Saat ini di Indonesia, memiliki uang sebanyak 100 juta masih terhitung banyak. Kalau kamu memilikinya, kira-kira apa yang sebaiknya kamu lakukan? Tentu saja kamu tidak boleh serta membelanjakannya sampai habis yah. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar uang kamu bisa terus bertambah dan menghasilkan. 

Pastikan kamu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak. Sehingga uang 100 juta yang kamu dapatkan bisa menjadi modal untuk membuat kamu menjadi lebih baik lagi secara finansial. 

Cara Mengelola Uang 100 juta Rupiah

1. Buat rencana keuangan

Buatlah rencana keuangan yang detail yang mencakup pemasukan, pengeluaran, dan tujuan keuanganmu dalam jangka panjang.

2. Hitung pengeluaran rutin

Tentukan pengeluaran rutin kamu, seperti biaya makan, transportasi, dan pembayaran tagihan, lalu buat anggaran bulanan.

3. Simpan uang

Tempatkan sebagian besar uangmu di rekening bank yang aman dan pastikan untuk mempertimbangkan tingkat suku bunga dan biaya administrasi.

4. Investasi

Pertimbangkan untuk menginvestasikan sebagian dari uang kamu untuk memperoleh pendapatan pasif dalam jangka panjang, seperti saham, reksadana, atau properti.

5. Hindari pembelanjaan yang tidak perlu

Bersikaplah bijak dalam pembelanjaan dan hindari membelanjakan uang untuk barang atau jasa yang tidak penting.

6. Pelajari dan terus belajar

Terus belajar dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang pengelolaan keuangan untuk memastikan keberhasilan dalam mengelola uang.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan tujuan keuangan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk menyesuaikan rencana dan tips ini dengan situasi dan kebutuhan keuangan kamu yah!

Hal-hal yang bisa dilakukan ketika punya uang 100 juta rupiah

Uang 100 juta rupiah yang kamu miliki juga bisa dialokasikan untuk beberapa hal baik mendesak atau tidak dalam kehidupanmu. 

  • Buka bisnis

    Uang 100 juta rupiah cukup untuk membuka sebuah bisnis baik yang kecil atau menengah. Kamu bisa mulai dengan berbagai macam jenis bisnis, mulai dari Food and Beverages, Fashion, Bengkel, membuka franchise, dan berbagai jenis bisnis lainnya.

    Untuk bisa menetapkan bisnis apa yang akan kamu geluti, pilihlah bidang yang paling kamu sukai dan minati. Setelah itu kamu bisa melakukan riset pasar dan segala kebutuhan operasional lainnya.

    Pastikan kamu sudah melakukan perhitungan dengan tepat agar bisnis yang kamu buka dengan modal 100 juta rupiah ini bisa menghasilkan profit yang banyak. Jangan ragu untuk bertanya dengan ahlinya ya sebelum membuka bisnismu sendiri!

  • Investasi

    Kalau kamu ingin mendapatkan passive income atau menghasilkan uang tanpa melakukan usaha yang berkesinambungan, kamu bisa melakukan investasi dengan 100 juta. Alokasikan uangmu pada instrument investasi yang menawarkan imbal hasil yang optimal.

    Usahakan jangan menaruh 100 juta rupiah hanya di satu instrument investasi. Kamu harus melakukan diversifikasi portofolio investasimu agar kelak uangmu lebih aman dan menghasilkan imbal balik yang berkesinambungan.

    Kamu bisa mulai dengan berinvestasi di bidang yang sudah kamu miliki pengetahuan tentangnya, bisa investasi emas, SBN, sukuk, reksadana, dan berbagai instrument investasi lainnya.

  • DP Rumah

    Kamu bisa membeli sebuah rumah dengan DP sebesar 100 juta rupiah. Eits, tetapi kamu harus tetap mempertimbangkan cicilan tiap bulannya ya yang biasanya akan disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu.

    Pastikan kamu berada dalam kondisi keuangan yang prima sehingga memungkinkan untuk lolos BI Checking dan lolos dari pengecekan Bank.

Jadi tidak perlu bingung lagi kan kalau punya uang 100 juta rupiah? Asalkan kamu tidak membelanjakannya dalam sekejap, kamu justru bisa menggandakan uang 100 juta rupiah yang kamu miliki loh!