk dieksekusi.

Apa Risiko Utama Berinvestasi Di Propertree?

Risiko utama adalah masalah likuiditas dan legalitas, dimana aset lama terjual atau masalah keterlambatan dalam penyelesaian proyek dengan tepat waktu sesuai timeline. Propertree sangat menjaga agar aset investor aman tidak hilang, artinya risiko likuiditas ini menjadi tantangan dalam mencari proyek-proyek 'hot deals' di seluruh Indonesia. Terkait masalah legalitas adalah lamanya proses perizinan di tingkat kota/kabupaten yang ada di Indonesia, pemerintah harus kita support agar terus melakukan reformasi birokrasi sehingga memudahkan iklim investasi dan dunia bisnis.

Siapa Itu Propertree?

PT. Propertree Investa Cendekia merupakan perusahaan berbadan hukum yang disahkan oleh SK KEMENKUMHAM pada tanggal 28 Desember 2017 dengan nomor pendaftaran 4017122831104561 sesuai dengan akta pendirian berdasarkan permohonan Notaris HASBULLAH ABDUL RASYID, SH, M.KN salinan akta nomor 185 tanggal 16 Desember 2017 di Jakarta Selatan.

Apa Peran Propertree?

Propertree bertugas untuk mencari proyek-proyek proven yang siap didanai oleh investor dengan mempertimbangkan segala aspek risiko untuk menjaga keamanan investasi dan menghasilkan imbal hasil optimum. Propertree berperan sebagai perwakilan investor untuk melakukan 'due dilligence' investasi kepada para developer dan kontraktor, kami pun membantu agar proyek sustainable dan profitable sehingga menguntungkan untuk para stakeholders bukan hanya satu pihak saja.

 

Investor

Bagaimana Cara Berinvestasi Di Propertree?

Anda dapat langsung membuka https://propertree.id/login-area untuk sign up ataupun dengan datang langsung ke kantor pusat propertree untuk tatap muka (tanya jawab) dengan tim kami.

Proyek Jenis Apa Yang Cocok Untuk Saya?

Anda perlu mengetahui mendalam terkait tujuan investasi apakah jangka pendek (kurang dari 1 tahun), menengah (1-3 tahun) ataupun jangka panjang (diatas 3 tahun), hal itu disesuaikan dengan kebutuhan peruntukan dana di masa depan. Lalu selanjutnya bagaimana menentukan profil risiko, tentu pada masing-masing orang berbeda. Ada beberapa kategori profil risiko dalam melakukan investasi.

  • Agresif : Tipe investor 'high risk high return' berani menempatkan dananya pada instrumen berisiko tinggi dengan harapan imbal hasil yang dihasilkan pun diatas rata-rata. Poin pentingnya adalah kembalikan kepada tujuan investasi kita serta pilih proyek yang sesuai kebutuhan peruntukan dana di masa depan.
  • Moderat : Tetap berhati-hati dalam mengambil tindakan, membatasi diri untuk melakukan investasi yang memiliki risiko tinggi, lebih rasional dalam melakukan investasi dengan strategi diversifikasi.
  • Konservatif : Memilih investasi yang sangat aman, tidak berharap imbal hasil terlampau besar karena sangat sensitif dengan fluktuasi nilai investasi yang kemungkinan berkurang ataupun hilang sesuai dengan risiko yang semakin tinggi.
Bagaimana cara mengisi deposit?

Mengisi deposit dapat dilakukan melalui sistem Propertree dengan memilih fitur deposit. Anda dapat mengisi jumlah nominal dana yang Anda inginkan dengan minimal depost adalah Rp 100.000. Selanjutnya Anda dapat memasukkan ID Referensi ke konfirmasi pembayaran deposit dan melampirkan bukti transfer yang sudah dilakukan.

Bagaimana cara penarikan dana?

Withdraw dapat dilakukan melalui sistem Propertree dengan memilih pilihan withdraw. Dana akan cair selambat-lambatnya 3 hari setelah investor mengajukan permohonan. Biaya withdraw dikenakan Rp 6.500/transfer kepada investor.

Bagaimana skema pencairan proyek?

Jika proyek sudah selesai maka dana investasi dan keuntungan akan diberikan ke deposit investor.

Bagaimana Melihat Kinerja Dan Memonitor Investasi Di Propertree?

Investor dapat melihat progres dana investasi yang telah diinvestasikan melalui dashboard setelah memiliki account propertree dengan terlebih dahulu melakukan sign up dan mulai investasi perdana pada proyek yang telah siap didanai, kapanpun dan dimanapun dapat diakses melalui website kami. Proyek akan dilakukan update berdasarkan timeline proyek dari hasil penjualan rumah ataupun proyek konstruksi yang sedang dijalankan.

Bagaimana Pembagian Keuntungan Di Propertree?

Kami memiliki 2 akad terhadap developer dan kontraktor, yaitu sistem bagi hasil (sharing system) ataupun jual beli (cost plus system). Investor akan menikmati pengembalian dananya berdasarkan unit rumah terjual (cashflow) sesuai proporsi modal dan keuntungannya secara fair, biasanya dimulai paling cepat pada bulan ke-6 setelah investasi dimulai. Adapun proyek-proyek jangka pendek (proyek konstruksi), investor dapat menikmati imbal hasil setelah proyek selesai pengerjaannya.

Bagaimana Propertree Mengambil Keuntungan?

Propertree memiliki 2 revenue stream utama yaitu dari jasa provisi pengumpulan dana (crowd-funding) serta selisih marjin keuntungan yang diberikan kepada investor terkait biaya mitigasi risiko dan menjaga keamanan investasi.

Bagaimana Propertree Menjaga Keamanan Uang Investor?

Propertree bertindak atas nama/mewakili investor yang menaruh dananya, artinya segala aspek legal terkait investasi, legalitas dan operasional akan dilakukan 'due dilligence' oleh propertree kepada para developer dan kontraktor. Investor akan menerima report dan update melalui dashboard investasi untuk melihat perkembangan investasi yang mereka lakukan.

Bagaimana Jika Proyek Gagal Atau Tidak Sesuai Rencana?

Propertree akan memberi waktu tambahan selama 3 bulan sebelum proyek dinyatakan gagal dari timeline pesimis yang telah direncanakan. Jika proyek masih belum baik likuiditasnya maka propertree akan melakukan lelang untuk melikuidasi aset sesuai dengan apa yang telah investor berikan kuasa kepada propertree, tentu melalui jalan musyawarah dan mufakat terlebih dahulu dengan pihak investor, propertree serta mitra baik developer maupun kontraktor.

Berapa Lama Proses Funding Di Propertree?

Propertree memberikan batas waktu funding selama 30 hari kepada mitra developer/kontraktor dalam mencari pendanaan proyeknya. Kami berkomitmen untuk mencarikan pendanaan hingga kebutuhan modal terpenuhi. Oleh karena itu semakin menarik suatu proyek maka akan semakin cepat waktu proses pencarian pendanaan.

Bagaimana Apabila Pengumpulan Dana Tidak Sesuai Kebutuhan Modal?

Propertree memberikan 2 opsi kepada calon mitra, Full Commitment (Komitmen Penuh) dan Best Effort Commitment (Komitmen Terbaik). Apabila mitra menggunakan skema full commitment, propertree wajib mengembalikan modal yang tidak terpenuhi 100% kepada investor. Adapun skema best effort commitment digunakan jika berapapun dana yang masuk (tidak harus 100%) maka mitra akan mengambil dana terkumpul tersebut untuk menjalankan proyeknya, tentu mitra harus terlebih dahulu menghitung batas bawah modal untuk bisa menjalankan sebuah proyek.

Pemilik Lahan

Lahan Yang Kami Cari Seperti Apa?
  1. Sertifikat SHM dan aman (Bukan Lahan Sengketa/ Sertifikat Ganda)
  2. Peruntukan untuk perumahan/ zona kuning
  3. Dekat dengan pusat keramaian (stasiun krl, terminal, tol, pusat bisnis dan pemerintahan)
  4. Harga dibawah pasaran (nilai dibawah appraisal) ataupun tidak jauh dari NJOP
  5. Akses jalan ke lokasi minimal 5 meter (jalan raya) untuk memudahkan akses
  6. Untuk proyek cluster minimal 3.000 m2
  7. Untuk proyek individu atau rumah satuan dibawah 3.000 m2
Prosedur Menjadi Mitra Lahan?

Membuat akun di Platform propertree.id, lengkapi berkas dan lakukan pengajuan.

Bagaimana Skema Kerjasama?

Ada 3 skema yaitu,

  1. Jual beli putus
  2. Kerjasama lahan murni (lahan balik nama sertifikat dan surat pengakuan hutang)
  3. Kerjasama lahan mixed (lahan dibayar sebagian, balik nama sertifikat dan pengakuan hutang)
Apakah Propertree Menerima Semua Pengajuan Kerjasama Lahan?

Setiap pengajuan akan melalui beberapa tahapan seleksi diantaranya

  1. Verifikasi berkas
  2. Survei lapangan
  3. Plotting BPN dan validasi data
Apakah Ada Batas Wilayah?

Tidak ada, tetapi untuk tahun ini akan diprioritaskan di Jabodetabek dan kota-kota besar yang memiliki potensi pasar jelas.

Berapa Batas Waktu Maksimal Kepastian Diterima Atau Tidaknya Lahan?

30 hari dari pertama submit berkas karena harus melalui proses kalkulasi yang matang terlebih dahulu oleh tim ahli kami.

Siapa Yang Bisa Mengajukan Kerjasama Lahan?

Pemilik lahan (sesuai sertifikat) atau keluarga inti pemilik atau yang diberikan kuasa menjual.

Apa Boleh Mengajukan Lahan Dengan Status Masih Girik/Ajb?

Boleh, tetapi lebih diprioritaskan lahan SHM.

Apa Boleh Mengajukan Lahan Waris?

Boleh, proses balik nama waris harus segera dilakukan.

Apa Boleh Mengajukan Lahan Yang Sedang Dijaminkan?

Tidak, selesaikan dahulu urusan dengan pihak ketiga lalu ajukan kerjasama dengan kami.

Apa Bentuk Keamanan Pemilik Lahan?

Akan ada MoU kerjasama yang menjabarkan bentuk kerjasama secara rinci dan surat pengakuan hutang di notaris (pihak ketiga) untuk memastikan keamanan pemilik lahan secara fair dan saling mengamankan masing-masing pihak.

Berapa Lama Pelaksanaan Proyek Setelah Adanya Kesepakatan Kerjasama?

Akan disesuaikan dengan luasan dan kondisi lahan, tapi umumnya proyek yang akan kami garap memiliki durasi waktu maksimal 3 tahun.

 

Developer

Developer Seperti Apa Yang Propertree Cari?

Perusahaan ataupun individu yang sudah memiliki portofolio dan memiliki proyek potensial yang siap untuk didanai.

Bagaimana Prosedur Menjadi Mitra?

Membuat akun di Platform propertree.id, lengkapi berkas yang diminta dan lakukan pengajuan.

Proyek Seperti Apa Yang Dapat Didanai Melalui Propertree?

Proyek potensial dengan lahan hot deal, aman secara legalitas, konsep yang diusung menarik serta memiliki target pasar yang jelas. Kriteria lahan hot deal adalah akses jalan besar, legalitas aman, cukup untuk akses 2 mobil serta memiliki pasar tidak jauh dari nilai appraisal ataupun NJOP.

Bagaimana Skema Kerjasama?

Ada 2 skema akad yang akan dilakukan propertree dengan developer yaitu bagi hasil dari keuntungan bersih (sharing system) dan skema jual beli (cost plus system) dari nilai tanah ataupun bangunan. Propertree membelikan tanah tersebut untuk kemudian dilakukan kuasa kepada developer untuk mengolahnya agar memiliki nilai tambah (value added) untuk para stakeholders. Propertree pun menempatkan orang sebagai controller untuk mengatur arus kas keluar masuk agar sesuai initial budget atau rencana pengajuan modal awal.

Apakah Propertree Menerima Semua Pengajuan Proyek Dan Bagaimana Alurnya?

Ya, menerima. Setiap pengajuan akan melalui tahapan seleksi diantaranya

  1. Verifikasi berkas untuk validasi awal (pendaftaran awal)
  2. Validasi siteplan, BQ, RAB dan konsep perumahan yang diusung
  3. Validasi prospektus bisnis (proyeksi laba bersih, neraca dan arus kas)
  4. Pitching proyek untuk finalisasi
Apakah Ada Batas Skala Wilayah Proyek Yang Dapat Diterima?

Tidak ada, tetapi akan diprioritaskan di Jabodetabek dan kota-kota besar untuk awal.

Berapa Maksimal Pengajuan Dana?

Tidak ada batasan, namun nominal IDR 2 Miliar per satu paket investasi.

Berapa Maksimal Durasi Proyek?

Untuk proyek maksimal 3 tahun pengerjaan hingga tuntas.

Berapa Lama Batas Waktu Maksimal Masa Funding?

Maksimal 30 hari, sesuai dengan skema full commitment dan best effort commitment.

Kontraktor

Kontraktor Seperti Apa Yang Kami Cari?
  1. Perusahaan konstruksi/individu yang memiliki portofolio dan proyek konstruksi potensial.
  2. Perusahaan konstruksi/individu yang telah memiliki SPK dari pihak ketiga namun tidak (belum) memiliki dana untuk memulai pekerjaan pembangunan konstruksi.
  3. Perusahaan konstruksi/individu yang membutuhkan tambahan modal untuk melanjutkan progress pekerjaan pembangunan konstruksi.
Bagaimana Prosedur Menjadi Mitra?

Membuat akun di Platform propertree.id, lengkapi berkas yang diminta untuk proses validasi dan lakukan pengajuan.

Proyek Seperti Apa Yang Dapat Didanai?

Proyek konstruksi potensial yang telah memiliki SPK dari pihak ketiga perseorangan/perusahaan (developer) serta memiliki stand by buyer yang pasti (jaminan) terkait pembayaran.

Bagaimana Skema Kerjasama?

Ada 2 skema akad yang akan dilakukan propertree dengan kontraktor yaitu bagi hasil dari keuntungan bersih (sharing system) dan skema jual beli (cost plus system) dari nilai bangunan.

Apakah Propertree Menerima Semua Pengajuan Proyek Dan Bagaimana Alurnya?

Ya, menerima. Setiap pengajuan akan melalui tahapan seleksi diantaranya

  1. Verifikasi berkas untuk validasi awal (pendaftaran awal)
  2. Validasi siteplan, BQ, RAB dan konsep perumahan yang diusung
  3. Validasi prospektus bisnis (proyeksi laba bersih, neraca dan arus kas)
  4. Pitching proyek untuk finalisasi
Apakah Ada Batas Skala Wilayah Proyek Yang Dapat Diterima?

Tidak ada, tetapi akan diprioritaskan di Jabodetabek dan kota-kota besar untuk awal.

Berapa Maksimal Pengajuan Dana?

Tidak ada batasan, namun nominal IDR 2 Miliar per satu paket investasi.

Berapa Maksimal Durasi Proyek?

Untuk proyek konstruksi maksimal 12 bulan pengerjaan hingga tuntas.

Berapa Lama Batas Waktu Maksimal Masa Funding?

Maksimal 30 hari, sesuai dengan skema full commitment dan best effort commitment.

Jaminan Untuk Propertree?

Pencairan pinjaman yang diberikan adalah maksimal sebesar 70% dari nilai aset, seperti aset tidak produktif (kendaraan bermotor) yang dijaminkan.

Bagaimana Jika Proyek Gagal Dan Tidak Sesuai Rencana?

Propertree akan memberi waktu tambahan selama 3 bulan sebelum proyek dinyatakan gagal dari timeline pesimis yang telah direncanakan. Jika proyek masih belum baik likuiditasnya maka propertree akan melakukan lelang untuk melikuidasi jaminan aset sesuai dengan apa yang telah kontraktor berikan kuasa kepada propertree, tentu melalui jalan musyawarah dan mufakat terlebih dahulu dengan pihak investor.

 

Agen

Siapa Itu Agen Propertree?

Orang yang telah terdaftar secara resmi sebagai agen propertree (valid) untuk kemudian menjual produk-produk yang ada di propertree khususnya rumah.

Tugas Agen Propertree?

Melakukan penjualan rumah pada proyek-proyek yang sedang berjalan dan telah selesai proses pendanaan.

Kriteria Agen Propertree?

Propertree mencari agen yang memiliki keinginan kuat dalam menjual, gigih, turun ke lapangan, mau belajar, komunikatif, tertarik dalam dunia pemasaran dan berpenampilan menarik. Memiliki pengalaman merupakan nilai lebih menjadi agen propertree.

Syarat Menjadi Agen Propertree?

Tidak ada syarat khusus, siapapun bisa menjadi agen propertree.

Apa Boleh Menjadi Agen Propertree Walaupun Terikat Pekerjaan Tetap?

Boleh, karena agen bukan karyawan dan tidak ada jam kerja.

Cara Mendaftar Menjadi Agen Propertree?

Mendaftarkan diri di propertree.id serta melengkapi berkas-berkas untuk proses validasi.

Apa Semua Pendaftar Akan Diterima Menjadi Agen Propertree?

Setiap pendaftar akan diterima apabila lolos seleksi berkas.

Apa Keuntungan Menjadi Agen Propertree?
  1. Peluang memasarkan banyak proyek propertree yang proven
  2. Komisi hingga 3% termasuk bonus capaian,
  3. Komunitas tuk berkolaborasi dan saling berbagi,
  4. Ilmu dari pelatihan berkala yang menyenangkan
Berapa Komisi Yang Diberikan Setiap Penjualan?

1% sampai 3% dari nilai penjualan yang disesuaikan dengan KPI (Key Performance Indicator) dan capaian kinerja.

Target Bagi Agen Propertree?

Ada, minimal menjual 1 rumah perbulannya.

Bagaimana Jika Target Tidak Tercapai?

Akan diberikan surat peringatan 1, apabila bulan berikutnya berulang maka diberikan surat peringatan 2 dan apabila terulang lagi maka dikeluarkan dari agen propertree (3 bulan berturut-turut tidak ada penjualan). Namun, apabila pada bulan ketiga atau kedua ada penjualan maka surat peringatan sebelumnya gugur.

Ada Jam Kerja Apabila Menjadi Agen Propertree?

Tidak ada. Fleksibel sesuai dengan waktu luang, bisa kerja dimanapun dan kapanpun karena berbasis online.

Status Agen Propertree?

Mitra utama penjualan pada proyek-proyek propertree.

Apa Boleh Mengajukan Keluarga/Teman/Rekan Untuk Menjadi Agen Propertree?

Boleh, tetapi tetap mereka harus mengikuti proses pendaftaran dan seleksi berkas.

Apa Boleh Agen Propertree Mengundurkan Diri?

Boleh, tapi tidak bisa mendaftar kembali menjadi agen propertree.

Selain Agen, Apa Boleh Pihak Lain Menjual Rumah Pada Proyek Propertree?

Boleh, tapi komisi baru bisa didapat setelah resmi terdaftar sebagai agen propertree.

 

Don’t Make Investing Difficult.
- Warren Buffett -

Pendanaan Selengkapnya