Rasanya hidup akan menjadi sangat kesulitan jika kesehatan kita terganggu apalagi sampai terkena penyakit yang membutuhkan uang banyak untuk pengobatan. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap kalau kesehatan adalah investasi yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tak jarang, selain menjaga pola makan, gaya hidup, dan berolahraga secara teratur, banyak yang mulai mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. 

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sendiri merupakan jenis perlindungan yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk penggantian sejumlah biaya pengobatan, baik meliputi biaya rawat inap, biaya pembedahan, hingga biaya obat-obatan. Biasanya perusahaan asuransi kesehatan ini akan memberikan manfaat yang besar kepada tertanggung yang juga membayar lebih besar. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak jaminan kesehatan dan yang wajib dimiliki setiap warga negara adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Sosial (BPJS).

4 Alasan Butuh Asuransi Kesehatan!

  • Menjaga kondisi keuangan keluarga

    Kalau kamu memiliki jaminan kesehatan, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan berbagai biaya pemeriksaan dan pengobatan yang perlu dilakukan saat kamu dan anggota keluargamu sakit. Biasanya berbagai asuransi kesehatan menjamin berbagai biaya pengobatan yang dibutuhkan, mulai dari rawat inap hingga pembedahan. Kalau kamu harus dirawat di rumah sakit karena penyakit yang kamu derita, keuangan bulananmu tidak akan terganggu karena asuransi akan membayar semua tagihan tersebut.

  • Terhindar dari masalah ekonomi lantaran terkena penyakit

    Salah satu manfaat dari memiliki asuransi kesehatan adalah adanya medical check up yang memungkinkan kamu mendeteksi secara dini penyakit yang kemungkinan akan muncul. Kamu bisa mengubah pola hidup, makan, dan olahraga juga mendapat penanganan yang maksimal agar terhindar dari penyakit kronis.
    Namun apabila kamu memiliki masalah kesehatan yang membutuhkan biaya untuk pembedahan yang tidak sedikit, kamu tidak akan tiba-tiba miskin karena kekayaanmu habis untuk membiayai pembedahan itu. Semua sudah ditanggung dalam premi asuransi yang kamu bayarkan setiap bulannya.

  • Membuat diri disiplin dalam perencanaan keuangan

    Memiliki asuransi menjadikan kamu semakin disiplin dalam memiliki perencanaan keuangan. Dengan memiliki jaminan kesehatan, kamu akan semakin menghargai kesehatanmu dan membuat pos khusus untuk pengeluaran premi asuransi kesehatan setiap bulannya. 

  • Memberikan rasa aman

    Hal yang paling penting dalam memiliki jaminan kesehatan adalah kamu akan merasa aman karena memiliki perlindungan atas kesehatanmu. Perlindungan ini bisa dipakai kapanpun saat dibutuhkan dan tidak perlu khawatir kalau biaya pengobatan tinggi melebihi kemampuanmu karena kamu sudah mendapatkan perlindungan dari asuransi kesehatan.