Cara Berinvestasi di Propertree

Daftar

Calon investor melakukan pendaftaran dengan menekan tombol daftar yang ada di halaman login/register dan melengkapi form pendaftaran yang ada.

Konfirmasi Email

Calon investor mengkonfirmasi email yang didaftarkan dengan menekan link yang dikirimkan Propertree.id ke email calon investor.

Lengkapi profil

Calon investor melakukan verifikasi data dengan melengkapi profil investor yang ada serta menyetujui surat keanggotaan dengan melampirkan tanda tangan digital calon investor.

Deposit

Setelah profil terverifikasi oleh kami. Investor dapat melakukan deposit saldo Propertree.id.

Pilih Proyek

Investor dapat memilih proyek yang telah di sediakan oleh Propertree.id untuk didanai.

Nikmati Keuntungannya

Setelah durasi proyek selesai. Propertree.id akan mengembalikan modal dan langsung memberikan keuntungan atas modal tersebut.

Jenis Proyek Propertree

Residensial

Proyek pembangunan jangka panjang dengan return maksimal, berupa perumahan/cluster.

Konstruksi

Proyek konstruksi jangka pendek dengan return kompetitif, berupa renovasi/kerjasama konstruksi.

Sewa

Proyek pembelian rumah/apartemen dengan metode kepemilikan bersama untuk mendapatkan double return dari hasil sewa perbulan dan harga jual aset di masa mendatang.

Flip

Proyek pembelian rumah contoh/rumah perdana dengan harga modal untuk developer dengan prospek return pada penjualan rumah dengan harga pricelist normal.

Model Bisnis Propertree

Cara Penilaian Proyek Propertree

Propertree sebagai finance technology di bidang investasi properti sangat fokus dalam memberikan proyek properti terbaik yang aman dan menguntungkan untuk didanai para investor. Untuk itulah kami menerapkan sistem grading pada proyek yang akan didanai.

Propertree memiliki tim khusus dalam melakukan sistem grading ini. Tim ini dinamakan Komite Investasi yang dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman di bidang bisnis, finance, legal, serta marketing properti. Tidak hanya itu, kriteria lainnya dari tim khusus ini adalah memiliki sisi integritas pada kepribadiannya. Komite Investasi di propertree terdiri dari Founder dan Co-founder serta beberapa staf ahli.

Properti menggunakan skala 1 sampai 4 dalam skala penilaiannya dengan ketentuan sebagai berikut:

Skala Penilaian Artinya
1 Unsatisfactory / sangat mengecewakan
2 Need for Improvement / perlu peningkatan
3 Good / sudah baik
4 Outstanding / sangat memuaskan

Setelah dilakukan penilaian untuk masing-masing sub-kategori dan kategori yang disesuaikan dengan bobotnya, akan dihasilkan nilai yang menentukan nilai grading tentunya dengan mempertimbangkan juga penilaian kualitatifnya. Adapun Skala Nilai Grading adalah sebagai berikut:

Grade Range Nilai
A 3,76 – 4,00
A- 3,51 – 3,75
B+ 3,26 – 3,50
B 3,01 – 3,25
B- 2,76 – 3,00
C+ 2,51 – 2,75
C < 2,50

Adapun proyek properti yang natinya akan masuk ke listing Propertree adalah yang memiliki grade B ke atas (B+, A-, dan A). Hal ini guna memastikan keamanan dari proyek yang akan didanai para investor Propertree.

Tahapan grading ini dilakukan dalam waktu yang seefektif mungkin agar segera diputuskan proyek tersebut layak atau tidak untuk masuk dalam listing Propertree atau harus ada perbaikan/ penyempurnaan terlebih dahulu. Beberapa tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Pengajuan proyek secara administrasi, hal ini dilakukan dengan mengirimkan dokumen dan informasi kelengkapannya untuk dilakukan penilaian awal oleh tim. Apabila dinilai baik, akan berlanjut ke tahap selanjutnya.
  2. Pitching proyek, developer atau kontraktor (pengaju) akan mempresentasikan proyek yang diajukan ke Propertree secara langsung.
  3. Survei proyek, Propertree selanjutnya mengirimkan tim untuk melihat langsung calon lokasi proyek dan memastikan potensi dari proyek yang akan dilaksanakan, baik dari sisi lokasi, perizinan, dan potensi market.
  4. Penilaian komite investasi dilakukan setelah semua informasi dirasa cukup baik dari hasil pitching maupun dari hasil survei. Masing-masing anggota memberikan pandanganya yang kemudian dimusyawarahkan untuk disepakati bersama mengenai nilai untuk masing-masing sub-kategori, lalu direkapitulasi, hingga nilai akhir dan surat keputusan yang ditandatangani CEO Propertree. Surat keputusan tersebut diberikan ke pengaju dan langsung masuk listing proyek Propertree apabila mendapatkan grade minimal B.

Mitigasi Risiko Proyek Propertree

Dalam bisnis properti, pasti ada saja proyek yang berjalan tidak sesuai rencana, namun investor tidak perlu khawatir karena model bisnis ini memiliki aset riil sebagai jaminan. Oleh karena itu, kami memiliki skema mitigasi risiko pada proyek-proyek yang kami jalankan adalah sebagai berikut :

70% Nilai Aset

Perlindungan modal investor (dari nilai pokok investasi)

Bulan 3-6

Durasi likuidasi aset/jaminan dari tanggal jatuh tempo.

Bulan 7-8

Pengembalian dana kepada rekening investor.

Skema Bagi Hasil Propertree

Banyak yang bertanya bagaimana skema pembagian keuntungan pada proyek-proyek kami? Estimasi keuntungan investor (ROI) berada di angka 8-20% per tahun dari modal yang ditempatkan.

Metode Skema Bagi Hasil Investasi kami adalah sebagai berikut :

Operator

Operator (Pelaksana Proyek).

Investor

Investor (Pendana Proyek).

Propertree

Penilai, Pengawas dan Pengelola Keuangan Proyek.