Semakin beranjak dewasa seseorang semakin khawatir terhadap kondisi finansial karena penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup dan adanya tagihan atau cicilan yang harus ditanggung. Banyak generasi milenial yang takut kehabisan uang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Kecemasan terhadap uang ini disebut juga dengan money anxiety

Berdasarkan PwC employee financial wellness survey pada tahun 2022 sebanyak 34% karyawan mengatakan masalah keuangan berdampak pada mental health. Karyawan akan resign & mencari pekerjaan baru, ketika memiliki masalah cash flow & utang. 

Saat ini, fenomena money anxiety bisa terjadi karena beberapa hal seperti stres gara-gara hutang, penghasilan rendah atau tidak stabil, biaya hidup meningkat dan lain sebagainya. Hal ini bisa berdampak buruk dengan kesehatan mental (mental healthiness). Lalu bagaimana cara mengatasi money anxiety

Cara Mengatasi Money Anxiety

  • Tulis Faktor Penyebab

    Pertama, kamu harus menerima kenyataan dan menghadapinya dengan bijak. Melansir dalam laman New View Psychology Australia, ketika kamu merasa cemas coba tuliskan kecemasanmu di dalam notes. Hal ini dapat memberikan pencerahan atau solusi yang baik untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

  • Lakukan Evaluasi Keuangan

    Selanjutnya, melakukan evaluasi keuangan untuk melihat apakah pembagian uang gaji dapat terlaksana dengan baik dan kebutuhan tercukupi seluruhnya. Mencatat setiap pengeluaran per hari akan berguna ketika kamu melakukan evaluasi keuangan ini. Dengan melakukan cek pada catatan pengeluaran, kamu dapat menilai ulang apakah pengeluaran tersebut perlu dikoreksi di bulan depan.

  • Cari Bantuan Profesional

    Setiap orang punya memiliki masalah keuangannya masing-masing dan tiap masalah bisa terselesaikan kalau tahu solusinya. Sebaiknya, jangan ragu untuk menceritakan rasa cemas dan ketakutan yang kamu alami kepada orang lain. Baik itu keluarga, teman, sahabat, atau konsultasikan masalah yang kamu alami kepada financial planner untuk menemukan solusi yang tepat.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi money anxiety. Namun, jika rasa cemas yang kamu rasakan terus mengganggu di sepanjang hari dan membuat kesehatan mentalmu terganggu, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional seperti psikolog atau financial planner, ya!