Bagi kalian para investor properti pemula selain mempelajari strategi pemasarannya ada baiknya untuk mengenal dan memahami istilah-istilah dalam investasi properti yang sering digunakan.

Terdapat begitu banyak istilah properti yang berkembang saat ini. Berikut merupakan istilah-istilah yang wajib Anda ketahui dalam investasi properti.

1. Sunrise Properti

Istilah ini seperti menggambarkan matahari terbit di pagi hari. Artinya, properti tersebut memiliki potensi investasi yang menguntungkan dan harganya akan terus bertambah atau stabil. Properti masuk dalam kategori sunrise property biasanya memiliki lokasi yang strategis serta akses jalan yang mudah.

2. Sunset Property

Lawan kata dari sunrise property, istilah ini menggambarkan matahari yang tenggelam di sore hari. Artinya, properti tersebut sudah tidak memiliki potensi untuk berkembang dan naik lagi harganya karena berbagai faktor, terutama kawasan yang memang sudah padat, infrastruktur tidak memadai, rawan banjir.

3. Capital Gain

Merupakan sebuah istilah yang menggambarkan keuntungan atau laba yang investor peroleh dari hasil penjualan properti yang nilainya lebih besar daripada harga pembelian. Cara menghitung keuntungan atau laba adalah dengan mengurangi hasil penjualan properti dengan harga belinya.

4. Yield

Dalam Bahasa Indonesia yield artinya imbang hasil yang merupakan keuntungan berupa yang penanam modal terima saat melakukan investasi. Besaran dari yield ini sangat bervariasi, semakin tinggi persentasenya maka semakin besar pula keuntungannya.

5. Okupansi

Istilah ini menunjukkan jumlah unit yang sudah terisi atau tersewa dalam sebuah properti seperti, gedung apartemen, perumahan, perkantoran atau pusat perbelanjaan. Misalnya, dalam 1 gedung terdapat 100 perkantoran, telah tersewa 70 unit, maka okupansinya adalah 70%.

6. Loss Transaction

Merupakan istilah untuk menunjukkan adanya uang yang hilang pada saat membeli properti karena biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran biaya broker atau marketing, pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

Nah, sobat Propers itulah istilah-istilah dalam investasi properti secara umum yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat ya!