Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan finansial kian meningkat, salah satunya investasi. Pasalnya, tujuan investasi bukan hanya untuk meraih keuntungan saja, tetapi beragam.

Penasaran apa saja tujuan investasi itu? Mari simak selengkapnya di artikel Propertreee berikut sampai akhir. Sebab, Minpro akan mengupas tuntas jawabannya satu per satu!

Pengertian Investasi

Diketahui, investasi adalah suatu aktivitas menyimpan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan itu bisa meraih keuntungan atas nilai investasi.

Selain itu, investasi juga bisa diartikan sebagai kegiatan penempatan dana pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan peningkatan nilai.

Tujuan Investasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tujuan investasi adalah meningkatkan kekayaan dan memperoleh keuntungan. Investasi juga bisa menjadi langkah strategis untuk mempertahankan kekayaan dari inflasi.

Namun, tujuan investasi setiap orang berbeda-beda, semuanya tergantung pada keinginan. Lantas, apa saja tujuan investasi itu ya, Propers? Yuk ketahui tujuannya berikut.

1. Meraih Penghasilan Tetap

Tujuan investasi yang pertama adalah untuk meraih penghasilan tetap. Biasanya, tujuan ini banyak orang gunakan untuk menanamkan modalnya kepada suatu perusahaan.

Misalnya, Propers berinvestasi pada suatu perusahaan pangan pokok. Dari hasil penjualan tersebut, Propers berhak mendapatkan persentase keuntungan di setiap bulannya.

Akan tetapi, untuk besaran persentasenya akan berbeda. Semuanya tergantung pada kesepakatan antar pihak perusahaan dan investor.

2. Mengembangkan Usaha

Keuntungan kedua yaitu bisa mengembangkan usaha yang tengah Propers jalani. Nantinya, laba investasi yang sudah berhasil Propers dapati akan menjadi suntikan modal untuk bisnis.

3. Jaminan Dalam Bisnis

Apabila Propers menanamkan modal pada supplier bahan pokok usaha yang sedang dijalani, kemungkinan besar perusahaan tersebut tidak akan mengalami kekurangan pasokan bahan pokok.

Di samping itu, harga produk yang Propers jual bisa bersaing di pasaran. Sebab, mendapatkan bahan pokok yang lebih murah dan dengan kualitas yang baik pula.

Manfaat Investasi

Seperti yang kita ketahui, investasi juga memiliki beragam manfaat bagi para investornya. Ingin mengetahui apa saja manfaatnya? Ikuti pemaparan lebih lanjut di bawah ini.

1. Meningkatkan Aset

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika investasi bisa menambah penghasilan atau aset para investornya. Sehingga, Propers tidak perlu bergantung pada gaji bulanan, karena bisa meraih penghasilan dari investasi.

Sedangkan untuk jumlahnya sendiri bervariasi, semuanya tergantung seberapa pintar Propers mengaturnya. Makin paham dalam memprediksi peluang, besar kemungkinan jika Propers meraih hasil yang besar pula.

Misalnya, Propers memutuskan investasi membeli tanah dengan tujuan untuk menjualnya pada beberapa tahun kemudian ketika harganya sudah naik. Maka nilai aset tanahnya pun mengalami peningkatan.

Perlu diingat, peningkatan tersebut tidak bisa Propers dapatkan dalam waktu yang singkat. Dalam investasi tanah, Propers harus sabar karena membutuhkan waktu yang lama.

2. Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan

Dewasa ini, investasi banyak orang lakukan semata-mata demi menunjang dan mendukung kehidupan di masa depan.

Sebagai contoh, Propers bisa melakukan investasi emas ataupun tabungan pendidikan untuk anak di kemudian hari.

3. Menghindari Utang

Selanjutnya, investasi juga bisa Propers manfaatkan agar terhindar dari utang. Pasalnya, investasi mengajarkan seseorang untuk tidak melakukan pembelanjaan secara berlebihan.

Kendati begitu, orang-orang akan lebih memilih untuk berkomitmen pada investasi daripada terjebak dalam ketidakpastian keadaan ekonomi.

4. Gaya Hidup Hemat

Melalui investasi, Propers juga akan terbiasa menyisihkan uangnya untuk kemudian disetorkan pada aset-aset. Jadi, secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat Propers memiliki gaya hidup yang hemat.

Bagaimana, apakah Propers sudah memahami apa saja tujuan investasi beserta manfaatnya?

Kalau Propers ingin merasakan berbagai manfaat dari investasi, maka Propertree bisa memberikan itu semua. 

Bersama Propertree, Propers bisa melakukan investasi dengan modal mulai dari Rp100.000 saja. Tentunya dengan imbal hasil yang fantastik, yakni 20% per tahunnya lho.

Jangan khawatir, Propertree sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat di Kominfo. Jadi, segera investasikan danamu sekarang juga ya, Propers!

Baca Selengkapnya: Bisnis Properti Adalah Investasi yang Cocok Untuk Pemula!

Penulis: Dhea Alvionita