Seiring berkembangnya teknologi informasi di bidang finansial, ada pilihan pembayaran baru yang sedang tren di masyarakat. Kalau dulu semua orang tergantung pada kartu kredit. Paylater adalah skema “beli sekarang, bayar nanti” yang sudah tersedia di berbagai platform e-commerce dan layanan keuangan lainnya. Kini, banyak orang yang melakukan pembayaran dan bergantung dengan paylater.

Bahkan kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk menaikkan batas maksimum agar mampu membeli gadget mahal. Apakah kamu termasuk yang menggunakan paylater? Sebelum memakai skema pembayaran ini, kamu harus memahami risiko penggunaan paylater berikut. 

Begini Risiko Penggunaan Paylater

  • Memicu perilaku konsumtif

    Penggunaan paylater ini ternyata mampu memberikan dorongan impulsif untuk berbelanja tanpa sadar. Terkadang, kamu akan membelanjakan hal-hal tertentu padahal kamu tahu kamu tidak membutuhkannya lantaran merasa akan sanggup membayar cicilannya.

  • Mengacaukan pengaturan keuangan

    Kemudahan membeli barang di marketplace dengan pilihan paylater membuat pengaturan keuangan kita terganggu lantaran banyaknya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Padahal alokasi dana yang digunakan untuk membayar cicilan itu bisa digunakan untuk membiayai hal-hal lain yang lebih penting dan urgent.

  • Peretasan identitas

    Meski saat ini tingkat keamanan dari berbagai aplikasi paylater ini sudah tinggi, tetapi risiko peretasan identitas masih ada di Indonesia. Akan sangat mungkin ada orang yang meretas database yang kita miliki di akun marketplace untuk digunakan pada hal-hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

  • Ada bunga, denda, dan biaya tambahan

    Layanan “beli sekarang bayar nanti ” ini sama seperti kartu kredit, memiliki bunga yang harus dibayar. Bunga ini juga berbentuk biaya pemberian fasilitas atau biaya subscription. Bahkan ada bayang-bayang denda yang harus dibayarkan jika kita melewati jatuh tempo pembayaran yang harus dilaksanakan dan sayangnya dendanya pun tidak kecil.

  • Ketergantungan

    Dengan kemudahan akses yang didapatkan dari paylater, kamu bisa ketergantungan menggunakan layanan ini setiap belanja online. Kamu merasa tidak ada lagi halangan yang merintangi pengalaman berbelanja tersebut, termasuk harga yang tinggi karena bisa dibayarkan secara cicilan dengan cara yang mudah.

Pastikan kalau kamu ingin menggunakan skema beli sekarang bayar nanti, sebaiknya untuk membeli kebutuhan yang genting dan bertanggung jawab yah! Jangan sampai kamu malah menjadi korban dari banyaknya cicilan-cicilan akibat kegemaranmu yang berbelanja.