Di tengah meningkatnya biaya hidup sehari-hari, pendapatan banyak orang di Indonesia justru cenderung stagnan. Untuk bisa survive menghadapi kejamnya ibukota, banyak dari kita yang akhirnya berusaha untuk menghemat. Bagi sebagian orang, uang 100.000 rupiah mungkin bisa dipakai untuk sekali nongkrong di kafe membeli kopi dan dessert, tetapi bagi sebagian lainnya, 100.000 rupiah bisa menghidupi diri untuk satu minggu loh! Serius! 

Uang 100 Ribu Seminggu

Di Indonesia sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk menggunakan uang 100 ribu seminggu tidaklah mustahil. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  • Buatlah anggaran keuangan

    Tentukan berapa uang yang kamu perlukan setiap minggu untuk keperluan sehari-hari, seperti makan, transportasi, dan lain-lain. Pastikan tidak ada pos-pos pengeluaran yang tidak perlu dalam anggaran kamu. Untuk bisa menghemat uang 100.000 rupiah untuk seminggu, dibutuhkan komitmen menjalankan anggaran keuangan dan konsistensi yang baik agar tercapai dengan baik.

  • Gunakan promo dan diskon

    Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya tergiur oleh keinginan. Cari tahu informasi mengenai promosi dan diskon dari barang yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk membandingkan harga. Jika kamu ingin membeli sesuatu, jangan lupa untuk membandingkan harga di berbagai tempat ya!

  • Gunakan transportasi umum

    Naik angkutan umum seperti KRL atau transjakarta untuk bepergian ke kantor ternyata bisa menghemat uang kamu dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi loh! Kamu juga bisa menikmati pengalaman berharga di jalanan sambil membaca buku.

  • Bawa minum sendiri ke kantor

    Dengan membawa minum sendiri ke kantor, kamu menghemat anggaran membeli kopi di kafe yang sekarang sudah tidak murah lagi. Kamu juga bisa lebih sehat dengan membawa botol air minum dengan target 2,5 liter per hari. Selain bebas dari gula, tubuhmu akan tetap terhidrasi dengan baik.

  • Masak sendiri di rumah

    Biaya hidup terbesar dari tinggal di kota adalah biaya pangan. Kamu bisa memangkas biaya ini dengan masak sendiri di rumah atau membeli bahan mentah di pasar yang tentu saja lebih murah dibandingkan dengan supermarket. Setelah itu, kamu bisa mengolahnya sendiri dengan masak di rumah. Kamu bisa mulai dengan menu simpel yang sehat loh! Agar lebih hemat, kamu bisa membawa masakanmu untuk bekal di kantor. Dengan demikian kamu tidak mengeluarkan uang lagi untuk makan di warteg atau restoran dekat kantor.

  • Cuci bajumu sendiri

    Hilangkan rasa malasmu untuk mencuci baju. Biaya melaundry bajumu selama seminggu sudah menghabiskan setengah biaya 100.000  rupiah perminggu loh! Hitung-hitung sebagai olahraga, cucilah bajumu sendiri dengan hati yang riang. Agar tidak terasa berat, kamu bisa mencuci pakaianmu setiap hari saat sedang mandi. Ringan kan?

  • Gunakan WiFi

    Untuk menghemat anggaran pulsa dan paket datamu, pastikan kamu mengaktifkan WiFi dan menggunakannya selama berada di tempat dengan akses tersebut. Dengan demikian, keuanganmu tidak akan boncos karena paket datamu jebol! Pastikan gunakan dengan aman ya! Jangan simpan data transaksimu ketika menggunakan WiFi umum, berbahaya!

Kalau kamu bisa konsisten melakukan hal di atas, kamu bisa mengalokasikan keuanganmu pada pos yang lebih penting, misalnya saja berinvestasi, menabung, atau membayar asuransi. Jangan lakukan dengan terpaksa, tetapi lakukan dengan kesadaran penuh dan riang gembira ya!