Transformasi Sistem Pembayaran 

Perubahan sistem pembayaran ini berkembang semakin pesat mengikuti perkembangan teknologi yang terus melakukan inovasi dari tahun ke tahun. Berawal dari sistem pembayaran konvensional yang mengharuskan membawa uang dalam bentuk fisik. Kemudian, berinovasi menjadi sistem pembayaran tunai menggunakan kartu ATM/Debet dan Kredit. Kini bertransformasi dengan inovasi terbaru menggunakan sistem pembayaran uang elektronik (e-money). Hal ini membuat adanya perubahan gaya hidup dalam tatanan masyarakat menjadi cashless society

Apa Itu Cashless Society

Cashless Society adalah perubahan kebiasaan masyarakat dalam proses transaksi dari tunai menjadi non tunai atau transaksi digital. Istilah cashless society semakin populer beberapa tahun terakhir dan begitu diminati masyarakat karena dirasa lebih efisien, praktis, cepat, serta mudah. Apakah kamu termasuk salah satu cashless society? Atau sampai saat ini kamu masih suka menggunakan uang tunai dibandingkan uang non tunai? Yuk, simak keuntungan dan kerugian menjadi cashless society berikut. 

Keuntungan Cashless

  • Transaksi Cepat dan Praktis

    Keuntungan menggunakan metode pembayaran cashless adalah proses transaksi yang cepat dan praktis. Cukup gesek kartu atau scan QR lalu masukkan nomor PIN, transaksi akan diproses dalam hitungan detik. Sama sekali tidak repot atau makan waktu.

  • Banyak Promo

    Dalam meningkatkan cashless society, setiap platform berlomba-lomba menawarkan promo menarik. Tentunya, ini sangat menguntungkan karena bisa hemat dalam berbelanja. Selain diskon, promo ini biasanya juga hadir dalam bentuk poin atau loyalty yang menguntungkan pengguna.

  • Transaksi Tercatat Otomatis

    Dengan adanya sistem pembayaran cashless, jadi lebih mudah melacak pengeluaran karena sudah terintegrasi dengan sistem. Berbeda dengan penggunaan uang tunai yang sulit untuk melacak pengeluaran karena tidak tercatat secara otomatis.

Kerugian Cashless

  • Impulsif dan Konsumtif

    Berbagai macam promo yang menggoda ternyata bisa membuat kamu menjadi seorang yang impulsif dan juga konsumtif. Kebanyakan orang menggunakan metode non-tunai karena godaan promo cashback atau diskon bukan karena memang benar-benar membutuhkannya.

  • Cyber Crime

    Dalam dunia cashless ada cyber crime yang bisa mencuri uang dari dalam rekening kita bahkan penggunaan data pribadi di dalamnya. Hal ini sangat mengerikan karena kita tidak pernah tahu apakah sistem keamanan dalam platform cashless sudah sangat aman atau belum.

  • Jangkauan Terbatas

    Penggunaan metode pembayaran cashless memiliki jangkauan yang terbatas khususnya di Indonesia. Adanya keterbatasan fasilitas teknologi dan jaringan internet yang belum merata menyebabkan pembayaran non-tunai ini masih terbatas.

Pembayaran cashless memang memiliki keuntungan dan kerugian bagi para penggunanya. Namun siapa sangka jika kemudahan yang ditawarkan itu bisa juga menjadi boomerang. Jadilah cashless society yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan sistem pembayaran non-tunai ya, Sobat Propers!