Biasanya alokasi untuk makan akan menjadi pengeluaran terbesar baik dalam rumah tangga ataupun bagi para pekerja kantoran. Disadari atau tidak, pos pengeluaran untuk konsumsi atau makan siang bisa mencapai 30-50 persen. Sehingga kalau kamu menghemat anggaran makan siang, tentu saja kamu akan melakukan penghematan yang besar. Berikut tips menghemat makan siang, simak baik-baik ya!

7 Tips Ampuh Hemat Makan Siang

  1. Masak sendiri

    Ada selisih harga yang cukup besar apabila kamu membeli makanan yang sudah jadi dengan memasak sendiri. Dari pada mengeluarkan uang dua hingga tiga kali lipat untuk kebutuhan makan tersebut, ada baiknya kamu membeli bahan makanan sendiri dan memasak sendiri di rumah. Beli bahan makanan dari pasar, lalu masak menu kesukaanmu untuk makan siang.

  2. Bekal dari rumah

    Kalau kamu kerja di kantor, budayakan membawa bekal dari rumah. Selain lebih hemat, membawa bekal dari rumah juga lebih sehat loh karena kamu bisa memastikan kebersihan dan nutrisi makanan yang kamu buat. Dengan membawa bekal dari rumah, kamu bisa memangkas banyak biaya makan siang.

  3. Buat meal plan

    Pastikan sebelum belanja bahan makanan yang akan diolah, kamu sudah membuat daftar menu makanan untuk seminggu ke depan. Usahakan buat meal plan yang bervariasi dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kamu yah. Untuk lebih menyehatkan, kamu bisa mengalokasikan anggaran untuk buah-buahan juga loh!

  4. Belanja sesuai kebutuhan

    Kamu bisa merencanakan berbelanja sesuai dengan meal plan yang kamu terapkan. Jangan terlalu sering berbelanja. Bisa dimulai dengan seminggu sekali sesuai dengan meal plan yang kamu buat. Pilihlah supermarket yang menawarkan harga paling murah atau bisa juga beli bahan-bahan makanan seperti sayuran dan buah di pasar tradisional.

  5. Terapkan waktu khusus senang-senang

    Agar kamu tidak bosan, alokasikan satu hari khusus dalam satu minggu untuk makan di luar. Eits, jangan seenaknya yah! Terapkan batasan dana maksimal untuk makan di luar ini agar tidak over budget yah!

  6. Menjadi vegetarian

    Harga daging memang relatif lebih mahal dibanding sayur mayur. Jika kamu begitu serius ingin berhemat, tidak ada salahnya menerapkan pola makan vegetarian ini dan ganti kebutuhan protein hewani kamu dengan protein nabati lewat tempe, tahu, kacang-kacangan, dan berbagai pilihan lain

  7. Hentikan rokok dan alkohol
    Bisa dipastikan menghentikan rokok dan alkohol bisa memangkas anggaran makan siang kamu lebih banyak. Selain lebih hemat, kamu juga akan mendapatkan hidup yang lebih sehat!

Itulah beberapa tips hemat untuk makan siang, namun pastikan untuk tetap menjaga kebutuhan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan hanya karena ingin berhemat kamu malah menyampingkan kesehatan ya!